Dalam memberikan pelayanan maksimal, tenaga kerja dirumah sakit memerlukan
kepuasan kerja dan motivasi kerja, kepuasan kerja dan motivasi kerja ini dapat
meningkatkan kinerja perawat dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dan motivasi kerja
dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Qadr tahun 2017. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah deskriptif kuantitatif, dengan desain penelitian cross sectional
dan jumlah sampel sebanyak 83 responden yang diambil menggunakan stratifited
random sampling. Analisis statistik dilakukan menggunakan analisis data
univariat dan χ2. Indikator kinerja perawat meliputi kesetiaan, prestasi kerja,
tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa dan kepemimpinan,
kemudian indikator kepuasan kerja meliputi kepuasan terhadap pekerjaan, gaji,
rekan kerja, penghargaan, dan promosi, sementara indikator motivasi kerja
meliputi kebutuhan badaniah, aman, sosial, dan kepuasan diri. Sebagian besar
responden berusia 18-35 tahun, jenis kelamin sebagian besar perempuan, dengan
masa kerja baru < 3 tahun. Skor rata-rata untuk kinerja perawat sebesar 27,75 �
3,56, kepuasan kerja sebesar 26,15 �4,59, sedangkan untuk motivasi kerja sebesar
21,67 � 2,06. Hasil uji Chi Square menunjukkan hasil bahwa tidak ada hubungan
signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Qadr (P
value = 0,066). Dan ada hubungan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja
perawat di Rumah Sakit Qadr (P value = 0,003). Dapat disimpulkan bahwa
motivasi kerja ada hubungan yang positif dalam meningkatkan kinerja perawat.