EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » PGSD
Posted by [email protected] at 09/03/2018 10:43:56  •  1131 Views


PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN KELAPA DUA 06 PAGI JAKARTA

Created by :
AIDAH ( 201391016 )



SubjectHASIL
PELAJARAN
SISWA
Alt. Subject RESULTS
LESSONS
STUDENTS
Keywordcooperative learning
tipe jigsaw
hasil belajar

Description:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Siswa yang merasakan kejenuhan dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Sebagian siswa masih sulit dalam memahami konsep-konsep yang terkandung dalam materi yang disampaikan oleh guru. Guru masih menggunakan gaya pengajaran yang bersifat konvensional semuanya hanya berpusat pada guru saja, yaitu dengan menggunakan metode penyampaian materi dengan lisan saja (ceramah) dan hanya berpegang terhadap buku paket serta dengan pemberian tugas � tugas yang ada di buku siswa saja. Sistem pembelajaran yang tidak fleksibel serta mononton membuat siswa menjadi kurang aktif. Dalam hasil belajar pada pembelajaran IPS hasil belajar yang diperoleh siswa dengan hasil belajar rendah dibawah nilai KKM yang ditentukan dari pihak sekolah yakni 78. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan empat siklus, masing-masing siklus terdiri atas satu kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III Sekolah Dasar Negri Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta yang berjumlah 23 siswa, terdiri atas 11 jumlah siswi perempuan dan 12 jumlah siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes (pilihan ganda) yang dilakukan pada akhir pertemuan atau pembelajaran setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif siswa kelas III SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta. Adapun peningkatan hasil belajar kognitif siswa terlihat pada siklus I mencapai (43%), meningkat pada sikus II (65%), meningkat pada siklus III (78%), dan meningkat kembali pada siklus IV mencapai (91%). Sedangkan pada hasil belajar afektif yang dilakukan melalui pengamatan selama pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I (57%), pada siklus II (73%), meningkat pada siklus III (86%) dan pada siklus IV mencapai (90%). Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SD Negri Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta.

Date Create:09/03/2018
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-201391016
Collection ID:201391016


Source :
Undergraduate Theses of PGSD

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@perpustakaan Universitas Esa Unggul 2018


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/penerapan-model-cooperative-learning-tipe-jigsaw-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-kelas-iii-pada-mata-pelajaran-ips-di-sdn-kelapa-dua-06-pagi-jakarta-10042.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-10042-COVER.Image.Marked.pdf - 271 KB
  2.  UEU-Undergraduate-10042-LEMBAR PENGESAHAN.Image.Marked.pdf - 324 KB
  3.  UEU-Undergraduate-10042-LEMBAR PERNYATAAN.Image.Marked.pdf - 336 KB
  4.  UEU-Undergraduate-10042-LEMBAR PERSEMBAHAN.Image.Marked.pdf - 380 KB
  5.  UEU-Undergraduate-10042-LEMBAR PERSETUJUAN.Image.Marked.pdf - 312 KB
  6.  UEU-Undergraduate-10042-ABSTRAK.Image.Marked.pdf - 382 KB
  7.  UEU-Undergraduate-10042-KATA PENGANTAR.Image.Marked.pdf - 268 KB
  8.  UEU-Undergraduate-10042-DAFTAR ISI.Image.Marked.pdf - 288 KB
  9.  UEU-Undergraduate-10042-LAMPIRAN.Image.Marked.pdf - 4762 KB
  10.  UEU-Undergraduate-10042-DAFTAR PUSTAKA.Image.Marked.pdf - 286 KB
  11.  UEU-Undergraduate-10042-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.Image.Marked.pdf - 298 KB
  12.  UEU-Undergraduate-10042-BABI.Image.Marked.pdf - 432 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-10042-BABII.Image.Marked.pdf - 652 KB
  2. UEU-Undergraduate-10042-BABIII.Image.Marked.pdf - 839 KB
  3. UEU-Undergraduate-10042-BABIV.Image.Marked.pdf - 1819 KB
  4. UEU-Undergraduate-10042-BABV.Image.Marked.pdf - 437 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

belajar , cooperative , cooperative learning , hasil , hasil belajar , jigsaw , learning , tipe , tipe jigsaw



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




124200552


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1967720

Hits Today : 58356
Total Hits : 124200552

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using claudebot


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan