EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Kesehatan Masyarakat
Posted by [email protected] at 27/08/2016 11:25:48  •  1932 Views


EVALUASI MUTU PELAYANAN APOTEK RAWAT JALAN BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT RAWALUMBU BEKASI

Created by :
ALMIRA RISTIZSA SHABRINA DA COSTA ( 201231023 )



SubjectMUTU
PELAYANAN
RAWAT JALAN
Alt. Subject QUALITY
SERVICE
OUTPATIENT
Keywordstandar pelayanan kefarmasian
spm rumah sakit bidang farmasi
dimesi waktu pelayanan obat
tingkat kepuasan

Description:

Pelayanan apotek di suatu rumah sakit dikelola oleh unit atau instalasi farmasi yang bertugas menyelenggarakan, mengkoordinasikan, mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan pelayanan apotek. Pelayanan farmasi merupakan salah satu dari pelayanan rumah sakit dalam rangka menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Masalah pada dimensi waktu pelayanan obat serta tingkat kepuasan konsumen menjadi indikator utama dalam menjamin mutu pelayanan farmasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien dan dimesi waktu pelayanan obat pada apotek rawat jalan instalasi farmasi rumah sakit rawalumbu. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan observasional yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 171 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa melalui Importance and Performance Analysis terdapat 6 atribut yang peranannya dianggap paling penting tetapi pasien belum merasa puas dengan kinerjanya yaitu cara mendapatkan obat mudah, jam buka pelayanan tepat waktu, pelayanan obat dilayani dengan baik soal meminta penjelasan tentang obat, ruang tunggu yang bersih, tempat duduk di ruang tunggu yang nyaman, suasana ruang tunggu yang tenang. Dari perhitungan menggunakan gap analysis diperoleh bahwa atribut yang mempunyai gap paling besar adalah atribut atribut suasana ruang tunggu yang tenang, tenaga farmasi memberikan jasa pelayanan konsultasi yang memuaskan , dan petugas tanggap terhadap masalah pasien sehingga atribut-atribut tersebut harus diprioritaskan untuk ditingkatkan kinerjanya. Lalu untuk penilaian yang didasarkan pada standar pelayanan kefarmasian didapatkan bahwa dimensi tangibles diperoleh sebesar 85,35 persen, dimensi reliability sebesar 88,10 persen, dimensi assurance 85, 91 persen, dimensi emphaty sebesar 80,94 persen, dan pada dimensi responsiveness sebesar persen. Untuk rata-rata waktu pelayanan obat sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh SPM-RS bidang farmasi menurut Menkes RI No. 129 tahun 2008, yaitu resep obat jadi kurang dari 30 menit dan resep obat racikan kurang dari 60 menit.

Contributor:
  1. Dr.Aprilita Rina Yanti Eff.,M.Biomed,Apt
Date Create:27/08/2016
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-201231023
Collection ID:201231023
Call Number:31-2016-S061


Source :
Undergraduate Theses of Public Health

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Kesehatan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/evaluasi-mutu-pelayanan-apotek-rawat-jalan-berdasarkan-standar-pelayanan-kefarmasian-di-rumah-sakit-rawalumbu-bekasi-7264.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-7264-COVER.pdf - 24 KB
  2.  UEU-Undergraduate-7264-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - 42 KB
  3.  UEU-Undergraduate-7264-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - 34 KB
  4.  UEU-Undergraduate-7264-SURAT PERNYATAAN.pdf - 25 KB
  5.  UEU-Undergraduate-7264-RIWAYAT HIDUP PENELITI.pdf - 117 KB
  6.  UEU-Undergraduate-7264-ABSTRAK.pdf - 9 KB
  7.  UEU-Undergraduate-7264-KATA PENGANTAR.pdf - 141 KB
  8.  UEU-Undergraduate-7264-JURNAL.pdf - 270 KB
  9.  UEU-Undergraduate-7264-DAFTAR ISI.pdf - 22 KB
  10.  UEU-Undergraduate-7264-DAFTAR TABEL.pdf - 88 KB
  11.  UEU-Undergraduate-7264-LAMPIRAN.pdf - 1008 KB
  12.  UEU-Undergraduate-7264-DAFTAR PUSTAKA.pdf - 94 KB
  13.  UEU-Undergraduate-7264-BABI.pdf - 203 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-7264-BABII.pdf - 346 KB
  2. UEU-Undergraduate-7264-BABIII.pdf - 485 KB
  3. UEU-Undergraduate-7264-BABIV.pdf - 686 KB
  4. UEU-Undergraduate-7264-BABV.pdf - 181 KB
  5. UEU-Undergraduate-7264-BABVI.pdf - 113 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

bidang , dimesi , dimesi waktu pelayanan obat , farmasi , kefarmasian , kepuasan , obat , pelayanan , rumah , sakit , spm , spm rumah sakit bidang farmasi , standar , standar pelayanan kefarmasian , tingkat , tingkat kepuasan , waktu



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




126376975


Visitors Today : 12
Total Visitor : 1967850

Hits Today : 90959
Total Hits : 126376975

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan