EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Public Relation
Posted by [email protected] at 09/07/2018 16:31:08  •  1325 Views


STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS LION AIR DALAM MENGHADAPI PEMBERITAAN NEGATIF 2015-2016

Created by :
DIAN SAFITRI ( 201152074 )



SubjectBERITA
PUBLIK
ALTERNATIF
Alt. Subject NEWS
PUBLIC
ALTERNATIVE
Keywordstrategi
komunikasi
krisis

Description:

Public Relation juga turut berperan dalam merespon dan menanggapi berbagai pemberitaan-pemberitaan mengenai perusahaannya terkait dengan adanya permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Begitupun Divisi Public Relation Lion Air yang turut andil dalam berbagai komunikasi termasuk dalam menanggapi permasalahan adanya kesalahan menurunkan penumpang yang dilakukan oleh sopir Bus bus ground handling Lion Air yang menyebabkan para penumpang masuk ke Bandara Soekarno Hatta tanpa melalui proses imigrasi dan pemeriksaan bea cukai. Permasalahan inipun akhirnya muncul dan diberitakan di berbagai media. Atas dasar itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis langkahlangkah manajemen krisis Lion Air dalam menghadapi krisis dan juga untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Lion Air pasca krisis dalam memperbaiki citra perusahaan dan mempertahankannya sampai dengan saat ini. Penelitian ini diklarifikasikan ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Qualitative research (riset kualitatif). Untuk memperoleh informasi, penulis melakukan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan, antara lain: Tidak ada strategi komunikasi khusus dari public Relation dalam menghadapi pemberitaan negatif terkait dengan adanya pemberitaan kesalahan menurunkan penumpang yang dilakukan. Public Relation Lion Air hanya melalui pendekatan terhadap media-media, mengevaluasi, dan terus meningkatkan perbaikan-perbaikan pelayanan. Terdapat beberapa kendala dalam menjalankan strategi dalam menanggapi pemberitaan-pemberitaan negatif yang melibatkan internal perusahaan Lion Air dan juga keluhan masyarakat. Mengingat kinerja Operasional Perusahaan masih belum stabil dan Lion Air merupakan salah satu Industri Airlines adalah bidang yang catchy karena ramai menjadi perbincangan publik, sehingga hal kecil yang terjadi pun bisa langsung menjadi sebuah berita yang trending dan kendala-kendala tersebut masih dalam proses evaluasi dan perbaikan. Pada saat terjadi krisis General Affair Director Lion Air maksimal 1 jam harus sudah mengeluarkan suatu pernyataan. Sedangkan bagi informan 2 dan 3 terlebih dahulu mengidentifikasi permasalahannya terlebih dahulu, kemudian menyamakan persepsi dan tujuan untuk melakukan pengertian dan perhatian. Dan strategi yang dilakukan saat terjadinya krisis adalah v melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mampu keluar dari keadaan krisis. Penelitian ini juga menemukan bahwasanya public relation Lion Air dalam menghadapi pemberitaan negatif yang tersebar adalah melalui pendekatan terhadap media-media, mengevaluasi, dan terus meningkatkan perbaikanperbaikan pelayanan. Strategi yang dilakukan public relation Lion Air saat terjadinya krisis adalah melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mampu keluar dari keadaan krisis. Dan selama periode 20152016, penulis menemukan informasi bahwasanya Lion Air banyak melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang aktif melakukan aksi-aksi sosial dalam membantu pihak-pihak yang membutuhkan, serta memiliki divisi khusus untuk melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yatu Lion Care.

Date Create:09/07/2018
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-201152074
Collection ID:201152074


Source :
Undergraduate Theses of Public Relation

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Komunikasi

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@perpustakaan Universitas Esa Unggul 2018


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/strategi-komunikasi-krisis-lion-air-dalam-menghadapi-pemberitaan-negatif-20152016-10889.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-10889-cover.Image.Marked.pdf - 160 KB
  2.  UEU-Undergraduate-10889-pengesahan.Image.Marked.pdf - 380 KB
  3.  UEU-Undergraduate-10889-persetujuan.Image.Marked.pdf - 340 KB
  4.  UEU-Undergraduate-10889-pernyataan.Image.Marked.pdf - 488 KB
  5.  UEU-Undergraduate-10889-kata pengantar.Image.Marked.pdf - 327 KB
  6.  UEU-Undergraduate-10889-abstrak.Image.Marked.pdf - 216 KB
  7.  UEU-Undergraduate-10889-daftar isi.Image.Marked.pdf - 217 KB
  8.  UEU-Undergraduate-10889-daftar gambar.Image.Marked.pdf - 203 KB
  9.  UEU-Undergraduate-10889-daftar pustaka.Image.Marked.pdf - 243 KB
  10.  UEU-Undergraduate-10889-lampiran 1.Image.Marked.pdf - 282 KB
  11.  UEU-Undergraduate-10889-lampiran 2.Image.Marked.pdf - 363 KB
  12.  UEU-Undergraduate-10889-lampiran 3.Image.Marked.pdf - 299 KB
  13.  UEU-Undergraduate-10889-lampiran 4.Image.Marked.pdf - 310 KB
  14.  UEU-Undergraduate-10889-lampiran 5.Image.Marked.pdf - 223 KB
  15.  UEU-Undergraduate-10889-lampiran 6.Image.Marked.pdf - 580 KB
  16.  UEU-Undergraduate-10889-bab 1.Image.Marked.pdf - 379 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-10889-bab2.Image.Marked.pdf - 647 KB
  2. UEU-Undergraduate-10889-bab3.Image.Marked.pdf - 323 KB
  3. UEU-Undergraduate-10889-bab4.Image.Marked.pdf - 817 KB
  4. UEU-Undergraduate-10889-bab5.Image.Marked.pdf - 211 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

komunikasi , krisis , strategi



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




123333924


Visitors Today : 12
Total Visitor : 1967559

Hits Today : 52160
Total Hits : 123333924

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using claudebot


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan