EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » Keperawatan
Posted by [email protected] at 20/11/2017 15:11:45  •  1068 Views


HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DENGAN SIKAP PASIEN DALAM PENGGUNAAN PELAYANAN UNIT GAWAT DARURAT STUDI KASUS DI UGD RUMAH SAKIT KEPRESIDENAN RSPAD GATOT SOEBROTO JAKARTA PUSAT

Created by :
Yuliati, S.Kp. MM., M.Kep ( 0301076701 )



SubjectPASIEN
PERAWAT
Alt. Subject PATIENT
NURSE
KeywordUGD
pengetahuan dan sikap perawat
persepsi pasien.

Description:

Persepsi masyarakat adalah pandangan/penilaian sekelompok manusia dalam suatu wilayah tertentu yang memiliki pendapat terhadap suatu objek peristiwa yang menjadi pusat perhatian dan hasil penilaian yang akan memberikan pengaruh baik atau tidaknya terhadap suatu objek. Dalam hal ini objek tersebut adalah penilaian masyarakat terhadap pengetahuan dan sikap perawat tentang penggunaan pelayanan gawat darurat. Keputusan untuk menggunakan pelayanan kesehatan merupakan kombinasi dari kebutuhan normatif dengan kebutuhan yang dirasakan, karena untuk konsumsi pelayanan kesehatan, konsumen sering tergantung kepada informasi yang disediakan oleh institusi pelayanan kesehatan ditambah dengan preferensinya. Faktor-faktor lain yang berpengaruh antara lain adalah pendapatan, harga, lokasi dan mutu pelayanan. Perilaku masyarakat dalam menggunakan fasilitas IGD merupakan perwujudan dari pengetahuan dan sikapnya dalam menggunakan pelayanan kesehatan tersebut. Kebanyakan pasien yang berkunjung ke IGD memandang bahwa IGD adalah salah satu pelayanan utama yang lebih lengkap fasilitas pelayanan kesehatan dan lebih cepat dalam melakukan tindakan medis. Perilaku tersebut mencerminkan bahwa opini mayoritas pasien yang beranggapan ingin sesegera mungkin sembuh dari penyakitnya. Pasien yang menggunakan pelayanan kesehatan gawat darurat memandang bahwa UGD merupakan salah satu pelayanan utama yang lebih cepat dalam melakukan tindakan pasien sehingga menilai pengetahuan dan sikap perawat kurang baik dalam memenuhi kebutuhan dasar fisiologis pasien yang berkunjung ke unit gawat darurat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku masyarakat terdapa penggunaan pelayanan unit gawat darurat dan mendapatkan gambaran perilaku petugas unit gawat darurat menurut persepsi pasien/ pengunjung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah cross sectional (potong lintang) dengan pengambilan data dalam satu waktu. Sampel yang digunakan adalah masyarakat yang sedang menggunakan pelayanan kesehatan unit gawat darurat sebanyak 80 pasien dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dengan Uji Chi Square didapatkan data pengetahuan perawat terhadap penggunaan pelayanan kesehatan unit gawat darurat dengan nilai p = 0.029 (p<0.05), sedangkan sikap perawat terhadap penggunaan pelayanan kesehatan unit gawat darurat dengan nilai p=0.001 (p<0.05). Penilaian masyarakat tentang pengetahuan dan sikap perawat masih dinilai kurang, dan masyarakat yang menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan gawat darurat sebagian besar memiliki status false emergency di ruang Unit Gawat Darurat RS yang berarti bukan merupakan keadaan gawat darurat.

Date Create:20/11/2017
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0082
Collection ID:16_0082


Source :
LAPORAN PENELITIAN INTERNAL

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Kesehatan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2017 Repositori Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-persepsi-pasien--tentang-pengetahuan-dan-sikap-perawat-dengan-sikap-pasien-dalam--penggunaan-pelayanan-unit-gawat-darurat--studi-kasus-di-ugd-rumah-sakit-kepresidenan-rspad-gatot-soebroto--jakarta-pusat-9485.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-9485-16_0082.pdf - 1862 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

UGD , dan , pasien. , pengetahuan , pengetahuan dan sikap perawat , perawat , persepsi , persepsi pasien. , sikap



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




126958013


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1967895

Hits Today : 39134
Total Hits : 126958013

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan