|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Keperawatan Posted by [email protected] at 20/11/2017 15:11:45 • 1138 Views
HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT DENGAN SIKAP PASIEN DALAM PENGGUNAAN PELAYANAN
UNIT GAWAT DARURAT STUDI KASUS DI UGD RUMAH SAKIT KEPRESIDENAN RSPAD GATOT SOEBROTO JAKARTA PUSATCreated by :
Yuliati, S.Kp. MM., M.Kep ( 0301076701 )
Subject: | PASIEN PERAWAT | Alt. Subject : | PATIENT NURSE | Keyword: | UGD pengetahuan dan sikap perawat persepsi pasien.
|
Description:
Persepsi masyarakat adalah pandangan/penilaian sekelompok manusia dalam suatu wilayah
tertentu yang memiliki pendapat terhadap suatu objek peristiwa yang menjadi pusat perhatian dan
hasil penilaian yang akan memberikan pengaruh baik atau tidaknya terhadap suatu objek. Dalam
hal ini objek tersebut adalah penilaian masyarakat terhadap pengetahuan dan sikap perawat tentang
penggunaan pelayanan gawat darurat. Keputusan untuk menggunakan pelayanan kesehatan
merupakan kombinasi dari kebutuhan normatif dengan kebutuhan yang dirasakan, karena untuk
konsumsi pelayanan kesehatan, konsumen sering tergantung kepada informasi yang disediakan oleh
institusi pelayanan kesehatan ditambah dengan preferensinya. Faktor-faktor lain yang berpengaruh
antara lain adalah pendapatan, harga, lokasi dan mutu pelayanan.
Perilaku masyarakat dalam menggunakan fasilitas IGD merupakan perwujudan dari
pengetahuan dan sikapnya dalam menggunakan pelayanan kesehatan tersebut. Kebanyakan pasien
yang berkunjung ke IGD memandang bahwa IGD adalah salah satu pelayanan utama yang lebih
lengkap fasilitas pelayanan kesehatan dan lebih cepat dalam melakukan tindakan medis. Perilaku
tersebut mencerminkan bahwa opini mayoritas pasien yang beranggapan ingin sesegera mungkin
sembuh dari penyakitnya. Pasien yang menggunakan pelayanan kesehatan gawat darurat
memandang bahwa UGD merupakan salah satu pelayanan utama yang lebih cepat dalam
melakukan tindakan pasien sehingga menilai pengetahuan dan sikap perawat kurang baik
dalam memenuhi kebutuhan dasar fisiologis pasien yang berkunjung ke unit gawat darurat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku masyarakat terdapa
penggunaan pelayanan unit gawat darurat dan mendapatkan gambaran perilaku petugas unit
gawat darurat menurut persepsi pasien/ pengunjung.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah cross sectional (potong
lintang) dengan pengambilan data dalam satu waktu. Sampel yang digunakan adalah
masyarakat yang sedang menggunakan pelayanan kesehatan unit gawat darurat sebanyak 80
pasien dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dengan Uji Chi Square didapatkan
data pengetahuan perawat terhadap penggunaan pelayanan kesehatan unit gawat darurat
dengan nilai p = 0.029 (p<0.05), sedangkan sikap perawat terhadap penggunaan pelayanan
kesehatan unit gawat darurat dengan nilai p=0.001 (p<0.05). Penilaian masyarakat tentang
pengetahuan dan sikap perawat masih dinilai kurang, dan masyarakat yang menggunakan
fasilitas pelayanan kesehatan gawat darurat sebagian besar memiliki status false emergency di
ruang Unit Gawat Darurat RS yang berarti bukan merupakan keadaan gawat darurat.
Date Create | : | 20/11/2017 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0082 | Collection ID | : | 16_0082 |
Source : LAPORAN PENELITIAN INTERNAL
Relation Collection: Fakultas Ilmu Kesehatan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2017 Repositori Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-persepsi-pasien--tentang-pengetahuan-dan-sikap-perawat-dengan-sikap-pasien-dalam--penggunaan-pelayanan-unit-gawat-darurat--studi-kasus-di-ugd-rumah-sakit-kepresidenan-rspad-gatot-soebroto--jakarta-pusat-9485.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-9485-16_0082.pdf - 1862 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970037
Hits Today : 17429
Total Hits : 155261219
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|