EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » PGSD
Posted by [email protected] at 24/09/2018 09:11:21  •  948 Views


GERAKAN LITERASI PEDAGOGIK BAGI GURU UNTUK PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN DURI KEPA 17 PAGI DAN SDN JELAMBAR BARU 01 PAGI (PERIODE PELAKSANAAN: JANUARI-JUNI 2018)

Created by :
Dr. Ratnawati Susanto., S.Pd.,M.M.,M.Pd ( 0329056804 )
Harlinda Syofyan, S.Si.,M.Pd



SubjectLITERASI
PEDAGOGIK
Alt. Subject LITERACY
LEARNING
METHOD
KeywordSiswa
Sekolah Dasar
Guru
SD

Description:

SDN Duri Kepa 17 Pagi dan SDN Jelambar 01 Pagi merupakan dua sekolah negeri dengan kepemilikan Pemerintah Pusat dan berada dalam pembinaan Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat. Kedua sekolah tersebut merupakan sekolah rekomendasi Sudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat kepada FKIP UEU dengan status Sekolah Mitra Binaan Berkesinambungan berdasarkan Surat Nomor 5905/073.21 tertanggal 17 November 2017 dan No. 6161/073.21 tertanggal 28 November 2017 Sudin Pendidikan Wilayah II dan tertuang dalam Nota Kesepakatan. Kesepakatan dilakukan bersama dengan pihak Sudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat, FKIP UEU, dan Sekolah Mitra dengan tujuan agar dapat dilaksanakan program pembinaan berkesinambungan melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat agar sekolah mitra binaan dapat mencapai sasaran kinerja baik pada aspek manajemen, kepemimpinan, profil pembelajaran, profil lulusan, profil ketenagaan pendidik dan kependidikan Merujuk pada permasalahan-permasalahan yang telah diidentifikasi, maka berdasarkan justifikasi pengusul bersama dengan mitra, ditetapkan skala prioritas yang akan dilakukan adalah mengacu pada data otentik permasalahan yang berfokus pada pengembangan nilai-nilai kompetensi pedagogik guru atas permasalahan sebagai berikut: (a) Guru tidak mendapatkan pengembangan nilai-nilai kemampuan pedagogik setelah lulus dari pendidikan formal Strata 1 yang telah diselesaikan para guru rata-rata pada 5 � 28 tahun yang lalu, (b) Hasil supervisi kelas kepala sekolah menunjukkan bahwa 46% guru (6 guru SDN Duri Kepa 17 Pagi) dan 37% guru (7 guru SDN Jelambar Baru 01 Pagi) dalam praktek pembelajaran mengalami kesulitan dalam interaksi pembelajaran di kelas dengan siswa, (c) 30% guru (4 guru SDN Duri Kepa 17 Pagi) berpendidikan PGSD namun tidak memiliki kemampuan nilai-nilai kemampuan pedagogic, (d) 21% guru (4 guru SDN Jelambar Baru 01 pagi) berasal dari non keguruan sehingga tidak mendapatkan pembekalan nilai-nilai kemampuan pedagogik sebagai kemampuan dasar dalam interaksi edukatif terhadap siswa, (e) 85% (11 guru) rata-rata usia guru (SDN Duri Kepa 17 Pagi) dan 80% (14 guru) rata-rata usia guru (SDN Jelambar Baru 01 pagi) berada pada rentang 40 � 58 tahun menunjukkan rentang perbedaan usia yang cukup tajam terhadap rata-rata usia siswa SD pada rentang 7 � 12 tahun, yang berdampak pada cara berelasi dan berkomunikasi dengan peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka solusi yang diajukan adalah melakukan pendampingan Gerakan Literasi Pedagogik kepada guru sasaran dengan materi esensial yang meliputi pemahaman terhadap karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan adalah (a) sosialisasi, pelatihan, evaluasi diri, paradigma pedagogik reflektif, eksplorasi, simulasi, dokumentasi, diskusi pertemanan, pemetaan dan praktek. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka solusi yang diajukan adalah melakukan pendampingan Gerakan Literasi Pedagogik kepada guru sasaran dengan materi esensial yang meliputi pemahaman terhadap karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan adalah (a) sosialisasi, pelatihan, evaluasi diri, paradigma pedagogik reflektif, eksplorasi, simulasi, dokumentasi, diskusi pertemanan, pemetaan dan praktek. Target luaran yang akan dicapai adalah: (a) Jasa pelatihan dan pendampingan pengetahuan hingga kepada terbentuknya kompetensi (b) Produk : Modul, Lembar kerja, matriks PPR, Jurnal Pertemanan dan TSM, (c) HaKI, (d) Publikasi pada Jurnal Abdimas Universitas Esa Unggul, (e) Publikasi pada repository Universitas Esa Unggul.

Date Create:24/09/2018
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0227
Collection ID:16_0227


Source :
LAPORAN ABDIMAS

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2018 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/gerakan-literasi-pedagogik-bagi-guru-untuk-peningkatan-mutu-pembelajaran-di-sdn-duri-kepa-17-pagi-dan-sdn-jelambar-baru-01--pagi-periode-pelaksanaan-januarijuni-2018-11406.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-11406-16_0227.pdf - 1735 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...

     No related subject found !




HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Dasar , Guru , SD , Sekolah , Sekolah Dasar , Siswa



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




157309670


Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970111

Hits Today : 61213
Total Hits : 157309670

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan