|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » PGSD Posted by [email protected] at 24/09/2018 09:11:21 • 948 Views
GERAKAN LITERASI PEDAGOGIK BAGI GURU UNTUK PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN DURI KEPA 17 PAGI DAN SDN JELAMBAR BARU 01 PAGI (PERIODE PELAKSANAAN: JANUARI-JUNI 2018)Created by :
Dr. Ratnawati Susanto., S.Pd.,M.M.,M.Pd ( 0329056804 ) Harlinda Syofyan, S.Si.,M.Pd
Subject: | LITERASI PEDAGOGIK | Alt. Subject : | LITERACY LEARNING METHOD | Keyword: | Siswa Sekolah Dasar Guru SD |
Description:
SDN Duri Kepa 17 Pagi dan SDN Jelambar 01 Pagi merupakan dua sekolah
negeri dengan kepemilikan Pemerintah Pusat dan berada dalam pembinaan Suku Dinas
Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat. Kedua sekolah tersebut merupakan sekolah
rekomendasi Sudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat kepada FKIP UEU dengan
status Sekolah Mitra Binaan Berkesinambungan berdasarkan Surat Nomor 5905/073.21
tertanggal 17 November 2017 dan No. 6161/073.21 tertanggal 28 November 2017
Sudin Pendidikan Wilayah II dan tertuang dalam Nota Kesepakatan. Kesepakatan
dilakukan bersama dengan pihak Sudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat, FKIP
UEU, dan Sekolah Mitra dengan tujuan agar dapat dilaksanakan program pembinaan
berkesinambungan melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat agar sekolah mitra
binaan dapat mencapai sasaran kinerja baik pada aspek manajemen, kepemimpinan,
profil pembelajaran, profil lulusan, profil ketenagaan pendidik dan kependidikan
Merujuk pada permasalahan-permasalahan yang telah diidentifikasi, maka
berdasarkan justifikasi pengusul bersama dengan mitra, ditetapkan skala prioritas yang
akan dilakukan adalah mengacu pada data otentik permasalahan yang berfokus pada
pengembangan nilai-nilai kompetensi pedagogik guru atas permasalahan sebagai
berikut: (a) Guru tidak mendapatkan pengembangan nilai-nilai kemampuan pedagogik
setelah lulus dari pendidikan formal Strata 1 yang telah diselesaikan para guru rata-rata
pada 5 � 28 tahun yang lalu, (b) Hasil supervisi kelas kepala sekolah menunjukkan
bahwa 46% guru (6 guru SDN Duri Kepa 17 Pagi) dan 37% guru (7 guru SDN
Jelambar Baru 01 Pagi) dalam praktek pembelajaran mengalami kesulitan dalam
interaksi pembelajaran di kelas dengan siswa, (c) 30% guru (4 guru SDN Duri Kepa 17
Pagi) berpendidikan PGSD namun tidak memiliki kemampuan nilai-nilai kemampuan
pedagogic, (d) 21% guru (4 guru SDN Jelambar Baru 01 pagi) berasal dari non
keguruan sehingga tidak mendapatkan pembekalan nilai-nilai kemampuan pedagogik
sebagai kemampuan dasar dalam interaksi edukatif terhadap siswa, (e) 85% (11 guru)
rata-rata usia guru (SDN Duri Kepa 17 Pagi) dan 80% (14 guru) rata-rata usia guru
(SDN Jelambar Baru 01 pagi) berada pada rentang 40 � 58 tahun menunjukkan rentang
perbedaan usia yang cukup tajam terhadap rata-rata usia siswa SD pada rentang 7 � 12
tahun, yang berdampak pada cara berelasi dan berkomunikasi dengan peserta didik.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka solusi yang diajukan adalah
melakukan pendampingan Gerakan Literasi Pedagogik kepada guru sasaran dengan
materi esensial yang meliputi pemahaman terhadap karakteristik peserta didik. Metode
yang digunakan adalah (a) sosialisasi, pelatihan, evaluasi diri, paradigma pedagogik
reflektif, eksplorasi, simulasi, dokumentasi, diskusi pertemanan, pemetaan dan praktek.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka solusi yang diajukan adalah
melakukan pendampingan Gerakan Literasi Pedagogik kepada guru sasaran dengan
materi esensial yang meliputi pemahaman terhadap karakteristik peserta didik. Metode
yang digunakan adalah (a) sosialisasi, pelatihan, evaluasi diri, paradigma pedagogik
reflektif, eksplorasi, simulasi, dokumentasi, diskusi pertemanan, pemetaan dan praktek.
Target luaran yang akan dicapai adalah: (a) Jasa pelatihan dan pendampingan
pengetahuan hingga kepada terbentuknya kompetensi (b) Produk : Modul, Lembar
kerja, matriks PPR, Jurnal Pertemanan dan TSM, (c) HaKI, (d) Publikasi pada Jurnal
Abdimas Universitas Esa Unggul, (e) Publikasi pada repository Universitas Esa Unggul.
Date Create | : | 24/09/2018 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0227 | Collection ID | : | 16_0227 |
Source : LAPORAN ABDIMAS
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2018 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/gerakan-literasi-pedagogik-bagi-guru-untuk-peningkatan-mutu-pembelajaran-di-sdn-duri-kepa-17-pagi-dan-sdn-jelambar-baru-01--pagi-periode-pelaksanaan-januarijuni-2018-11406.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-11406-16_0227.pdf - 1735 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
No related subject found !
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970111
Hits Today : 61213
Total Hits : 157309670
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|