EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » Manajemen
Posted by [email protected] at 19/08/2021 22:53:18  •  412 Views


LAPORAN ABDIMAS : SOSIALISASI PERAN INTERMEDIARY INSURANCE DALAM PENANGANAN ASET DAN PENGADAAN BARANG/JASA DI BMN (BARANAHAN) KEMHAN

Created by :
DR. IR. DEDY DEWANTO, MM, ACII ( 0309126701 )



SubjectASURANSI
PENANGANAN ASET
Alt. Subject INSURANCE
KeywordBARANG
JASA

Description:

Salah satu tugas pengabdian masyarakat adalah melakukan sosialisasi pada institusi yang terdapat dalam masyarakat. Penulisan Abdimas ini didasarkan pada Sosialisasi peran Intermediary Asuransi pada BMN (Baranahan) di Kementrian Pertahanan. Dalam proses pengadaan Asuransi untuk penanganan Aset, maupun terkait proses pengadaan Barang/Jasa di berbagai Institusi termasuk Kementrian/BUMN telah mengikuti standar Peraturan dan Perundangan yang ada, diantaranya: Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; Peraturan Presiden Republik Indonesia tahun 2000 tentang Pengadaan Barang/Jasa Instansi Pemerintah; Undang-Undang Nomor 18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi. Beberapa ketentuan terkait Asuransi antara lain: dalam pelaksanaan tender dipersyaratkan adanya jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan uang muka dan jaminan pemeliharaan (disini disebutkan jaminan dapat berupa bank garansi atau surety bond); persyaratan Barang Impor yang mendapatkan fasilitas bebas Bea/Cukai harus dilindungi dengan Custom Bond; Persyaratan Barang Impor yang masuk harus dilengkapi dengan asuransi pengangkutan pada waktu pengecekan oleh kepabeanan; Persyaratan adanya asuransi pengangkutan untuk barang yang akan dikirim ke daerah-daerah; dan berbagai persyaratan penutupan produk asuransi lainnya terkait pengadaan barang dan jasa seperti, asuransi kecelakaan diri terhadap pekerja dalam pelaksanaan proyek pengadaan, asuransi CAR/EAR bila barang harus dibuat atau direkayasa terlebih dahulu, dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil wawancara dan diskusi didapati bahwa pengadaan Asuransi tersebut kebanyakan dilaksanakan oleh Pelaksana Pengadaan (Pemenang Tender) sendiri, sehingga bila terjadi resiko seperti: barang rusak selama pengangkutan, kapal pengangkut tenggelam, rekayasa suatu produk barang tidak berhasil, maka klaim Asuransi nya harus dilakukan oleh Pelaksana Pengadaan (Pemenang Tender) sendiri tanpa bantuan pihak yang ahli di bidang Perasuransian. Demikian pula terkait dengan persyaratan Jaminan Penawaran, Pelaksanaan, Uang Muka dan Pemeliharaan, maka Pihak Pemberi Kerja hanya menerima Bank Garansi atau Surety Bond yang diurus oleh Pelaksana Pengadaan, sehingga dalam hal terjadi wan prestasi maka Pihak Pemberi Kerja tidak mendapatkan bantuan dari pihak ahli di bidang Asuransi dalam hal ini Intermediary Asuransi untuk dapat mengajukan klaim dan memperoleh pembayaran klaim. Hal yang sama dalam penutupan Asuransi Aset belum menggunakan tenaga ahli Asuransi seperti Intermediary Asuransi. Walaupun existing practice sesuai standar dan kewajaran, namun akan lebih baik lagi menggunakan Intermediary Asuransi. Sosialisasi pentingnya Intermediary Asuransi ini adalah suatu bentuk sosialisasi masyarakat dalam hal ini Kemhan akan pentingnya peran Intermediary Asuransi dengan berbagai Nilai Tambah (Added Value) yang diberikan.

Date Create:19/08/2021
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0805
Collection ID:16_0805


Source :
Laporan ABDIMAS, Agustus 2021

Relation Collection:
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Coverage :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Rights :
@2021 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-abdimas--sosialisasi-peran-intermediary-insurance-dalam-penanganan-aset-dan-pengadaan-barangjasa-di-bmn-baranahan-kemhan-21202.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-21202-16_0805.pdf - 1249 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

BARANG , JASA



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




128932473


Visitors Today : 15
Total Visitor : 1968105

Hits Today : 100051
Total Hits : 128932473

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan