EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » PGSD
Posted by [email protected] at 25/08/2022 11:12:57  •  102 Views


LAPORAN AKHIR PROGRAM MANDIRI PENGABDIAN MASYARAKAT : PENGENALAN DAN PRAKTIK GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP IMTAQ DARURRAHIM JAKARTA (PERIODE PELAKSANAAN: MEI-JULI 2022)

Created by :
Khusnul Fatonah, M. Pd. ( 0306049002 )
Nurul Febrianti, M.Pd. ; Fadia Noval Nur ; Mahatma Aditya Wijaya ; Lulu Azizah



SubjectPERMAINAN
EDUKASI
ANDROID
Alt. Subject GAMES
EDUCATION
LEARNING MEDIA
KeywordMEDIA PEMBELAJARAN

Description:

SMP Imtaq Darurrahim Jakarta merupakan sekolah milik yayasan yang terletak di Jalan Pelajar No.19, RT.8/RW.9, Cakung Baru, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13910. Sekolah ini menjadi salah satu sasaran kegiatan Kampus Mengajar 3 tahun 2022 yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Meski sudah terakreditasi A, ada hal-hal tertentu yang menjadi pertimbangan atas pemilihan sekolah sebagai lokasi kegiatan Kampus Mengajar 3. Hal-hal tersebut berkaitan dengan kegiatan literasi dan numerasi di sekolah, adaptasi teknologi, dan administrasi. Selain lokasinya yang masih terjangkau dengan universitas tim pengusul, sekolah yang berdiri sejak tahun 2001 ini memiliki beberapa kendala yang terkait dengan kegiatan belajar mengajar. Pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) mengharuskan guru-guru kembali mengasah keterampilan mengajarnya di depan kelas. Hal ini bertujuan agar para siswa bersemangat dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada pihak mitra, ditemukan kendala- kendala yang dihadapi guru selama PTMT. Permasalahan tersebut berkaitan dengan minimnya informasi atau terbatasnya pengetahuan yang dimiliki guru-guru terkait dengan perkembangan teknologi pendidikan, khususnya penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu atau media pembelajaran yang dapat membantu proses KBM atau menghidupkan atmosfer semangat belajar di kelas. Hal lain yang diharapkan dari para guru adalah aplikasi-aplikasi atau media pembelajaran tersebut mudah diakses, diunduh, dan digunakan, termasuk oleh siswa. Solusi dari permasalahan tersebut adalah diperlukannya sebuah upaya untuk meminimalisasikan kendala-kendala yang dihadapi pihak mitra. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan android sebagai sistem operasi berbasis Linux yang dirancang beragam untuk perangkat-perangkat seperti telepon pintar (smartphone) dan komputer tablet. Dalam konteks ini, tim pengusul memfokuskan beberapa contoh penggunaan game edukasi, seperti Duolingo, Quick Brain, serta ProProfs Brain Games yang dapat diakses melalui android dan website.Sejalan dengan hal tersebut, tim dosen beserta mahasiswa dari Univeristas Esa Unggul berencana melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Pengenalan dan Praktik Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran di SMP Imtaq Darurrahim Jakarta. Dalam kegiatan ini, tim pengusul akan menjelaskan konsep dari game edukasi berbasis Android beserta cara-cara penggunaannya. Abdimas yang dilaksanakan menggunakan metode observasi, presentasi, diskusi, tanya jawab, dan praktik (simulasi). Pelaksanaan kegiatan ini mencakup tiga kegiatan utama, yakni (1) sosialisasi dengan pihak mitra terkait masalah yang dihadapi selama KBM, khususnya pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), (2) pelaksanaan kegiatan yang terdiri atas penjelasan konsep game edukasi berbasis android dan praktik penerapannya. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam waktu 2.5 jam, serta (3) evaluasi kegiatan. Target luaran dalam kegiatan ini berupa laporan kegiatan yang dimuat pada repository Universitas Esa Unggul. Hasil dari abdimas ini adalah guru-guru di SMP Imtaq Darurrahim memiliki keterampilan dalam mengemas kegiatan pembelajaran secara menarik melalui game edukasi berbasis android. Selain itu, para guru dapat mengonsep secara mandiri hal-hal penting dari beberapa materi pelajaran ke dalam menu yang ada di aplikasi tersebut.

Date Create:25/08/2022
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0952
Collection ID:16_0952


Source :
Laporan ABDIMAS, Juli 2022

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2022 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-akhir-program-mandiri-pengabdian-masyarakat--pengenalan-dan-praktik-game-edukasi-berbasis-android-sebagai-media-pembelajaran-di-smp-imtaq-darurrahim-jakarta--periode-pelaksanaan-meijuli-2022-26239.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-26239-16_0952.pdf - 3559 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

MEDIA , MEDIA PEMBELAJARAN , PEMBELAJARAN



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




55423372


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1963250

Hits Today : 16931
Total Hits : 55423372

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2022 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan