 |
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
 Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Psikologi Posted by [email protected] at 16/03/2021 11:31:04 • 769 Views
HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENJALANI KULIAH ONLINE, DI JAKARTACreated by :
ELFAJRI YASHIRLY ( 20160701001 )
Subject: | PEMBELAJARAN PENYESUAIAN AKADEMIK | Alt. Subject : | LEARNING ADJUSTMENT ACADEMIC | Keyword: | Self-regulated learning Penyesuaian Akademik Mahasiswa kuliah online |
Description:
Di masa pandemi COVID-19, perguruan tinggi menerapkan sistem pembelajaran baru yaitu kuliah online. Berbagai tuntutan baru yang dialami beberapa Mahasiswa seperti kesulitan dalam menjalani kuliah online, tugas yang lebih banyak, sulit memahami materi online, dan sulit berdiskusi langsung dengan teman memunculkan masalah penyesuaian akademik. Salah satu hal yang berkaitan dengan penyesuaian akademik adalah self-regulated learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self-regulated learning dengan penyesuaian akademik pada Mahasiswa yang menjalani kuliah online. Penelitian ini menggunakan kuantitatif-korelasional dengan teknik purposive sampling terhadap 100 Mahasiswa. Alat ukur self-regulated learning yang digunakan berjumlah 26 aitem valid dengan nilai (α) = 0,884 dan penyesuaian akademik berjumlah 21 aitem valid dengan nilai (α) = 0,874. Dari hasil uji korelasi diperoleh nilai sig. (p) = 0,000 (p < 0,05) kemudian semakin tinggi self-regulated learning, semakin tinggi penyesuaian akademik Mahasiswa yang menjalani kuliah online. Sebaliknya, semakin rendah self-regulated learning, maka semakin buruk penyesuaian akademik yang artinya hipotesis diterima. Self-regulated learning berkontribusi sebesar 40,32% terhadap penyesuaian akademik dan sisanya 59,68% oleh faktor lain. Hasil penelitian menunjukan lebih banyak Mahasiswa yang memiliki self-regulated learning tinggi yaitu 53% dan lebih banyak Mahasiswa yang memiliki penyesuaian akademik yang baik yaitu 51%. Dalam penelitian ini, Mahasiswa dengan penyesuaian akademik baik lebih banyak berasal dari Mahasiswa berjenis kelamin perempuan, perguruan tinggi swasta, dan didukung orang tua. Sedangkan Mahasiswa dengan penyesuaian akademik buruk lebih banyak berasal dari Mahasiswa yang memiliki teman belajar. Selain itu, Mahasiswa dengan self-regulated learning tinggi lebih banyak berasal dari Mahasiswa perguruan tinggi swasta, didukung orang tua, dan memiliki teman belajar
Contributor | : |
- Yuli Asmi Rozali,M.Psi,.Psikolog
| Date Create | : | 16/03/2021 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-20160701001 | Collection ID | : | 20160701001 |
Source : Undergraduate Theses of Psychology
Relation Collection: Fakultas Psikologi
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @perpustakaan Universitas Esa Unggul 2021
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-selfregulated-learning-dengan-penyesuaian-akademik-pada-mahasiswa-yang-menjalani-kuliah-online-di-jakarta-19341.html
[ Free Download - Free for All ]
UEU-Undergraduate-19341-COVER.Image.Marked.pdf - 165 KB UEU-Undergraduate-19341-HALAMAN PENGESAHAN.Image.Marked.pdf - 219 KB UEU-Undergraduate-19341-HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.Image.Marked.pdf - 239 KB UEU-Undergraduate-19341-HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.Image.Marked.pdf - 179 KB UEU-Undergraduate-19341-ABSTRAK.Image.Marked.pdf - 259 KB UEU-Undergraduate-19341-KATA PENGANTAR.Image.Marked.pdf - 146 KB UEU-Undergraduate-19341-DAFTAR ISI.Image.Marked.pdf - 266 KB UEU-Undergraduate-19341-DAFTAR REFERENSI.Image.Marked.pdf - 276 KB UEU-Undergraduate-19341-LAMPIRAN.Image.Marked.pdf - 967 KB UEU-Undergraduate-19341-BAB1.Image.Marked.pdf - 295 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-19341-BAB2.Image.Marked.pdf - 168 KB 2. UEU-Undergraduate-19341-BAB3.Image.Marked.pdf - 379 KB 3. UEU-Undergraduate-19341-BAB4.Image.Marked.pdf - 329 KB 4. UEU-Undergraduate-19341-BAB5.Image.Marked.pdf - 207 KB 5. UEU-Undergraduate-19341-BAB6.Image.Marked.pdf - 199 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLING

       
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970554
Hits Today : 86315
Total Hits : 183878380
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|