Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar, yaitu bahan ajar
e-book berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA kelas 3 materi
perubahan wujud benda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan
(R&D) dengan susunan langkah tahap ADDIE (analysys, design, development,
implementation, dan evaluation) dengan teknik pengambilan data berupa observasi,
wawancara, dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Duren
Sawit 15 Pagi. Sebelum pengambilan data kepada siswa, peneliti melakukan
validasi produk kepada para ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media.
Peneliti memperoleh hasil persentase, yaitu ahli media 86,36%, ahli materi 89,00%,
dan ahli bahasa 82,81%, yang dapat dikategorikan sangat baik. Kemudian produk
diujikan kepada siswa dengan perolehan skor sebesar 91,97% dengan kategori
sangat baik. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk soal
pretest dan postest. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji validitas adalah 10 butir
soal memiliki nilai rhitung > rtabel dinyatakan �Valid� dan 5 butir soal memiliki nilai
rhitung < rtabel dinyatakan �Tidak Valid� dan tingkat reliabilitas soal postest, diperoleh
nilai KR-20 sebesar 0.845 > 0.7. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan
bahwa data tersebut reliabel dan hasil perhitungan uji N-gain adalah nilai mean
sebesar 0.6780 maka 0.6780 ≤ 0,7 termasuk dalam kategori �Sedang� dengan nilai
N-gain score minimum 0.50, maksimum 1,00, dan persentase tafsiran efektifitas
67,80% dengan kategori �Cukup efektif. Dapat dikatakan bahwa bahan ajar e-book
berbasis pendekatan saintifik ini layak digunakan di dalam pembelajaran IPA kelas
3 SD pada materi perubahan wujud benda.