EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi


Annisa




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » PGSD
Posted by [email protected] at 11/09/2019 10:13:09  •  13 Views


LAPORAN AKHIR PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM): PKM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMPN 191

Created by :
Dr. Ratnawati Susanto., S.Pd.,M.M.,M.Pd ( 0329056804 )
Yuli Asmi Rozali, M.Psi, Psikolog   Harlinda Syofyan, S.Si.,M.Pd



SubjectPENDIDIKAN
PENDIDIKAN KHUSUS
Alt. Subject EDUCATION
SPECIAL EDUCATION
KeywordPKM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Description:

SMPN 191 merupakan sekolah Inklusi di Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Keputusan Ka. Dinas Provinsi DKI Jakarta No. 986/2012 tanggal 10 Mei 2012 yang bermisikan menyelenggarakan Education for all.1 namun dalam penyelenggaraannya memiliki permasalahan kompleks dalam pendampingan 817 siswa, yang terdiri dari 777 siswa reguler (95%) dan 40 siswa ABK (5%). Permasalahan yang dihadapi: (1) Perilaku belajar yang bersifat statis pada tiga tahun terakhir: alpa, pulang tanpa izin, merokok, perkelahian, badung, keras kepala, biang kerok, tidak semangat, mogok sekolah, masa bodo, penyakitan, sangat miskin, menjadi disabel karena kecelakaan, narkoba, pergaulan bebas, malas, culas, melawan orang tua, tawuran, ditolak orang tua. (2) Ketidaktuntasan penanganan perilaku belajar sebagai akibat keterbatasan dan beban kerja berlebih konselor dengan rasio konselor : siswa = 1 : 204 dari standar 1 : 150 , (3) kecenderungan penurunan prestasi UN periode 2012-2013 – 2016-2017 hingga pada IPP 0,17, (4) permasalahan aspek intelektual, kemandirian, kesehatan, sosial emosional ABK tidak menjadi fokus layanan optimal guru, (5) budaya sekolah tidak mendukung pendidikan inklusif, spiritualitas guru rendah dan diskriminatif, tidak merancang RPP Modifikasi ABK, bersungut-sungut, kurangnya kompetensi pendampingan ABK, rotasi guru setiap tahun akademik berakibat pada minimnya penanganan berkelanjutan rekam jejak ABK, (6) keterbatasan sarana dan prasarana penunjang ABK, (7) keterbatasan anggaran operasional kegiatan dan layanan ABK, (8) dukungan sistem yang tidak memadai karena kurangnya sosialisasi penyelenggaraan inklusif, dan (9) minimnya peran orang tua untuk pendidikan anak, kondisi ekonomi prasejahtera dengan kesibukan bekerja, tingkat pendidikan yang rendah dan buta huruf, rumah sempit, kumuh, tidak bersih, berbau, lingkungan tidak sehat dan berpenyakitan serta kondisi keluarga broken home, anak menyaksikan hubungan biologis suami istri, menyaksikan pertengkaran sehingga berpengaruh pada konsentrasi, motivasi belajar, pola laku serta kepribadian anak. Rekomendasi kepada mitra adalah dengan penguatan kapasitas internal sekolah – guru, siswa. Penguatan kapasitas dilakukan berbasis kepada hasil penelitian Penerapan Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas Dengan Senam otak yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar (Ratnawati Susanto, 2017). Hal ini dilakukan karena senam otak dapat diberlakukan sebagai metode belajar berbasis otak melalui gerakan yang menstimulasi keseimbangan fisik dan psichis, otak kiri dan kanan, untuk anak reguler dan ABK serta baik muda dan dewasa. Tujuan dan Manfaat Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pelaksanaan dilakukan dengan 1. Kegiatan orientasi guru tentang pendidikan untuk semua, hakekat anak dan ABK Oleh ketua tim peneliti. 2. Pelatihan senam otak; dengan tutor Mia Amilia, S.Psi, M.Psi dan ketua peneliti. 3. Evaluasi kegiatan dan komitmen Target capaian: Luaran wajib PKM: (1) Satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal ber ISSN (International Journal of Community Service Learning (Undiksha), (2) Peningkatan daya saing secara kuantitas dan kualitas peran pemberdayaan guru dengan penerapan model pendampingan ABK di SMPN 191, (3) Peningkatan tata nilai masyarakat dalam budaya, sosial terhadap anak ABK dan pola pendampingan untuk pendidikan dan kesehatan anak dalam keluarga. dan Luaran tambahan PKM: (1) Hak kekayaan intelektual : HaKI, (2) Publikasi pada repository Universitas Esa Unggul.

Date Create:11/09/2019
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0424
Collection ID:16_0424


Source :
LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2019 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-akhir-program-kemitraan-masyarakat-pkm-pkm-anak-berkebutuhan-khusus-abk-di-smpn-191-13382.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-13382-16_0424.pdf - 1127 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

ANAK , BERKEBUTUHAN , KHUSUS , PKM , PKM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




23464355


Visitors Today : 779
Total Visitor : 1900718

Hits Today : 10137
Total Hits : 23464355

Visitors Online: 26


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 162.158.78.217
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2019 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan