|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » PGSD Posted by [email protected] at 11/09/2019 10:13:09 • 1032 Views
LAPORAN AKHIR PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM): PKM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMPN 191Created by :
Dr. Ratnawati Susanto., S.Pd.,M.M.,M.Pd ( 0329056804 ) Yuli Asmi Rozali, M.Psi, Psikolog Harlinda Syofyan, S.Si.,M.Pd
Subject: | PENDIDIKAN PENDIDIKAN KHUSUS | Alt. Subject : | EDUCATION SPECIAL EDUCATION | Keyword: | PKM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS |
Description:
SMPN 191 merupakan sekolah Inklusi di Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Keputusan
Ka. Dinas Provinsi DKI Jakarta No. 986/2012 tanggal 10 Mei 2012 yang bermisikan
menyelenggarakan Education for all.1 namun dalam penyelenggaraannya memiliki
permasalahan kompleks dalam pendampingan 817 siswa, yang terdiri dari 777 siswa reguler
(95%) dan 40 siswa ABK (5%). Permasalahan yang dihadapi: (1) Perilaku belajar yang
bersifat statis pada tiga tahun terakhir: alpa, pulang tanpa izin, merokok, perkelahian, badung,
keras kepala, biang kerok, tidak semangat, mogok sekolah, masa bodo, penyakitan, sangat
miskin, menjadi disabel karena kecelakaan, narkoba, pergaulan bebas, malas, culas, melawan
orang tua, tawuran, ditolak orang tua. (2) Ketidaktuntasan penanganan perilaku belajar
sebagai akibat keterbatasan dan beban kerja berlebih konselor dengan rasio konselor : siswa
= 1 : 204 dari standar 1 : 150 , (3) kecenderungan penurunan prestasi UN periode 2012-2013
� 2016-2017 hingga pada IPP 0,17, (4) permasalahan aspek intelektual, kemandirian,
kesehatan, sosial emosional ABK tidak menjadi fokus layanan optimal guru, (5) budaya
sekolah tidak mendukung pendidikan inklusif, spiritualitas guru rendah dan diskriminatif,
tidak merancang RPP Modifikasi ABK, bersungut-sungut, kurangnya kompetensi
pendampingan ABK, rotasi guru setiap tahun akademik berakibat pada minimnya
penanganan berkelanjutan rekam jejak ABK, (6) keterbatasan sarana dan prasarana
penunjang ABK, (7) keterbatasan anggaran operasional kegiatan dan layanan ABK, (8)
dukungan sistem yang tidak memadai karena kurangnya sosialisasi penyelenggaraan inklusif,
dan (9) minimnya peran orang tua untuk pendidikan anak, kondisi ekonomi prasejahtera
dengan kesibukan bekerja, tingkat pendidikan yang rendah dan buta huruf, rumah sempit,
kumuh, tidak bersih, berbau, lingkungan tidak sehat dan berpenyakitan serta kondisi keluarga
broken home, anak menyaksikan hubungan biologis suami istri, menyaksikan pertengkaran
sehingga berpengaruh pada konsentrasi, motivasi belajar, pola laku serta kepribadian anak.
Rekomendasi kepada mitra adalah dengan penguatan kapasitas internal sekolah � guru,
siswa. Penguatan kapasitas dilakukan berbasis kepada hasil penelitian Penerapan Proses
Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas Dengan Senam otak yang memberikan pengaruh
positif dan signifikan terhadap Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar (Ratnawati Susanto,
2017). Hal ini dilakukan karena senam otak dapat diberlakukan sebagai metode belajar
berbasis otak melalui gerakan yang menstimulasi keseimbangan fisik dan psichis, otak kiri
dan kanan, untuk anak reguler dan ABK serta baik muda dan dewasa. Tujuan dan Manfaat
Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pelaksanaan dilakukan dengan
1. Kegiatan orientasi guru tentang pendidikan untuk semua, hakekat anak dan ABK Oleh
ketua tim peneliti.
2. Pelatihan senam otak; dengan tutor Mia Amilia, S.Psi, M.Psi dan ketua peneliti.
3. Evaluasi kegiatan dan komitmen
Target capaian: Luaran wajib PKM: (1) Satu artikel ilmiah yang dipublikasikan
melalui jurnal ber ISSN (International Journal of Community Service Learning (Undiksha),
(2) Peningkatan daya saing secara kuantitas dan kualitas peran pemberdayaan guru dengan
penerapan model pendampingan ABK di SMPN 191, (3) Peningkatan tata nilai masyarakat
dalam budaya, sosial terhadap anak ABK dan pola pendampingan untuk pendidikan dan
kesehatan anak dalam keluarga. dan Luaran tambahan PKM: (1) Hak kekayaan intelektual :
HaKI, (2) Publikasi pada repository Universitas Esa Unggul.
Date Create | : | 11/09/2019 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0424 | Collection ID | : | 16_0424 |
Source : LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2019 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-akhir-program-kemitraan-masyarakat-pkm-pkm-anak-berkebutuhan-khusus-abk-di-smpn-191-13382.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-13382-16_0424.pdf - 1127 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970037
Hits Today : 23383
Total Hits : 155267173
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|