EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : library@esaunggul.ac.id
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
perpus@esaunggul.ac.id








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi


Annisa




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » Bahasa Inggris
Posted by annisa0546@yahoo.com at 17/02/2020 12:54:54  •  129 Views


ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DI SEKOLAH DASAR NEGERI BENDA, KOTA TANGERANG

Created by :
Alfian ( 218090781 )



SubjectPENDIDIKAN
KURIKULUM
Alt. Subject EDUCATION
CURRICULUM
KeywordPEMAHAMAN GURU
HIDDEN CURRICULUM

Description:

Kurikulum sebagai salah satu komponen utama pendidikan terkadang sering tidak diperhatikan dalam pengembangannya di sekolah. Padahal pengembangan kurikulum sangatlah penting bagi sekolah karena penggunaan kurikulum formal saja tidak cukup untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum formal mendokumentasikan apa saja yang harus dikuasai oleh peserta didik, dalam pembelajaran di kelas. Walaupun terkadang seorang guru mengajar hanya menekankan pada pemahaman kongnitif saja, dan mengabaikan pemahaman afektif serta psikomotorik yang semestinya juga dikuasai peserta didik. Padahal guru sebagai sosok yang menyampaikan kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, diharapkan dapat mengembangkan ketiga aspek tersebut secara bersamaan. Kegiatan pembelajaran SD Negri Benda yang dilakukan guru terlihat berbeda dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru. Dalam RPP pembelajaran hanya menekankan pada pemahaman kognitif yang tercantum dalam tujuan pembelajaran, namun ketika dilihat secara faktual pembelajaran yang dilaksanakan guru juga memberikan pemahaman-pemahaman nilai yang tidak tercantum dalam RPP. RPP yang dibuat guru di sekolah tersebut sama dengan RPP pada umumnya, yaitu terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, alokasi waktu, kegiatan pembelajaran dan komponen lainnya berdasarkan silabus. Silabus yang digunakan sekolah ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Revisi sebagai kurikulum formalnya.

Date Create:17/02/2020
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0549
Collection ID:16_0549


Source :
LAPORAN PENELITIAN INTERNAL

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2020 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/analisis-pemahaman-guru-dalam-mengimplementasikan-kurikulum-tersembunyi-hidden-curriculum-di-sekolah-dasar-negeri-benda-kota-tangerang-14723.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-14723-16_0549.pdf - 1541 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

CURRICULUM , GURU , HIDDEN , HIDDEN CURRICULUM , PEMAHAMAN , PEMAHAMAN GURU



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




28650352


Visitors Today : 21
Total Visitor : 1961647

Hits Today : 29366
Total Hits : 28650352

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2020 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan