|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Manajemen Posted by [email protected] at 21/02/2022 13:29:58 • 406 Views
LAPORAN ABDIMAS : LAPORAN ABDIMAS
PERAN INTERMEDIARY INSURANCE
DALAM PENANGANAN ASURANSI KREDIT
PERDAGANGAN DAN ASURANSI LAINNYA
DI PT.PATRA NIAGA
PERAN INTERMEDIARY INSURANCE
DALAM PENANGANAN ASURANSI KREDIT
PERDAGANGAN DAN ASURANSI LAINNYACreated by :
Dr. Ir. Dedy Dewanto, MM, ACII ( 0309126701 )
Subject: | PERDAGANGAN ASURANSI | Alt. Subject : | BUSINESS GAS OIL INSURANCE | Keyword: | BISNIS:MINYAK GAS
|
Description:
Salah satu tugas pengabdian masyarakat adalah melakukan sosialisasi pada institusi
yang terdapat dalam masyarakat. Penulisan Laporan Abdimas ini didasarkan pada
Sosialisasi peran Intermediary Asuransi pada penanganan Asuransi Kredit Perdagangan dan
Asuransi lainnya di PT. Patra Niaga.
PT Patra Niaga diluncurkan pada tahun 2004, sebagai entitas yang fokus pada bisnis
hilir minyak dan gas, setelah sebelumnya terdaftar sebagai PT Elnusa Harapan di tahun
1997. Pada tahun 2011, PT Pertamina (Persero) mulai menyelaraskan semua logo anak
perusahaannya melalui Direktorat Pemasaran dan Perdagangan Pertamina. Direktorat mulai
mengganti nama masing-masing logo anak perusahaan termasuk logo PT Patra Niaga dan
mengubah nama perusahaan menjadi PT Pertamina Patra Niaga. Pada tanggal 13 Juni 2020,
PT Pertamina Patra Niaga telah ditunjuk sebagai Sub Holding Commercial & Trading PT
Pertamina (Persero) secara virtual, dan resmi legal end-state di tanggal 1 September 2021.
Disamping mengelola bisnis dan operasional eksisting Pertamina Patra Niaga berupa
perdagangan dan penanganan bahan bakar, serta manajemen armada dan depot, kini Sub
Holding Commercial & Trading bertugas menjalankan rantai kegiatan bisnis hilir Pertamina.
Pertamina telah memiliki infrastruktur yang memadai untuk mendukung pendistribusian dan
pemasaran produk energi yang dihasilkannya, termasuk produk Bahan Bakar Minyak
(BBM), pelumas, LPG, aspal dan produk petrokimia, baik untuk memenuhi kebutuhan
konsumen ritel maupun korporat di seluruh negeri maupun di luar negeri. Peran Asuransi
Kredit Perdagangan sangat penting dalam menunjang kegiatan operasional PT. Patra Niaga
khususnya dalam penjualan berbagai produk Bahan Bakar Minyak (BBM), pelumas, LPG,
dan aspal dan produk petrokimia kepada Customer Pelanggan karean sifatnya pembelian
rutin berkesinambungan dengan volume yang disepakati berdasarkan kontrak jual beli. Oleh
karenanya adanya Asuransi Kredit Perdagangan akan menjamin bila sewaktu-waktu
Customer Pelanggan gagal bayar (wan prestasi), maka pihak Asuransi akan mengganti
pembayarannya dengan hak subrograsi untuk pengambil alihan hak tagih ke Customer
Pelanggan. Apalagi situasi pandemik seperti sekarang ini, yang menyebabkan aktivitas
ekonomi terganggu, sehingga dapat diprediksi juga akan mengganggu kelancaran bisnis Customer Pelanggan. Metode pelaksanaan menggunakan sosialisasi, rapat dan diskusi online
berbasis ilmu asuransi untuk produk asuransi kredit perdagangan dan asuransi lainnya,
dengan membandingkan praktek nyata dengan terapan yang ideal. Berdasarkan hasil rapat
dan diskusi online dengan pihak manajemen, didapati bahwa besarnya Limit Asuransi Kredit
Perdagangan yang diberikan pihak Asuransi terbatas yaitu nilai jaminan kurang besar.
Dampaknya adalah PT. Patra Niaga kurang leluasa dalam melakukan penjualan volume
besar kepda Customer Pelanggan, demikian pula potensi klaim untuk gagal bayar dari
Customer pelanggan memiliki resiko yang cukup tinggi untuk claim recovery nya. Sehingga
dalam hal terjadi gagal bayar (wan prestasi) dari Customer Pelanggan, maka manajemen PT.
Patra Niaga tidak mendapatkan bantuan dari pihak ahli di bidang Asuransi dalam hal ini
Intermediary Asuransi untuk dapat mengajukan klaim dan memperoleh pembayaran klaim.
Hal yang sama dalam penutupan Asuransi Kredit Perdagangan belum menggunakan tenaga
ahli Asuransi seperti Intermediary Asuransi, agar didapatkan limit jaminan yang tinggi
dengan menggunakan perusahaan Asuransi dan Reasuransi yang bonafid dan terpercaya.
Walaupun existing practice sesuai standar dan kewajaran, namun akan lebih baik lagi
menggunakan Intermediary Asuransi. Sosialisasi pentingnya Intermediary Asuransi ini
adalah suatu bentuk sosialisasi masyarakat pada PT. Patra Niaga untuk memahami berbagai
Nilai Tambah (Added Value) yang diberikan.
Date Create | : | 21/02/2022 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0879 | Collection ID | : | 16_0879 |
Source : Laporan ABDIMAS, 11 Februari 2022
Relation Collection: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2022 Perpustakaan Universitas Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-abdimas--laporan-abdimas---peran-intermediary-insurance-dalam-penanganan-asuransi-kreditperdagangan-dan-asuransi-lainnya-di-ptpatra-niaga-peran-intermediary-insurance-dalam-penanganan-asuransi-kreditperdagangan-dan-asuransi-lainnya-23575.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-23575-16_0879.pdf - 821 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970037
Hits Today : 17481
Total Hits : 155261271
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|