|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Psikologi Posted by [email protected] at 18/12/2013 11:27:22 • 1232 Views
GAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS
PADA GURU YANG MENGAJAR ANAK MENTAL
RETARDASI (MR)Created by :
ASTI SAKINATUZAHROH ( 2004 � 71 - 036 )
Subject: | GAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS | Alt. Subject : | GAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS | Keyword: | GAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS
PADA GURU YANG MENGAJAR ANAK MENTAL
RETARDASI (MR) |
Description:
anak MR di sekolah SLB bagian C sangat rentan
terhadap stress, salah satu penyebabnya karena adanya sumber stress yang bersifat
fisik seperti suhu ruangan kelas dan kemacetan, psikologis seperti cemas, kehilangan
konsentrasi, dan adanya rasa malas, dan sosial, yaitu tingkah laku anak MR, orang tua
murid, dan lingkungan sekitar sekolah yang dihadapi. Untuk mengatasi sumber stress
tersebut, maka strategi coping yang efektif mutlak diperlukan oleh para guru. Tujuan
penelitian ini adalah melihat gambaran stress dan coping stress pada guru yang
mengajar anak MR.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar anak MR dan berjumlah 3 orang,
karena jumlah tersebut dianggap sudah cukup melengkapi data yang dibutuhkan oleh
peneliti. Subjek dipilih dengan cara metode purposive sampling. Data diperoleh
dengan wawancara, setelah itu dibentuk verbatim, koding kategori dan dilakukan
interpretasi pada ketiga subjek penelitian.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui tidak semua subjek
mengalami sumber-sumber stress fisik, psikologis, dan sosial dalam menjalankan
perannya sebagai guru anak MR. Masing-masing subjek menghadapi sumber stress
dan melakukan coping stress yang berbeda. Ketiga subjek memiliki kesamaan pada
sumber stress sosial yaitu dari tingkah laku anak MR dan orangtua murid. Pada
subjek I dan III sama-sama mengalami sumber stress psikologis berupa kecemasan,
sedangkan subjek II hanya mengalami sumber stress sosial tidak mengalami stress
fisik dan psikologis. Pada subyek I dan III lebih banyak menggunakan emotion
focused coping, untuk mengatasi stress yang dihadapinya, sehingga subjek tidak
memfokuskan penyelasaian masalah pada masalah yang sesungguhnya, subjek lebih
berorientasi kepada penyelesain masalah secara emosional seperti accepting
responsibility, distancing, self-control dan lain-lain akibatnya adalah beban stress
yang memberatkan subjek tidak dapat diatasi dengan baik oleh para subjek.
Sedangkan pada subjek II lebih banyak menggunakan problem focused coping untuk
mengatasi stress yang dihadapinya, sehingga subjek lebih berorientasi kepada
menyelesaian masalah secara positif seperti planful problem solving, confrontative
coping dan seeking social support for instrument adalah beban stress yang dapat
diatasi dengan baik oleh subjek.
Contributor | : |
- Dra.Winanti Siwi Respati
| Date Create | : | 18/12/2013 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-2004 � 71 - 036 | Collection ID | : | 2004 � 71 - 036 |
Source : Perpustakaan Esa Unggul
Relation Collection: Universitas Esa Unggul
Coverage : Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : Copyright @2013 by UEU Library
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/gambaran-stressor-dan-coping-stresspada-guru-yang-mengajar-anak-mentalretardasi-mr-1350.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-1350-COVER.pdf - 24 KB
- UEU-Undergraduate-1350-SURAT PERNYATAAN.pdf - 154 KB
- UEU-Undergraduate-1350-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - 141 KB
- UEU-Undergraduate-1350-ABSTRAK.pdf - 15 KB
- UEU-Undergraduate-1350-KATA PENGANTAR.pdf - 16 KB
- UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR ISI.pdf - 13 KB
- UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR TABEL.pdf - 11 KB
- UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - 11 KB
- UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR PUSTAKA.pdf - 14 KB
- UEU-Undergraduate-1350-LAMPIRAN.pdf - 140 KB
- UEU-Undergraduate-1350-BABI.pdf - 34 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-1350-BABII.pdf - 38 KB 2. UEU-Undergraduate-1350-BABIII.pdf - 43 KB 3. UEU-Undergraduate-1350-BABIV.pdf - 74 KB 4. UEU-Undergraduate-1350-BABV.pdf - 18 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1969999
Hits Today : 19547
Total Hits : 154435875
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|