EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Psikologi
Posted by [email protected] at 18/12/2013 11:27:22  •  1232 Views


GAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS PADA GURU YANG MENGAJAR ANAK MENTAL RETARDASI (MR)

Created by :
ASTI SAKINATUZAHROH ( 2004 � 71 - 036 )



SubjectGAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS
Alt. Subject GAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS
KeywordGAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS PADA GURU YANG MENGAJAR ANAK MENTAL RETARDASI (MR)

Description:

anak MR di sekolah SLB bagian C sangat rentan terhadap stress, salah satu penyebabnya karena adanya sumber stress yang bersifat fisik seperti suhu ruangan kelas dan kemacetan, psikologis seperti cemas, kehilangan konsentrasi, dan adanya rasa malas, dan sosial, yaitu tingkah laku anak MR, orang tua murid, dan lingkungan sekitar sekolah yang dihadapi. Untuk mengatasi sumber stress tersebut, maka strategi coping yang efektif mutlak diperlukan oleh para guru. Tujuan penelitian ini adalah melihat gambaran stress dan coping stress pada guru yang mengajar anak MR. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar anak MR dan berjumlah 3 orang, karena jumlah tersebut dianggap sudah cukup melengkapi data yang dibutuhkan oleh peneliti. Subjek dipilih dengan cara metode purposive sampling. Data diperoleh dengan wawancara, setelah itu dibentuk verbatim, koding kategori dan dilakukan interpretasi pada ketiga subjek penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui tidak semua subjek mengalami sumber-sumber stress fisik, psikologis, dan sosial dalam menjalankan perannya sebagai guru anak MR. Masing-masing subjek menghadapi sumber stress dan melakukan coping stress yang berbeda. Ketiga subjek memiliki kesamaan pada sumber stress sosial yaitu dari tingkah laku anak MR dan orangtua murid. Pada subjek I dan III sama-sama mengalami sumber stress psikologis berupa kecemasan, sedangkan subjek II hanya mengalami sumber stress sosial tidak mengalami stress fisik dan psikologis. Pada subyek I dan III lebih banyak menggunakan emotion focused coping, untuk mengatasi stress yang dihadapinya, sehingga subjek tidak memfokuskan penyelasaian masalah pada masalah yang sesungguhnya, subjek lebih berorientasi kepada penyelesain masalah secara emosional seperti accepting responsibility, distancing, self-control dan lain-lain akibatnya adalah beban stress yang memberatkan subjek tidak dapat diatasi dengan baik oleh para subjek. Sedangkan pada subjek II lebih banyak menggunakan problem focused coping untuk mengatasi stress yang dihadapinya, sehingga subjek lebih berorientasi kepada menyelesaian masalah secara positif seperti planful problem solving, confrontative coping dan seeking social support for instrument adalah beban stress yang dapat diatasi dengan baik oleh subjek.

Contributor:
  1. Dra.Winanti Siwi Respati
Date Create:18/12/2013
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-2004 � 71 - 036
Collection ID:2004 � 71 - 036


Source :
Perpustakaan Esa Unggul

Relation Collection:
Universitas Esa Unggul

Coverage :
Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
Copyright @2013 by UEU Library


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/gambaran-stressor-dan-coping-stresspada-guru-yang-mengajar-anak-mentalretardasi-mr-1350.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-1350-COVER.pdf - 24 KB
  2.  UEU-Undergraduate-1350-SURAT PERNYATAAN.pdf - 154 KB
  3.  UEU-Undergraduate-1350-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - 141 KB
  4.  UEU-Undergraduate-1350-ABSTRAK.pdf - 15 KB
  5.  UEU-Undergraduate-1350-KATA PENGANTAR.pdf - 16 KB
  6.  UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR ISI.pdf - 13 KB
  7.  UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR TABEL.pdf - 11 KB
  8.  UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - 11 KB
  9.  UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR PUSTAKA.pdf - 14 KB
  10.  UEU-Undergraduate-1350-LAMPIRAN.pdf - 140 KB
  11.  UEU-Undergraduate-1350-BABI.pdf - 34 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-1350-BABII.pdf - 38 KB
  2. UEU-Undergraduate-1350-BABIII.pdf - 43 KB
  3. UEU-Undergraduate-1350-BABIV.pdf - 74 KB
  4. UEU-Undergraduate-1350-BABV.pdf - 18 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

(MR) , ANAK , COPING , DAN , GAMBARAN , GAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS PADA GURU YANG MENGAJAR ANAK MENTAL RETARDASI (MR) , GURU , MENGAJAR , MENTAL RETARDASI , STRESS PADA , STRESSOR , YANG



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




154435875


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1969999

Hits Today : 19547
Total Hits : 154435875

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan