EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Hukum
Posted by [email protected] at 03/12/2020 10:26:53  •  407 Views


PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT TIDAK DIPENUHINYA BARANG YANG TELAH DIJANJIKAN OLEH PELAKU USAHA (STUDI KASUS PUTUSAN 257K/PDT.SUS-BPSK/2019)

Created by :
MARIA ( 20160401087 )



SubjectPERLINDUNGAN HUKUM
KONSUMEN
PELAKU USAHA
Alt. Subject LEGAL PROTECTION
CONSUMERS
BUSINESS PERSONNEL
KeywordLEGAL PROTECTION
CONSUMERS
BUSINESS PERSONNEL

Description:

Dalam kehidupan sehari-hari, transaksi jual beli yang dilakukan oleh konsumen dengan pelaku usaha seringkali menimbulkan sengketa akibat kerugian yang diderita konsumen. Penyelesaian Sengketa Konsumen sendiri dapat ditempuh dengan dua cara, yaitu di dalam pengadilan atau diluar pengadilan. Penulis tertarik untuk membahas mengenai PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT TIDAK DIPENUHINYA BARANG YANG TELAH DIJANJIKAN OLEH PELAKU USAHA (STUDI KASUS PUTUSAN 257 K/Pdt.Sus-BPSK/2019) dikarenakan Permasalahan yang terjadi adalah konsumen yang melakukan pemesanan 1 (satu) unit rumah telah melaksanakan kewajibannya namun hingga jangka waktu yang ditentukan hak atas pembangunan rumah yang dipesan tidak dipenuhi oleh pelaku usaha, Akhirnya konsumen melakukan pengaduan ke BPSK. Dalam putusannya, BPSK mengabulkan permohonan konsumen. Namun banding dan kasasi atas putusan BPSK yang diajukan oleh pelaku usaha membatalkan putusan BPSK karena BPSK dianggap tidak memiliki kewenangan untuk memutus sengketa tersebut karena dalam kontrak/perjanjian yang dibuat para pihak disepakati 3 apabila timbul sengketa maka akan diselesaikan ke Pengadilan Negeri Lubuk Pakam. Penulis tertarik untuk melakukan studi kasus tentang kewenangan BPSK dalam menyelesaikan sengketa konsumen serta upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen terkait tidak dipenuhinya barang yang telah dijanjikan. Metode yang penulis gunakan adalah pendekatan normatif dengan bersumber pada peraturan perundang-undangan, buku dan jurnal hukum. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) memiliki kewenangan untuk memutus sengketa konsumen antara Konsumen Lambok Budiman Hutagalung dengan Pelaku Usaha PT. Grha Kirana Garden namun karena dalam perjanjian antara kedua belah pihak telah disebutkan tentang pilihan forum (choice of forum) yaitu melalui Pengadilan Negeri apabila terjadi sengketa maka putusan BPSK dibatalkan karena dianggap tidak memiliki kewenangan mengadili dan memutus sengketa dan konsumen dapat menuntut kerugian yang dideritanya melalui Pengadilan Negeri Lubuk Pakam dan hal ini tidak melanggar prinsip Ne Bis In Idem.

Contributor:
  1. Rizka Amelia Azis,S.H,M.H
Date Create:03/12/2020
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-20160401087
Collection ID:20160401087


Source :
Undergraduate Theses of Law

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Hukum

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@perpustakaan Universitas Esa Unggul 2020


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/perlindungan-konsumen-terkait-tidak-dipenuhinya-barang-yang-telah-dijanjikan-oleh-pelaku-usaha-studi-kasus-putusan-257kpdtsusbpsk2019-17435.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-17435-cover.Image.Marked.pdf - 361 KB
  2.  UEU-Undergraduate-17435-pengesahan.Image.Marked.pdf - 930 KB
  3.  UEU-Undergraduate-17435-publikasi.Image.Marked.pdf - 986 KB
  4.  UEU-Undergraduate-17435-persetujuan.Image.Marked.pdf - 875 KB
  5.  UEU-Undergraduate-17435-pernyataan.Image.Marked.pdf - 920 KB
  6.  UEU-Undergraduate-17435-abstrak.Image.Marked.pdf - 481 KB
  7.  UEU-Undergraduate-17435-kata pengantar.Image.Marked.pdf - 578 KB
  8.  UEU-Undergraduate-17435-daftar isi.Image.Marked.pdf - 580 KB
  9.  UEU-Undergraduate-17435-daftar pustaka.Image.Marked.pdf - 614 KB
  10.  UEU-Undergraduate-17435-bab1.Image.Marked.pdf - 720 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-17435-bab2.Image.Marked.pdf - 850 KB
  2. UEU-Undergraduate-17435-bab3.Image.Marked.pdf - 772 KB
  3. UEU-Undergraduate-17435-bab4.Image.Marked.pdf - 712 KB
  4. UEU-Undergraduate-17435-bab5.Image.Marked.pdf - 545 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

BUSINESS , BUSINESS PERSONNEL , CONSUMERS , LEGAL , LEGAL PROTECTION , PERSONNEL , PROTECTION



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




128651605


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1968053

Hits Today : 115813
Total Hits : 128651605

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan