|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Manajemen Posted by [email protected] at 06/03/2019 17:02:24 • 516 Views
MODEL PEMBENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
BERBASIS MENTAL ACCOUNTING PADA INDUSTRI DOC (DAY OLD CHICKEN) DI INDONESIACreated by :
Ir. Jatmiko, MM., MBA ( 0315026303 ) Ari Anggarani WPT, SE, MM Dr. Sudarwan, CIA., QIA., Akt
Subject: | PEMBELIAN AKUNTANSI | Alt. Subject : | DECISION ACCOUNTING | Keyword: | Faktor Internal Faktor Eksternal Behavior Controll Mental Accounting
Keputusan Pembelian |
Description:
Tujuan utama penelitian ini adalah menciptakan konstruksi model konsepsual Mental
Accounting dalam pembentukan keputusan pembelian produk DOC (day old chicken) pengusaha
peternak ayam pedaging untuk memaksimalkan utilitas finacialnya, sehingga investor DOC tahu
strategi pemasaran yang harus dilakukan. Penelitian dilakukan bukan merubah proses tahapan
keputusan pembelian melainkan meyempurnakan tahapan purchase decicion yang sudah ada, dari 5
tahap yaitu pertama pengenalan masalah, kedua pencarian informasi, ketiga evaluasi alternatif,
keempat keputusan pembelian, kelima evaluasi purna beli. Peneliti menduga setelah tahap ketiga
sebelum masuk tahap keempat pada tahapan keputusan pembelian investor terlebih dahulu melalukan
Mental Accounting untuk memaksimalkan utilitas keuangannya dalam berinvestasi.
Rancangan penelitian bersifat kuantitatif dan berbentuk kausalitas ekspalanatoris, bertujuan
menguji pengaruh factor internal, eksternal, dan behavior control terhadap keputusan pembelian
melalui mental accounting dengan jumlah respoden 276 orang. Pengambilan sampel menggunakan
teknik purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) pada
Faktor Internal (X
1
) meliputi aspek pribadi dan aspek psikologis; Faktor Eksternal (X
) meliputi
keluarga, kelompok acuan, budaya; Kontrol Perilaku (X
) yaitu bilief, attitude, intention, behavior,
terhadap Keputusan Pembelian (Y), dan Mental Accounting (Z) sebagai vaiabel intervening.
3
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Factor Internal dan Kontrol Perilaku berpengaruh
langsung lebih kuat terhadap Keputusan Pembelian bila dibandingkan melalui Mental Accounting,
sedangkan Faktor Eksternal tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian akan tetapi harus
melalui Mental Accounting. Hal ini menunjukkan bahwa Mental Accountin merupakan variable
intervening dari dari Faktor Eksternal terhadap Keputusan Pembelian. Pada dasarnya Mental
Accounting juga berpengaruh terhadap Faktor Internal dan Kontrol Perilaku hanya saja tingkat
pengaruh tidak langsungnya melalui Mental Accounting lebih kecil bila dibandingkan dengan
pengaruh lansung. Repleksi Faktor Internal melalui Mental Accounting terhadap perilaku investasi
terutama dipengaruhi oleh unsur psikologis terhadap potensi losses, sedangkan factor Kontrol Perilaku
terutama bilief terhadap potensi losses mengintervensi behavior dalam menunda keputusan investasi.
Mental Accounting sebagai variable intervening dari Faktor Eksternal terhadap Keputusan
Pembelian, menunjukkan bahwa pada saat investor mau melakukan investasi pembelian DOC menjadi
Ayam Pedaging terlebih dahulu mereka melakukan evaluasi kemampuan keuangan mereka. Jika
Faktor Eksternal merupakan penyebab losses terhadap pembelian DOC yang dikategorikan sebagai
barang high involvement maka bentuk perilaku keputusan pembeliannya dilakukan melalui
pertimbangan yang matang atau bahkan memutuskan untuk menunda investasinya. Hasil akahir
membuktikan barang high maupun low involvement terhadap sejumlah modal yang akan diinvestasikan
setelah Evaluasi Alternatif pada tahapan proses keputusan pembelian yaitu tahap ke-3 sebelum masuk
pada tahap ke-4 yaitu Keputusan Pembelian mereka akan melakukan analisis Faktor Eksternal
sehingga perilaku Keputusan Pembeliannya terbentuk melalui Mental Accounting.
Date Create | : | 06/03/2019 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0266 | Collection ID | : | 16_0266 |
Source : LAPORAN PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI
Relation Collection: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2019 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/model-pembentukan-keputusan-pembelianberbasis-mental-accounting-pada-industri-doc-day-old-chicken-di-indonesia-12546.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-12546-16_0266.pdf - 2283 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
No related subject found !
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 2
Total Visitor : 1969966
Hits Today : 110262
Total Hits : 152793846
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|