 |
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
 Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Psikologi Posted by [email protected] at 18/12/2013 11:27:22 • 1265 Views
GAMBARAN STRESSOR DAN COPING STRESS
PADA GURU YANG MENGAJAR ANAK MENTAL
RETARDASI (MR)Created by :
ASTI SAKINATUZAHROH ( 200471036 )
Subject: | STRESSOR COPING STRESS MENTAL | Alt. Subject : | STRESSOR COPING STRESS MENTAL | Keyword: | RETARDASI |
Description:
anak MR di sekolah SLB bagian C sangat rentan terhadap stress, salah satu penyebabnya karena adanya sumber stress yang bersifat fisik seperti suhu ruangan kelas dan kemacetan, psikologis seperti cemas, kehilangan konsentrasi, dan adanya rasa malas, dan sosial, yaitu tingkah laku anak MR, orang tua murid, dan lingkungan sekitar sekolah yang dihadapi. Untuk mengatasi sumber stress tersebut, maka strategi coping yang efektif mutlak diperlukan oleh para guru. Tujuan penelitian ini adalah melihat gambaran stress dan coping stress pada guru yang mengajar anak MR. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar anak MR dan berjumlah 3 orang, karena jumlah tersebut dianggap sudah cukup melengkapi data yang dibutuhkan oleh peneliti. Subjek dipilih dengan cara metode purposive sampling. Data diperoleh dengan wawancara, setelah itu dibentuk verbatim, koding kategori dan dilakukan interpretasi pada ketiga subjek penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui tidak semua subjek mengalami sumber-sumber stress fisik, psikologis, dan sosial dalam menjalankan perannya sebagai guru anak MR. Masing-masing subjek menghadapi sumber stress dan melakukan coping stress yang berbeda. Ketiga subjek memiliki kesamaan pada sumber stress sosial yaitu dari tingkah laku anak MR dan orangtua murid. Pada subjek I dan III sama-sama mengalami sumber stress psikologis berupa kecemasan, sedangkan subjek II hanya mengalami sumber stress sosial tidak mengalami stress fisik dan psikologis. Pada subyek I dan III lebih banyak menggunakan emotion focused coping, untuk mengatasi stress yang dihadapinya, sehingga subjek tidak memfokuskan penyelasaian masalah pada masalah yang sesungguhnya, subjek lebih berorientasi kepada penyelesain masalah secara emosional seperti accepting responsibility, distancing, self-control dan lain-lain akibatnya adalah beban stress yang memberatkan subjek tidak dapat diatasi dengan baik oleh para subjek. Sedangkan pada subjek II lebih banyak menggunakan problem focused coping untuk mengatasi stress yang dihadapinya, sehingga subjek lebih berorientasi kepada menyelesaian masalah secara positif seperti planful problem solving, confrontative coping dan seeking social support for instrument adalah beban stress yang dapat diatasi dengan baik oleh subjek.
Contributor | : |
- Dra.Winanti Siwi Respati
| Date Create | : | 18/12/2013 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-200471036 | Collection ID | : | 200471036 |
Source : Undergraduate Theses of Psychology
Relation Collection: Fakultas Psikologi
Coverage : Civitas Akademika Unversitas Esa Unggul
Rights : Copyright @2013 by UEU Library
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/gambaran-stressor-dan-coping-stresspada-guru-yang-mengajar-anak-mentalretardasi-mr-1350.html
[ Free Download - Free for All ]
UEU-Undergraduate-1350-COVER.pdf - 24 KB UEU-Undergraduate-1350-SURAT PERNYATAAN.pdf - 154 KB UEU-Undergraduate-1350-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - 141 KB UEU-Undergraduate-1350-ABSTRAK.pdf - 15 KB UEU-Undergraduate-1350-KATA PENGANTAR.pdf - 16 KB UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR ISI.pdf - 13 KB UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR TABEL.pdf - 11 KB UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - 11 KB UEU-Undergraduate-1350-DAFTAR PUSTAKA.pdf - 14 KB UEU-Undergraduate-1350-LAMPIRAN.pdf - 140 KB UEU-Undergraduate-1350-HALAMAN PENGESAHAN.pdf - 86 KB UEU-Undergraduate-1350-BAB1.pdf - 34 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-1350-BABII.pdf - 38 KB 2. UEU-Undergraduate-1350-BABIII.pdf - 43 KB 3. UEU-Undergraduate-1350-BABIV.pdf - 74 KB 4. UEU-Undergraduate-1350-BABV.pdf - 18 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
No related subject found !
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

       
Visitors Today : 6
Total Visitor : 1970448
Hits Today : 169981
Total Hits : 177350181
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|