|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Desain Produk Posted by [email protected] at 13/02/2020 16:22:06 • 856 Views
PEMBELAJARAN 3D PRINTING SEBAGAI METODE PERANCANGAN PRODUK KOSTUMCreated by :
Putri Anggraeni Widyastuti ( 215010556 )
Subject: | DESAIN PRODUK 3D PRINTING | Alt. Subject : | PRODUCT DESIGN 3D PRINTING | Keyword: | PRODUK KOSTUM COSPLAY |
Description:
Saat ini produk kostum dapat dinikmati tak hanya untuk produksi film, drama atau
teater tapi juga untuk semua orang sebagai bentuk bentuk apresiasi dirinya terhadap
karakter fiksi maupun non-fiksi bernarasi dua dimensi. Cosplay (singkatan dari kata
costume, dan kata play) di Indonesia tapi juga telah berkembang menjadi industri dalam
jangka 15 tahun karena adanya ke-butuhan konsumen. Bahkan cosplayer (sebutan pelaku
cosplay) yang telah lama berkiprah dalam cosplay mengembangkan teknik dan penggunaan
material dalam proses perancangan produk kostum cosplay hingga akhirnya melahirkan
profesi cos-maker (singkatan dari costume maker). Diperlukan pengalaman mengolah
material dan teknik yang didukung keterampilan craft cosplayer dan cosmaker dalam
merancang kostum untuk custom atau masal, seperti 3D printing. Teknik ini mempermudah
proses
perancangan
kostum
karena
efisien
dan
memiliki
keakuratan
dimensi
hingga
menghasilkan
visual
yang
lebih
baik.
Untuk
itulah
diperlukan
penelitian
ini
dengan tujuan
agar 3D printing ini dapat menjadi bagian dan memperkaya peran-cangan produk kostum
sehingga dapat menjadi bagian dalam pembelajaran pendidikan dasar desain. Tujuan ini
akan tercapai dengan melalui penelitian kualitatif dalam tahapan metode penelitian
grounded theory untuk menyatakan 3D printing dapat menjadi bagian dalam pembelajaran
pendidikan dasar desain untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0 melalui pendekatan
fenomenologi
terhadap
fenomena
cosplay
di
Indonesia
sendiri
selama
15
tahun
ini
yang
dialami
oleh
penulis
yang
terlibat
secara
langsung
merancang
kostum
cosplay.
Date Create | : | 13/02/2020 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0542 | Collection ID | : | 16_0542 |
Source : LAPORAN PENELITIAN INTERNAL
Relation Collection: Fakultas Desain dan Industri Kreatif
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2020 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pembelajaran-3d-printing-sebagai-metode-perancangan-produk-kostum-14671.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-14671-16_0542.pdf - 1151 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 5
Total Visitor : 1970036
Hits Today : 37492
Total Hits : 155202153
Visitors Online: 2
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|