EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Sistem Informasi
Posted by [email protected] at 19/02/2020 15:51:03  •  946 Views


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA BETAWI DENGAN PROTOTYPING MEMANFAATKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS: SMP IBU PERTIWI)

Created by :
Nur Hidayat Noviansah ( 201583028 )



SubjectBUDAYA
PEMBELAJARAN
REKAYASA
Alt. Subject CULTURE
LEARNING
MANIPULATION
Keywordmedia pembelajaran
budaya betawi
augmented reality
prototyping

Description:

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh masyarakat setempat yang diwariskan dari generasi ke generasi. Betawi merupakan sebuah suku bangsa yang kaya akan keragaman budaya, bahasa, seni dan adat istiadat dari masyrakat setempat di DKI Jakarta. Dalam pembelajaran yang berlangsung selama ini, para siswa dan siswi cenderung hanya duduk dan diam, rendahnya minat membaca siswa dalam belajar, serta pembelajaran budaya Indonesia yaitu budaya Betawi saat ini belum menarik di mata siswa dan siswi. Akibat dari proses pembelajaran di SMP Ibu Pertiwi kelas VII, siswa dan siswi, mudah jenuh dan bosan saat mempelajari budaya Betawi sehingga mengakibatkan siswa dan siswi kurang memahami tentang budaya Betawi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dikembangkan pembelajaran budaya Betawi dengan prototyping memanfaatkan teknologi augmented reality. Pengembangan dengan prototyping membuat guru dan siswa-siswi dapat saling berinteraksi untuk dapat mendefiniskan kebutuhan pembelajaran, mulai dari kebutuhan aplikasi, membuat rancangan serta mengevaluasi hasil rancangan pada aplikasi. Dengan siklus hidup rekayasa sistem yang mencakup tahap pengembangan konsep (concept development), dan tahap pengembangan teknik (engineering development). penelitian ini, dihasilkan pengembangan media pembelajaran budaya Betawi dengan dengan prototyping memanfaatkan teknologi augmented reality, yang membantu meningkatkan pembelajaran yang interaktif dan menarik dengan adanya 3D Object, guna membantu guru dalam pembelajaran siswa dan siswi sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan data pengujian terhadap responden di kelas VII, diperoleh kesimpulan bahwa tujuan dikembangkannya media pembelajaran budaya Betawi dengan prototyping memanfaatkan teknologi augmented reality dalam tugas akhir ini tercapai dengan rata-rata penilaian sebesar 94,46%.

Contributor:
  1. Dr. Ir. Husni S. Sastramihardja, M.T
Date Create:19/02/2020
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-201583028
Collection ID:201583028


Source :
Undergraduate Theses of Information Systems

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Komputer

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@perpustakaan Universitas Esa Unggul 2020


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/pengembangan-media-pembelajaran-budaya-betawidengan-prototyping-memanfaatkan-teknologiaugmented-reality-studi-kasus-smp-ibu-pertiwi-14749.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-14749-COVER.Image.Marked.pdf - 393 KB
  2.  UEU-Undergraduate-14749-LEMBAR PENGESAHAN.Image.Marked.pdf - 700 KB
  3.  UEU-Undergraduate-14749-LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.Image.Marked.pdf - 604 KB
  4.  UEU-Undergraduate-14749-LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN .Image.Marked.pdf - 718 KB
  5.  UEU-Undergraduate-14749-ABSTRAK.Image.Marked.pdf - 217 KB
  6.  UEU-Undergraduate-14749-KATA PENGANTAR.Image.Marked.pdf - 1196 KB
  7.  UEU-Undergraduate-14749-DAFTAR ISI.Image.Marked.pdf - 6038 KB
  8.  UEU-Undergraduate-14749-DAFTAR PUSTAKA.Image.Marked.pdf - 597 KB
  9.  UEU-Undergraduate-14749-LAMPIRAN.Image.Marked.pdf - 3482 KB
  10.  UEU-Undergraduate-14749-BAB1.Image.Marked.pdf - 828 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-14749-BAB2.Image.Marked.pdf - 808 KB
  2. UEU-Undergraduate-14749-BAB3.Image.Marked.pdf - 429 KB
  3. UEU-Undergraduate-14749-BAB4.Image.Marked.pdf - 2981 KB
  4. UEU-Undergraduate-14749-BAB5.Image.Marked.pdf - 219 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

augmented , augmented reality , betawi , budaya , budaya betawi , media , media pembelajaran , pembelajaran , prototyping , reality



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




124180304


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1967720

Hits Today : 38108
Total Hits : 124180304

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using claudebot


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan