|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Psikologi Posted by [email protected] at 21/12/2013 12:00:06 • 3705 Views
PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA UIEU
YANG MENGIKUTI TRAINING ESQ DENGAN YANG TIDAK
MENGIKUTI TRAINING ESQCreated by :
Jesni ( 2005-71-029 )
Subject: | PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA UIEU | Alt. Subject : | PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA UIEU | Keyword: | PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA UIEU
YANG MENGIKUTI TRAINING ESQ DENGAN YANG TIDAK
MENGIKUTI TRAINING ESQ |
Description:
Perbedaan Kecerdasan Emosional Mahasiswa UIEU yang Mengikuti
Training ESQ dengan yang tidak Mengikuti Training ESQ. (Dibimbing oleh Dra.
Winanti Siwi Respati, Psi dan Ir. Aziz Lutfhi, M).
Dalam dunia pendidikan ada tiga kemampuan yang dibutuhkan, yaitu: hard
skill (potensi/ pengetahuan yang didapat dari dunia pendidikan), soft skill
(tanggungjawab, mampu berkomunikasi, dan mempunyai hubungan interpersonal
yang baik), life skill (kepribadian yang baik). Pada proses belajar mengajar
pendidikan konvensional hanya ada kesempatan untuk mengembangkan hard skill,
sementara dua kemampuan yang lain tidak difasilitasi. Untuk mengatasi kekurangan
tersebut, diselenggarakan Training ESQ di UIEU sejak tahun 2006. Pihak Universitas
ingin menghasilkan lulusan yang tidak saja kompeten dalam inteligensinya, tetapi
juga melahirkan lulusan yang cerdas secara emosional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan kecerdasan
emosional mahasiswa UIEU yang mengikuti training ESQ dengan yang tidak
mengikuti training ESQ. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif non eksperimental,
dengan menggunakan metode statistik Independent sample t-test yaitu untuk melihat
signifikansi perbedaan kecerdasan emosional mahasiswa UIEU yang mengikuti
training ESQ dengan yang tidak mengikuti training ESQ. Responden penelitian ini
adalah mahasiswa/ mahasiswi Fakultas Psikologi, Ekonomi, Teknik, Hukum,
Kesehatan Masyarakat, Ilmu Komputer, dan Ilmu Komunikasi di UIEU. Fakultas
tersebut terpilih menjadi sample berdasarkan random. Teknik pengambilan sampel
dilakukan secara proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan
melalui alat ukur berupa kuesioner yang disusun sendiri oleh penulis berdasarkan
komponen kecerdasan emosi dengan skala Likert
Dari pengolahan data diperoleh hasil dengan t = -1,762 dan p = 0,079 > 0,05.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kecerdasan emosi namun tidak
signifikan antara mahasiswa yang mengikuti training ESQ dengan yang tidak
mengikuti training ESQ. Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut didapatkan hasil
bahwa mahasiswa yang tidak mengikuti training ESQ memiliki kecerdasan emosi
yang tinggi (25,8%) dan mahasiswa yang mengikuti training ESQ memiliki
kecerdasan emosi yang rendah (30,5%). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan
bahwa terdapat perbedaan kecerdasan emosional yang signifikan antara mahasiswa
UIEU yang mengikuti training ESQ dengan yang tidak mengikuti training ESQ tidak
terbukti. Hal tersebut terjadi karena berdasarkan analisis tambahan diketahui bahwa
keikutsertaan dalam training ESQ hanya memberikan kontribusi sebesar 1,2% pada
kecerdasan emosi mahasiswa sedangkan 98,8% lainnya dipengaruhi oleh faktorfaktor
lain. Adapun faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan emosi yaitu faktor
internal antara lain meliputi kondisi fisik, kesehatan individu, pengalaman,
kemampuan berpikir serta motivasi dan faktor eksternal antara lain meliputi stimulus,
lingkungan atau situasi.
Contributor | : |
- Dra. Winanti Siwi Respati, Psi.
- Ir. Aziz Lutfi, M.
| Date Create | : | 21/12/2013 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-2005-71-029 | Collection ID | : | 2005-71-029 |
Source : Perpustakaan Esa Unggul
Relation Collection: Universitas Esa Unggul
Coverage : Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : Copyright @2013 by UEU Library
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/perbedaan-kecerdasan-emosional-mahasiswa-uieuyang-mengikuti-training-esq-dengan-yang-tidakmengikuti-training-esq-1553.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-1553-COVER.pdf - 18 KB
- UEU-Undergraduate-1553-TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf - 10 KB
- UEU-Undergraduate-1553-SURAT PERNYATAAN.pdf - 10 KB
- UEU-Undergraduate-1553-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - 10 KB
- UEU-Undergraduate-1553-ABSTRAK.pdf - 12 KB
- UEU-Undergraduate-1553-KATA PENGANTAR.pdf - 15 KB
- UEU-Undergraduate-1553-DAFTAR ISI.pdf - 14 KB
- UEU-Undergraduate-1553-DAFTAR TABEL.pdf - 12 KB
- UEU-Undergraduate-1553-DAFTAR PUSTAKA.pdf - 16 KB
- UEU-Undergraduate-1553-LAMPIRAN.pdf - 128 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-1553-BABII.pdf - 51 KB 2. UEU-Undergraduate-1553-BABIII.pdf - 75 KB 3. UEU-Undergraduate-1553-BABIV.pdf - 87 KB 4. UEU-Undergraduate-1553-BABV.pdf - 15 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1969999
Hits Today : 18965
Total Hits : 154435293
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|