|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Journal » Psikologi Posted by [email protected] at 01/10/2021 10:53:45 • 521 Views
PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HARDINESS PADA SANTRI MTS PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM 1 TANGERANGCreated by :
Nadia Merianda ( 201571080 ) Yuli Asmi Rozali
Subject: | PRESTASI SISWA PENDIDIKAN | Alt. Subject : | ACHIEVEMENT STUDENT EDUCATION | Keyword: | self regulated learning hardiness santri |
Description:
Pondok pesantren Daar El-Qolam 1 memiliki sistem pendidikan yang memadukan pengajaran pesantren tradisional dan pendidikan umum dengan jadwal yang padat. Santri baru yang berlatar belakang dari SD reguler yang belum memiliki pengalaman belajar dan tinggal di pondok perlu memiliki ketangguhan atau hardiness agar mampu bertahan terhadap tuntuan yang baru dan mampu berprestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hardiness adalah kemampuan santri dalam mengatur dirinya dalam belajar atau self regulated learning. Rancangan penelitian ini studi kuantitatif berjenis kausal komperatif dengan teknik Purposive sampling dengan sampel sebanyak 93 santri kelas 1 lulusan SD reguler biasa. Alat ukur yang digunakan adalah skala Hardiness dengan (α) = 0,813 dengan 13 aitem yang valid dan skala self regulated learning dengan (α) = 0,804 dengan 16 aitem valid. Hasil uji regresi diketahui bahwa terdapat pengaruh self regulated learning terhadap hardiness dengan sig. (p) sebesar 0,000 (p < 0,05) artinya, hipotesis diterima. Temuan penelitian menunjukan bahwa santri yang masuk pesantren karena alasan sendiri memiliki hardiness tinggi, santri yang pernah memiliki prestasi di bidang akademik lebih banyak memiliki hardiness yang rendah, dan santri yang memiliki cara belajar serta tujuan setelah lulus keduanya lebih banyak yang memiliki hardiness tinggi.
Date Create | : | 01/10/2021 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Journal-11_1894 | Collection ID | : | 11_1894 |
Source : JCA Psikologi Volume 1 Nomor 1 Januari - Maret 2020
Relation Collection: Fakultas Psikologi
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2021 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-self-regulated-learning-terhadap-hardiness-pada-santri-mts-pondok-pesantren-daar-elqolam-1-tangerang-22015.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Journal-22015-11_1894.pdf - 867 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
[ Link of Contents]
- PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HARDINESS PADA SANTRI MTS PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM 1 TANGERANG
https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jpsy/article/view/43
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 4
Total Visitor : 1970151
Hits Today : 95147
Total Hits : 159394642
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|