|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Teknik Industri Posted by [email protected] at 25/06/2015 11:44:25 • 1589 Views
PENENTUAN KESEIMBANGAN LINTASAN OPTIMAL
DENGAN MENGGUNAKAN METODE HEURISTIKDETERMINATION OF OPTIMAL LINE BALANCING
USING HEURISTIC METHODSCreated by :
Taufiqur Rachman ST., MT ( 0315077803 )
Subject: | LINTASAN OPTIMAL METODE HEURISTIK | Alt. Subject : | HELGESSON BIRNIE RANKED POSITIONAL WEIGHT LARGEST CANDIDATE RULE J WAGON | Keyword: | Keseimbangan Lintasan Metode Heuristik Metode Helgesson Birnie Ranked Positional Weight (RPW) Metode Largest Candidate RulE Metode J-Wagon
|
Description:
Penelitian ini bertujuan untuk penentuan keseimbangan lintasan optimal dengan
menggunakan metode heuristik, dengan objek penelitian pada sebuah proses perakitan
salah satu komponen kendaraan bermotor di PT.CSI agar menghasilkan keluaran secara
optimal, sehingga dapat mencapai sasaran secara tepat waktu, tepat jumlah, tepat mutu
dengan biaya yang lebih effisien.
Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode heuristik
keseimbangan lintasan. Metode ini menggunakan aturan-aturan yang logis dalam
memecahkan masalah. Metode heuristik yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu:
Metode Helgesson-Birnie/Ranked Positional Weight (RPW), Metode Largest Candidate
Rule dan Metode J-Wagon. Model heuristik tidak menjamin hasil optimal, tetapi model ini
dirancang untuk menghasilkan strategi yang relatif lebih baik dengan mengacu pada
pembatas-pembatas tertentu.
Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan perubahan
untuk perbaikan lintasan, karena dalam penelitian ini akan membandingkan beberapa
metode yang terdapat dalam metode heuristik keseimbangan lintasan.
Target luaran yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penentuan metode
keseimbangan lintasan yang optimal berdasarkan nilai peningkatan nilai efisiensi lintasan
dan pengurangan waktu menganggur.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ketiga metode heuristik yang
digunakan menghasilkan keluaran potensial yang sama-sama optimal yaitu efisiensi lini
sebesar 85,20%, balanced delay sebesar 14,80%, dan total waktu menganggur sebesar
340,76 detik dengan jumlah stasiun kerja sebesar 8 stasiun kerja.
Dengan menggunakan metode heuristik keseimbangan lintasan, terjadi peningkatan
efisiensi sebesar 59,17%, dan penurunan balanced delay sebesar 65,17%, serta
pengurangan total waktu menganggur sebesar 5238,6 detik.
Beberapa saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini antara lain: untuk
penelitian selanjutnya agar menggunakan metode keseimbangan lintasan yang lain agar
dapat diketahui perbandingan hasil keluaran potensialnya. Untuk PT. CSI agar melakukan
perbaikan terhadap lintasan perakitannya sesuai dengan hasil perhitungan keseimbangan
lintasan.
Alt. Description
This research aims to determine the optimal line balancing using heuristic methods,
with the object of the research in an automotive component assembly process at PT.CSI, in
order to produce optimal output, so it can be achieve the objectives in a timely manner, the
right quantity, right quality and cost more efficiently.
The method used in this research is line balancing heuristic methods. This method
uses logical rules in solving problems. Heuristic methods that used in this research are:
Helgesson-Birnie Method/Ranked Positional Weight (RPW), Largest Candidate Rule
Method dan J-Wagon Method. Heuristic model does not guarantee optimal results, but this
model is designed to produce a relatively better strategy with reference to certain
constraints.
The benefit of this research for consideration in making changes to repair lines,
because in this study will compare several methods contained in line balancing heuristic
methods.
Target outcomes to be achieved in this research is the determination of the optimal
line balancing method based on the value of the increase in the value of line efficiency and
idle time reduction.
From this research it can be know that the three heuristic methods are used,
resulting potential output are equally optimal, the line efficiency is 85,20%, balanced delay
is 14,80%, and total idle time is 340,76 seconds with the number of work stations is 8 work
stations.
By using the heuristic methods of line balancing, there was an increase in
efficiency is 59,17%, and a decrease in balanced delay is 65,17%, and a total reduction of
idle time is 5238,6 seconds.
Some advices that can be given in this study are: to further research in order to use
other line balancing methods to gain more knowledge of the output potential ratio. For PT. CSI, in order to make improvements to the assembling lines in accordance the result of
computation of line balancing.
Date Create | : | 25/06/2015 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-0315077803_240715 | Collection ID | : | 0315077803_240715 |
Source : LAPORAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL
Relation Collection: FAKULTAS TEKNIK
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2014 LPPM
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/penentuan-keseimbangan-lintasan-optimaldengan-menggunakan-metode-heuristik-5633.html
[ Free Download - Free for All ]
...No Files...
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Research-5633-Laporan_Penelitian_Hibah_Internal2015_Taufiq.pdf - 1697 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
No related subject found !
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970032
Hits Today : 6410
Total Hits : 155171071
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|