|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Kesehatan Masyarakat Posted by [email protected] at 27/08/2016 11:25:48 • 2085 Views
EVALUASI MUTU PELAYANAN APOTEK RAWAT JALAN BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT RAWALUMBU BEKASICreated by :
ALMIRA RISTIZSA SHABRINA DA COSTA ( 201231023 )
Subject: | MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN | Alt. Subject : | QUALITY SERVICE OUTPATIENT | Keyword: | standar pelayanan kefarmasian spm rumah sakit bidang farmasi dimesi waktu pelayanan obat tingkat kepuasan |
Description:
Pelayanan apotek di suatu rumah sakit dikelola oleh unit atau instalasi farmasi yang bertugas menyelenggarakan, mengkoordinasikan, mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan pelayanan apotek. Pelayanan farmasi merupakan salah satu dari pelayanan rumah sakit dalam rangka menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Masalah pada dimensi waktu pelayanan obat serta tingkat kepuasan konsumen menjadi indikator utama dalam menjamin mutu pelayanan farmasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien dan dimesi waktu pelayanan obat pada apotek rawat jalan instalasi farmasi rumah sakit rawalumbu.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan observasional yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 171 responden.
Hasil penelitian didapatkan bahwa melalui Importance and Performance Analysis terdapat 6 atribut yang peranannya dianggap paling penting tetapi pasien belum merasa puas dengan kinerjanya yaitu cara mendapatkan obat mudah, jam buka pelayanan tepat waktu, pelayanan obat dilayani dengan baik soal meminta penjelasan tentang obat, ruang tunggu yang bersih, tempat duduk di ruang tunggu yang nyaman, suasana ruang tunggu yang tenang. Dari perhitungan menggunakan gap analysis diperoleh bahwa atribut yang mempunyai gap paling besar adalah atribut atribut suasana ruang tunggu yang tenang, tenaga farmasi memberikan jasa pelayanan konsultasi yang memuaskan , dan petugas tanggap terhadap masalah pasien sehingga atribut-atribut tersebut harus diprioritaskan untuk ditingkatkan kinerjanya. Lalu untuk penilaian yang didasarkan pada standar pelayanan kefarmasian didapatkan bahwa dimensi tangibles diperoleh sebesar 85,35 persen, dimensi reliability sebesar 88,10 persen, dimensi assurance 85, 91 persen, dimensi emphaty sebesar 80,94 persen, dan pada dimensi responsiveness sebesar persen. Untuk rata-rata waktu pelayanan obat sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh SPM-RS bidang farmasi menurut Menkes RI No. 129 tahun 2008, yaitu resep obat jadi kurang dari 30 menit dan resep obat racikan kurang dari 60 menit.
Contributor | : |
- Dr.Aprilita Rina Yanti Eff.,M.Biomed,Apt
| Date Create | : | 27/08/2016 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-201231023 | Collection ID | : | 201231023 | Call Number | : | 31-2016-S061 |
Source : Undergraduate Theses of Public Health
Relation Collection: Fakultas Ilmu Kesehatan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/evaluasi-mutu-pelayanan-apotek-rawat-jalan-berdasarkan-standar-pelayanan-kefarmasian-di-rumah-sakit-rawalumbu-bekasi-7264.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-7264-COVER.pdf - 24 KB
- UEU-Undergraduate-7264-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - 42 KB
- UEU-Undergraduate-7264-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - 34 KB
- UEU-Undergraduate-7264-SURAT PERNYATAAN.pdf - 25 KB
- UEU-Undergraduate-7264-RIWAYAT HIDUP PENELITI.pdf - 117 KB
- UEU-Undergraduate-7264-ABSTRAK.pdf - 9 KB
- UEU-Undergraduate-7264-KATA PENGANTAR.pdf - 141 KB
- UEU-Undergraduate-7264-JURNAL.pdf - 270 KB
- UEU-Undergraduate-7264-DAFTAR ISI.pdf - 22 KB
- UEU-Undergraduate-7264-DAFTAR TABEL.pdf - 88 KB
- UEU-Undergraduate-7264-LAMPIRAN.pdf - 1008 KB
- UEU-Undergraduate-7264-DAFTAR PUSTAKA.pdf - 94 KB
- UEU-Undergraduate-7264-BABI.pdf - 203 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-7264-BABII.pdf - 346 KB 2. UEU-Undergraduate-7264-BABIII.pdf - 485 KB 3. UEU-Undergraduate-7264-BABIV.pdf - 686 KB 4. UEU-Undergraduate-7264-BABV.pdf - 181 KB 5. UEU-Undergraduate-7264-BABVI.pdf - 113 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970007
Hits Today : 58312
Total Hits : 154569120
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|