|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Rekam Medis Posted by [email protected] at 21/10/2016 10:34:06 • 848 Views
MODEL PENERIMAAN (ACCEPTANCE) P-CARE BPJS DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKATCreated by :
Hosizah, S.KM, M.KM ( 0319027101 )
Subject: | MODEL LAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT | Alt. Subject : | MODEL SERVICE HEALTH COMMUNITY | Keyword: | technology acceptance model (tam) p-care bpjs puskesmas |
Description:
Sistem Informasi Kesehataan (SIK) di sebagian besar negara tidak memadai dalam memberikan dukungan yang dibutuhkan manajemen. Hasil evaluasi SIK di Indonesia oleh Pusdatin Kemenkes RI pada tahun 2007 dengan menggunakan perangkat Health Metrics Network-World Health Organization (HMN-WHO) yang terdiri dari 6 komponen SIK, diketahui bahwa secara umum SIK di Indonesia ada tapi tidak adekuat. Komponen sumber daya (47%), indikator (61%), sumber data (51%), kualitas data (55%), penggunaan dan diseminasi data (57%) serta manajemen data (35%). Pusdatin Kemenkes RI menyatakan bahwa sistem informasi elektronik yang digunakan di Puskesmas berbeda-beda, bersumber dari program Kab/Kota/Prov ataupun Donor. Hasil survey di Nusa Tenggara Barat diketahui bahwa Puskesmas membuat sebanyak lebih dari 300 laporan per tahun melalui 8 macam software yang tersedia, hal ini menimbulkan petugas tidak konsentrasi atau asal entry. Setiap sistem berbeda data base dan tidak terintegrasi satu dengan yang lainnya. Sistem informasi elektronik seperti rekam medis elektronik (EMR) semakin diadopsi di bidang kesehatan. Satu-satunya software di Indonesia yang digunakan di Puskesmas dan mendekati konsep EMR adalah p-care BPJS. P-Care BPJS sering dikenal dengan p- care BPJS Kesehatan adalah aplikasi sistem informasi pelayanan pasien berbasis webase yang disediakan oleh BPJS Kesehatan diperuntukkan bagi para fasilitas kesehatan primer untuk memberikan kemudahan akses data ke server BPJS mencakup pendaftaran, penegakan diagnosa, terapi, hingga pelayanan laboratorium. Akhir-akhir ini kegagalan implementasi sistem informasi elektronik diketahui selain disebabkan oleh kualitas aspek teknis juga disebabkan perilaku atau penerimaan penggunanya. Model penerimaan sistem informasi yang dianggap sangat berpengaruh dan umumnya digunakan untuk menjelaskan penerimaan individual terhadap sistem informasi elektronik adalah Technology Acceptance Model atau TAM. Sampai saat ini di Indonesia penelitian yang menjelaskan penerimaan individu terhadap penggunaan p- care BPJS belum pernah dilakukan. Penelitian ini ingin menganalisis model penerimaan (acceptance) p-care BPJS di Puskesmas. Penelitian dilakukan di lima kab/kota Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Bangkalan, Bondowoso, Lamongan, Malang dan Kota Kediri bulan Februari-Mei 2016. Jenis penelitian observasional dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian potong lintang (cross-sectional) digunakan untuk menganalisis model. Besar sampel 30 orang pengguna p-care BPJS dari 30 Puskesmas dengan teknik multistage random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Statistik inferensial dilakukan dengan uji Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program SmartPLS 3.0 terdiri dari dua fase, yaitu fase measurement model dan structural model. Hasil analisis data pada fase measurement model diketahui bahwa model pengukuran dinyatakan fit (baik) dan dinyatakan memenuhi reliability, convergent
iv
validity, dan discriminant validity. Pada fase structural model menunjukkan model penerimaan p-care BPJS di Puskesmas dibentuk oleh Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) melalui Attitude towards Use p-care BPJS dan Behavioral Intention to Use p-care BPJS. Nilai GoF sebesar 0.741 maka dapat disimpulkan bahwa GoF model penerimaan p-care BPJS di Puskesmas termasuk dalam kategori baik (fit). Hasil analisis model tersebut memperlihatkan bahwa besarnya R2 untuk perilaku penggunaan p-care BPJS di Puskesmas adalah 0.790. Hal ini berarti bahwa keragaman data perilaku penggunaan p-care BPJS di Puskesmas yang dapat dijelaskan oleh konstruk tersebut sebesar 79% sisanya sebesar 21% dijelaskan oleh selain konstruk tersebut yang tidak dimasukkan dalam model. Anteseden penentu model penerimaan p-care BPJS Kesehatan di Puskesmas adalah Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU). Dengan demikian pengguna p-care BPJS Kesehatan perlu dilatih secara berkelanjutan agar selalu termutakhirkan pemahaman dalam pengoperasiannya dengan versi terkini.
Date Create | : | 21/10/2016 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-0319027101_100616 | Collection ID | : | 0319027101_100616 |
Source : LAPORAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL
Relation Collection: Fakultas Ilmu Kesehatan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2016 LPPM
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/model-penerimaan-acceptance-pcare-bpjs-di-pusat-kesehatan-masyarakat-7816.html
[ Free Download - Free for All ]
...No Files...
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Research-7816-HOSIZAH_Dr_SKM_MKM.pdf - 1448 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970037
Hits Today : 18687
Total Hits : 155262477
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|