Tujuan penelitian ini ialah mengetahui sampai sejauhmanakah Harian Berita Kota, Pos
Kota dan Warta Kota memenuhi delapan syarat penulisan judul berita dan Apakah
kecenderungan jenis lead yang kerap kali diterapkan oleh ketiga media ini. Metode
penelitian ialah Analisis Isi Deskriptif.
Hasil penelitian dari 87 sampel mengenai pemenuhan syarat penulisan judul berita dan
kecenderungan jenis lead pada berita utama Berita Kota, Pos Kota dan Warta Kota Edisi
April 2010, sebagai berikut ;
BERITA KOTA; Syarat judul ; kategori provokatif, terpenuhi 79,31% dan tidak
terpenuhi 20,69%. Kategori singkat dan padat, terpenuhi 100% dan tidak terpenuhi 0 %.
Kategori relevan, terpenuhi 68,97% dan tidak terpenuhi 31,03%. Kategori fungsional,
terpenuhi 100% dan tidak terpenuhi 0%. Kategori formal, terpenuhi 62,07 dan tidak
terpenuhi 37,93%. Kategori representatif, terpenuhi 82,76% dan tidak terpenuhi 17,24%.
Kategori bahasa baku, terpenuhi 55,17% dan tidak terpenuhi 44,83%. Kategori spesifik,
terpenuhi 37,93% dan tidak terpenuhi 62,07%. Variabel penerapan jenis lead ; name,
24,14%, what 24,14%, who17,24%, how 13,79%, summary 13,78%, why 3,45% dan
when 3,45%.
POS KOTA; syarat judul ; kategori provokatif, terpenuhi 100%. Kategori singkat dan
padat, terpenuhi 89,65% dan tidak terpenuhi 10,34%. Kategori relevan, terpenuhi 79,31%
dan tidak terpenuhi 20,69. Kategori fungsional, terpenuhi 82,76% dan tidak terpenuhi
17,24%. Kategori formal, terpenuhi 37,93% dan tidak terpenuhi 62,07. kategori
representatif, terpenuhi 86,21% dan tidak terpenuhi 13,79%. Kategori bahasa baku,
terpenuhi 41,38% dan tidak terpenuhi 58,62%. Kategori spesifik terpenuhi 75,86% dan
tidak terpenuhi 24,14%. Variabel jenis lead; Who 34,48%, Why 20,7%, Name 17,24%,
Summary 10,34%, How, 6,89%, What 3,45%, Epigram 3,45% dan Condition 3,45%.
WARTA KOTA; Syarat Judul; kategori provokatif, terpenuhi 79,31% dan tidak
terpenuhi 20,69%. Kategori singkat dan padat, terpenuhi 100%. Kategori relevan,
terpenuhi 72,41% dan tidak terpenuhi 27,59%. Kategori fungsional, terpenuhi 93,10%
dan tidak terpenuhi 6,9%. Kategori formal, terpenuhi 48,27% dan tidak terpenuhi
51,72%. Kategori representatif, terpenuhi 86,21% dan tidak terpenuhi 13,79%. Kategori
bahasa baku, terpenuhi 48,27% dan tidak terpenuhi 51,72%. Kategori spesifik, terpenuhi
65,52% dan tidak terpenuhi 34,48%. Variable jenis lead; Who 31,03%, Name 31,03%,
Statement 10,34%, How 6,9%, Summary 6,9%, What 3,45%, Why 3,35%, Where 3,45%
dan When 3,45%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah untuk variable syarat judul,
khalayak menjadi prioritas dan demi tercapainya kebutuhan pembaca syarat judul kurang
dipenuhi. Untuk variable jenis lead, lead who dan what cenderung diterapkan karena
menonjolkan sosok nama atau institusi menarik perhatian