EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Psikologi
Posted by [email protected] at 29/08/2013 14:57:03  •  4299 Views


HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMAN 1 SERANG

Created by :
LINA NURLAILA ( 200571094 )



SubjectHUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU
Alt. Subject HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU
KeywordPERSEPSI
SISWA
GAYA MENGAJAR
GURU
MOTIVASI
PRESTASI

Description:

Guru berperan penting dalam proses pendidikan anak di sekolah, bagaimana guru mengajar, berperilaku dan bersikap memiliki pengaruh terhadap siswanya. Guru yang mampu memahami keinginan siswa akan lebih mudah membangkitkan motivasi dalam diri siswanya. Jika tiap guru memiliki gaya pengajaran yang tepat bagi siswanya, maka akan lebih mudah membina hubungan baik dalam kelas, sehingga kegiatan belajar mengajar akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Kemungkinan siswa akan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi jika guru dapat memberikan kontribusinya dengan baik dalam mendidik para siswanya. Pentingnya persepsi tentang gaya mengajar dalam dunia pendidikan, dimana persepsi tentang gaya mengajar dapat meningkatkan bahkan bisa jadi menurunkan motivasi berprestasi siswa. Setiap guru tentunya memiliki gayamengajarnya masing-masing dan memiliki dampak yang berbeda pula terhadap motivasi berprestasi para siswanya. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalahapakah persepsi siswa tentang gaya mengajar guru berhubungan dengan motivasi berprestasi siswa SMAN 1 Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data Pearson Correlationyaitu untuk mencari apakahterdapat hubungan antara persepsi siswa tentang gaya mengajar gurudengan motivasi berprestasinya. Sampel penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Serang dengan jumlah populasi 140 yang kemudian diambil menjadi 100 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur berupa kuesioner yang disusun berdasarkan teori Rohani untuk persepsi tentang gaya mengajar dan McClelland untuk skala motivasi berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mempersepsikan gurunya sebagai guru yang demokratis cenderung memiliki motivasi berprestasi tinggi. Sedangkan siswa yang mempersepsikan gurunya sebagai guru yang otoriter dan permisif cenderung memiliki motivasi rendah. Analisis statistik menggunakan Pearson Correlation, diperoleh nilai r=0,473 dan nilai p= 0,001 <0,01, dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang gaya mengajar dengan motivasi berprestasi siswa SMAN 1 Serang. Semakin positif persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, maka semakin tinggi motivasi berprestasi siswa. Berdasarkan data demografik subyek didapatkan bahwa siswa yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi adalah siswa yang berjenis kelamin perempuan, dengan status orang tua tunggal (status ayah meninggal, dan status ibu meninggal), yang orang tuanya bekerja sebagai PNS dan wiraswasta, serta siswa yang orang tuanya dengan status pendidikan tinggi (D3 dan S2).

Date Create:29/08/2013
Type:Text
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-200571094
Collection ID:200571094


Coverage :
Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
Copyright @2013 by UEU Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the UEU Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to UEU Library


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-persepsi-siswa-tentang-gaya-mengajar-guru-dengan-motivasi-berprestasi-siswa-sman-1-serang-381.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-381-ABSTRAK.pdf - 10 KB
  2.  UEU-Undergraduate-381-BAB_I.pdf - 116 KB
  3.  UEU-Undergraduate-381-COVER.pdf - 21 KB
  4.  UEU-Undergraduate-381-DAFTAR_BAGAN.pdf - 7 KB
  5.  UEU-Undergraduate-381-DAFTAR_ISI.pdf - 12 KB
  6.  UEU-Undergraduate-381-DAFTAR_RUMUS.pdf - 8 KB
  7.  UEU-Undergraduate-381-DAFTAR_TABEL.pdf - 9 KB
  8.  UEU-Undergraduate-381-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - 10 KB
  9.  UEU-Undergraduate-381-KATA_PENGANTAR.pdf - 15 KB
  10.  UEU-Undergraduate-381-LAMPIRAN.pdf - 45 KB
  11.  UEU-Undergraduate-381-LEMBAR-PENGESAHAN.pdf - 10 KB
  12.  UEU-Undergraduate-381-LEMBAR-PERNYATAAN.pdf - 7 KB
  13.  UEU-Undergraduate-381-TANDA_PERSETUJUAN.pdf - 7 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-381-BAB_II.pdf - 126 KB
  2. UEU-Undergraduate-381-BAB_III.pdf - 162 KB
  3. UEU-Undergraduate-381-BAB_IV.pdf - 201 KB
  4. UEU-Undergraduate-381-BAB_V.pdf - 91 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

GAYA , GAYA MENGAJAR , GURU , MENGAJAR , MOTIVASI , PERSEPSI , PRESTASI , SISWA



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




157267658


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970109

Hits Today : 19201
Total Hits : 157267658

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan