|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Psikologi Posted by [email protected] at 29/08/2013 14:57:03 • 4299 Views
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA
MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
SISWA SMAN 1 SERANGCreated by :
LINA NURLAILA ( 200571094 )
Subject: | HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA
MENGAJAR GURU | Alt. Subject : | HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA
MENGAJAR GURU | Keyword: | PERSEPSI SISWA GAYA
MENGAJAR GURU MOTIVASI PRESTASI
|
Description:
Guru berperan penting dalam proses pendidikan anak di sekolah, bagaimana
guru mengajar, berperilaku dan bersikap memiliki pengaruh terhadap siswanya. Guru
yang mampu memahami keinginan siswa akan lebih mudah membangkitkan motivasi
dalam diri siswanya. Jika tiap guru memiliki gaya pengajaran yang tepat bagi
siswanya, maka akan lebih mudah membina hubungan baik dalam kelas, sehingga
kegiatan belajar mengajar akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan.
Kemungkinan siswa akan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi jika guru dapat
memberikan kontribusinya dengan baik dalam mendidik para siswanya. Pentingnya
persepsi tentang gaya mengajar dalam dunia pendidikan, dimana persepsi tentang
gaya mengajar dapat meningkatkan bahkan bisa jadi menurunkan motivasi berprestasi
siswa. Setiap guru tentunya memiliki gayamengajarnya masing-masing dan memiliki
dampak yang berbeda pula terhadap motivasi berprestasi para siswanya. Masalah
yang diajukan dalam penelitian ini adalahapakah persepsi siswa tentang gaya
mengajar guru berhubungan dengan motivasi berprestasi siswa SMAN 1 Serang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis
data Pearson Correlationyaitu untuk mencari apakahterdapat hubungan antara
persepsi siswa tentang gaya mengajar gurudengan motivasi berprestasinya. Sampel
penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Serang dengan jumlah populasi 140 yang
kemudian diambil menjadi 100 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah
random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur berupa
kuesioner yang disusun berdasarkan teori Rohani untuk persepsi tentang gaya
mengajar dan McClelland untuk skala motivasi berprestasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mempersepsikan gurunya
sebagai guru yang demokratis cenderung memiliki motivasi berprestasi tinggi.
Sedangkan siswa yang mempersepsikan gurunya sebagai guru yang otoriter dan
permisif cenderung memiliki motivasi rendah. Analisis statistik menggunakan
Pearson Correlation, diperoleh nilai r=0,473 dan nilai p= 0,001 <0,01, dengan
demikian terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang gaya
mengajar dengan motivasi berprestasi siswa SMAN 1 Serang. Semakin positif
persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, maka semakin tinggi motivasi berprestasi
siswa. Berdasarkan data demografik subyek didapatkan bahwa siswa yang memiliki
motivasi berprestasi yang tinggi adalah siswa yang berjenis kelamin perempuan,
dengan status orang tua tunggal (status ayah meninggal, dan status ibu meninggal),
yang orang tuanya bekerja sebagai PNS dan wiraswasta, serta siswa yang orang
tuanya dengan status pendidikan tinggi (D3 dan S2).
Date Create | : | 29/08/2013 | Type | : | Text | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-200571094 | Collection ID | : | 200571094 |
Coverage : Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : Copyright @2013 by UEU Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the UEU Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to UEU Library
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-persepsi-siswa-tentang-gaya-mengajar-guru-dengan-motivasi-berprestasi-siswa-sman-1-serang-381.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-381-ABSTRAK.pdf - 10 KB
- UEU-Undergraduate-381-BAB_I.pdf - 116 KB
- UEU-Undergraduate-381-COVER.pdf - 21 KB
- UEU-Undergraduate-381-DAFTAR_BAGAN.pdf - 7 KB
- UEU-Undergraduate-381-DAFTAR_ISI.pdf - 12 KB
- UEU-Undergraduate-381-DAFTAR_RUMUS.pdf - 8 KB
- UEU-Undergraduate-381-DAFTAR_TABEL.pdf - 9 KB
- UEU-Undergraduate-381-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - 10 KB
- UEU-Undergraduate-381-KATA_PENGANTAR.pdf - 15 KB
- UEU-Undergraduate-381-LAMPIRAN.pdf - 45 KB
- UEU-Undergraduate-381-LEMBAR-PENGESAHAN.pdf - 10 KB
- UEU-Undergraduate-381-LEMBAR-PERNYATAAN.pdf - 7 KB
- UEU-Undergraduate-381-TANDA_PERSETUJUAN.pdf - 7 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-381-BAB_II.pdf - 126 KB 2. UEU-Undergraduate-381-BAB_III.pdf - 162 KB 3. UEU-Undergraduate-381-BAB_IV.pdf - 201 KB 4. UEU-Undergraduate-381-BAB_V.pdf - 91 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970109
Hits Today : 31293
Total Hits : 157279750
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|