EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Undergraduate Theses » Sistem Informasi
Posted by [email protected] at 30/05/2024 13:40:36  •  297 Views


PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN WAYANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAMIFICATION (STUDI KASUS : MUSEUM WAYANG, JAKARTA)

Created by :
GITA ARIZKHA KHOERIAH ( 201583071 )



SubjectAPLIKASI PEMBELAJARAN
WAYANG
METODE GAMIFICATION
Alt. Subject LEARNING APPLICATIONS
Puppetry
GAMIFICATION METHOD
KeywordMedia Pembelajaran
Wayang
Gamification
Prototyping

Description:

Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Saat ini semakin banyak generasi muda yang tidak mengenal tentang tokoh-tokoh dalam perwayangan. Dunia pewayangan saat ini menghadapi tantangan besar dalam menjangkau khalayak generasi muda. Perkembangan teknologi telah berdampak terhadap perkembangan games, yang membuat para pendidik semakin kreatif dalam mendesain proses pembelajarannya. Aplikasi pembelajaran wayang menggunakan gamifikasi dengan wayang sebagai objek pembelajaran karena untuk meningkatkan minat belajar wayang. Pengguna akan melihat cerita mengenai wayang dan memainkan permainan dimana belajar seolah-olah sedang bermain game sehingga terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Gamification adalah pendekatan pembelajaran menggunakan elemen-elemen di dalam game atau video game dengan tujuan memotivasi para pengguna dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan enjoy dan engagement terhadap proses pembelajaran tersebut, selain itu, media ini dapat digunakan untuk menangkap hal-hal yang menarik minat pengguna dan menginspirasinya untuk terus melakukan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran menggunakan gamifikasi, memberikan alternatif untuk membuat proses belajar lebih menarik, menyenangkan dan efektif. Walaupun menggunakan mekanika permainan, menerapkan gamifikasi tidak selalu harus membuat sebuah games, tetapi bagaimana membuat pembelajaran lebih menyenangkan, membangun engagement dengan tanpa disadari oleh para pembelajar. Pada penelitian ini, dihasilkan perancangan media pembelajaran wayang Gamifikasi dengan prototyping, yang membantu meningkatkan pembelajaran yang interaktif dan menarik sesuai dengan kebutuhan pengguna

Contributor:
  1. INDRIANI NOOR HAPSARI, ST, MT
Date Create:30/05/2024
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Undergraduate-201583071
Collection ID:201583071


Source :
Undergraduate Theses of Information System

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Komputer

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2024 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/perancangan-aplikasi-pembelajaran-wayang-dengan-menggunakan-metode-gamificationstudi-kasus--museum-wayang-jakarta-34004.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Undergraduate-34004-COVER.Image.Marked.pdf - 194 KB
  2.  UEU-Undergraduate-34004-HALAMAN PENGESAHAN.Image.Marked.pdf - 740 KB
  3.  UEU-Undergraduate-34004-HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.Image.Marked.pdf - 459 KB
  4.  UEU-Undergraduate-34004-HALAMAN KEASLIAN.Image.Marked.pdf - 362 KB
  5.  UEU-Undergraduate-34004-ABSTRAK.Image.Marked.pdf - 378 KB
  6.  UEU-Undergraduate-34004-KATA PENGANTAR.Image.Marked.pdf - 571 KB
  7.  UEU-Undergraduate-34004-DAFTAR ISI.Image.Marked.pdf - 677 KB
  8.  UEU-Undergraduate-34004-DAFTAR PUSTAKA.Image.Marked.pdf - 456 KB
  9.  UEU-Undergraduate-34004-LAMPIRAN.Image.Marked.pdf - 961 KB
  10.  UEU-Undergraduate-34004-BAB1.Image.Marked.pdf - 631 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Undergraduate-34004-BAB2.Image.Marked.pdf - 537 KB
  2. UEU-Undergraduate-34004-BAB3.Image.Marked.pdf - 429 KB
  3. UEU-Undergraduate-34004-BAB4.Image.Marked.pdf - 3951 KB
  4. UEU-Undergraduate-34004-BAB5.Image.Marked.pdf - 359 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Gamification , Media , Media Pembelajaran , Pembelajaran , Prototyping , Wayang



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




154624690


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970008

Hits Today : 19857
Total Hits : 154624690

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan