Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan
pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Garuda Indonesia
kepada pelanggan Garuda Indonesia yang telah menggunakan jasa pelayanan
transportasi udara terhadap kepuasan kepuasa pelanggan sehingga nantinya
dapat memberikan input atau saran kepada pihak maskapai Garuda Indonesia.
Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan korelasi Rank
Spearman
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian, diketahui bahwa dari total
nilai yang diperoleh setiap dimensi kualitas pelayanan didapat nilai bobot
sebesar 424 yaitu berada dirage 420-500, yang berarti sangat baik, sehingga
dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan di kabin pesawat Garuda
Indonesia secara keseluruhan dinilai sangat baik. Diketahui bahawa dari total
yang diperoleh setiap dimensi kepuasan pelanggan didapat nilai bobot sebesar
424 yaitu berada dirage 420-500, yang berarti sangat puas, sehingga dapat
disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan di kabin pesawat Garuda Indonesia
secara keseluruhan dinilai sangat puas.
Nilai kolerasi dari yang diperoleh dari uji analisis Rank Spearman
adalah 0.990 yang artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara
kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pelanggan Garuda Indonesia saat
di kabin pesawat, dimana semakin baik pelaksanaan kualitas pelayanan
semakin puas pelanggannya, dan nilai kolerasi untuk setiap masing-masing
dimensi yaitu: dimesi Tangible sebesar 0,831, dimensi Reliability sebesar
0,862, dimensi Responsiveness sebesar 0,831, dimensi Assurance sebesar
0,777, dan dimensi Emphaty sebesar 0,797.
Nilai R Square atau besarnya pengaruh dari lima dimensi kualitas
pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah untuk dimesi
Tangible sebesar 70,1%, dimensi Reliability sebesar 70,4%, dimensi
Responsiveness sebesar 63,3%, dimensi Assurance sebesar 69,2%, dan
dimensi Emphaty sebesar 70,2%.