Penelitian ini dilatar belakangi karena banyak tindak kekerasan dan
kenakalan yang dilakukan oleh pelajar, dunia pendidikan yang masih
mengutamakan kognitifnya saja, dan aspek soft skills atau nonakademik peserta
didik tidak diperhatikan dan diabaikan. Pendidikan karakter di SDN Kelapa Dua
06 Pagi diterapkan melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap harinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang
diterapkan, kegiatan pembiasaan yang dilakukan, dan penerapan pendidikan
karakter melalui pembiasaan yang dilakukan di SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis
dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi
metode dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang
diterapkan di SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta yaitu religius, disiplin, dan peduli
lingkungan. Kegiatan pembiasaan yang dilakukan di SDN Kelapa Dua 06 Pagi
Jakarta meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian.
Kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap hari Senin � Jum�at adalah upacara
bendera, SKJ (Senam Kesehatan Jasmani), GBS (Gerakan Bersih-Bersih Sehat-
Sehat), GLS (Gerakan Literasi Sekolah), PBB (Peraturan Baris-Berbaris), dan
Pengajian Mentari Pagi. Kegiatan spontan yang dilakukan adalah menegur,
menasihati, dan ketika memberikan hukuman. Keteladanan dengan memodelkan
dirinya sebagai contoh yang baik. Pengkondisian dengan menyediakan sarana
prasarana yang mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter. Penerapan
pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta
meliputi upacara bendera (disiplin dan cinta tanah air), GBS (peduli lingkungan),
SKJ dan PBB (disiplin), pengajian mentari pagi (religius dan disiplin), salat zuhur
(religius dan keteladanan), tugas piket (peduli lingkungan dan tanggung jawab),
berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran (religius), berbaris dan bersalaman
sebelum memasuki kelas (disiplin dan religius).