 |
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
 Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Public Relation Posted by [email protected] at 09/07/2018 16:31:08 • 1537 Views
STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS LION AIR DALAM MENGHADAPI PEMBERITAAN NEGATIF 2015-2016Created by :
DIAN SAFITRI ( 201152074 )
Subject: | BERITA PUBLIK ALTERNATIF | Alt. Subject : | NEWS PUBLIC ALTERNATIVE | Keyword: | strategi komunikasi krisis |
Description:
Public Relation juga turut berperan dalam merespon dan menanggapi berbagai pemberitaan-pemberitaan mengenai perusahaannya terkait dengan adanya permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Begitupun Divisi Public Relation Lion Air yang turut andil dalam berbagai komunikasi termasuk dalam menanggapi permasalahan adanya kesalahan menurunkan penumpang yang dilakukan oleh sopir Bus bus ground handling Lion Air yang menyebabkan para penumpang masuk ke Bandara Soekarno Hatta tanpa melalui proses imigrasi dan pemeriksaan bea cukai. Permasalahan inipun akhirnya muncul dan diberitakan di berbagai media. Atas dasar itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis langkahlangkah manajemen krisis Lion Air dalam menghadapi krisis dan juga untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Lion Air pasca krisis dalam memperbaiki citra perusahaan dan mempertahankannya sampai dengan saat ini.
Penelitian ini diklarifikasikan ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Qualitative research (riset kualitatif). Untuk memperoleh informasi, penulis melakukan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan, antara lain: Tidak ada strategi komunikasi khusus dari public Relation dalam menghadapi pemberitaan negatif terkait dengan adanya pemberitaan kesalahan menurunkan penumpang yang dilakukan. Public Relation Lion Air hanya melalui pendekatan terhadap media-media, mengevaluasi, dan terus meningkatkan perbaikan-perbaikan pelayanan. Terdapat beberapa kendala dalam menjalankan strategi dalam menanggapi pemberitaan-pemberitaan negatif yang melibatkan internal perusahaan Lion Air dan juga keluhan masyarakat. Mengingat kinerja Operasional Perusahaan masih belum stabil dan Lion Air merupakan salah satu Industri Airlines adalah bidang yang catchy karena ramai menjadi perbincangan publik, sehingga hal kecil yang terjadi pun bisa langsung menjadi sebuah berita yang trending dan kendala-kendala tersebut masih dalam proses evaluasi dan perbaikan. Pada saat terjadi krisis General Affair Director Lion Air maksimal 1 jam harus sudah mengeluarkan suatu pernyataan. Sedangkan bagi informan 2 dan 3 terlebih dahulu mengidentifikasi permasalahannya terlebih dahulu, kemudian menyamakan persepsi dan tujuan untuk melakukan pengertian dan perhatian. Dan strategi yang dilakukan saat terjadinya krisis adalah
v
melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mampu keluar dari keadaan krisis. Penelitian ini juga menemukan bahwasanya public relation Lion Air dalam menghadapi pemberitaan negatif yang tersebar adalah melalui pendekatan terhadap media-media, mengevaluasi, dan terus meningkatkan perbaikanperbaikan pelayanan. Strategi yang dilakukan public relation Lion Air saat terjadinya krisis adalah melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mampu keluar dari keadaan krisis. Dan selama periode 20152016, penulis menemukan informasi bahwasanya Lion Air banyak melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang aktif melakukan aksi-aksi sosial dalam membantu pihak-pihak yang membutuhkan, serta memiliki divisi khusus untuk melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yatu Lion Care.
Date Create | : | 09/07/2018 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-201152074 | Collection ID | : | 201152074 |
Source : Undergraduate Theses of Public Relation
Relation Collection: Fakultas Ilmu Komunikasi
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @perpustakaan Universitas Esa Unggul 2018
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/strategi-komunikasi-krisis-lion-air-dalam-menghadapi-pemberitaan-negatif-20152016-10889.html
[ Free Download - Free for All ]
UEU-Undergraduate-10889-cover.Image.Marked.pdf - 160 KB UEU-Undergraduate-10889-pengesahan.Image.Marked.pdf - 380 KB UEU-Undergraduate-10889-persetujuan.Image.Marked.pdf - 340 KB UEU-Undergraduate-10889-pernyataan.Image.Marked.pdf - 488 KB UEU-Undergraduate-10889-kata pengantar.Image.Marked.pdf - 327 KB UEU-Undergraduate-10889-abstrak.Image.Marked.pdf - 216 KB UEU-Undergraduate-10889-daftar isi.Image.Marked.pdf - 217 KB UEU-Undergraduate-10889-daftar gambar.Image.Marked.pdf - 203 KB UEU-Undergraduate-10889-daftar pustaka.Image.Marked.pdf - 243 KB UEU-Undergraduate-10889-lampiran 1.Image.Marked.pdf - 282 KB UEU-Undergraduate-10889-lampiran 2.Image.Marked.pdf - 363 KB UEU-Undergraduate-10889-lampiran 3.Image.Marked.pdf - 299 KB UEU-Undergraduate-10889-lampiran 4.Image.Marked.pdf - 310 KB UEU-Undergraduate-10889-lampiran 5.Image.Marked.pdf - 223 KB UEU-Undergraduate-10889-lampiran 6.Image.Marked.pdf - 580 KB UEU-Undergraduate-10889-bab 1.Image.Marked.pdf - 379 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-10889-bab2.Image.Marked.pdf - 647 KB 2. UEU-Undergraduate-10889-bab3.Image.Marked.pdf - 323 KB 3. UEU-Undergraduate-10889-bab4.Image.Marked.pdf - 817 KB 4. UEU-Undergraduate-10889-bab5.Image.Marked.pdf - 211 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

       
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970431
Hits Today : 106468
Total Hits : 176402612
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|