Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Joglo 04 Petang saat hasil menulis puisi pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan melalui observasi proses pembelajaran di dalam kelas, serta melalui wawancara dengan wali kelas V SDN Joglo 04 Petang. Hal ini pun diperkuat melalui data penilaian siswa menulis puisi dengan nilai klasikal sebesar 54,65%. Selain itu temuan yang diperoleh peneliti dari hasil observasi, guru tidak menggunakan media saat proses pembelajaran menulis puisi. Sehingga dari permasahalan tersebut dilaksanakan penelitian dengan tujuan meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur pengembahan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Joglo 04 Petang dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, motode dokumentasi, dan catatan harian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis puisi pada siswa. Proses pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan selama proses tindakan. Peningkatan nilai siswa menulis puisi pada siklus I sebesar 61,65%, meningkat pada siklus II sebesar 78,04%. Kemampuan menulis puisi siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,39%. Hasil aktvitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 51,12%, meningkat pada siklus II sebesar 76,26%.