EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » Kesehatan Masyarakat
Posted by [email protected] at 08/05/2019 15:56:54  •  1393 Views


GAMBARAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN BERDASARKAN METODE AHRQ PADA PEGAWAI RS ANNA MEDIKA KOTA BEKASI TAHUN 2018

Created by :
DEASY FEBRIYANTY, SKM., MKM ( 0322028202 )
DESYAWATI UTAMI, S.PI, M.KKK



SubjectKESELAMATAN PASIEN
METODE AHRQ
Alt. Subject PATIENT SAFETY
AHRQ METHOD
KeywordRS ANNA MEDIKA

Description:

Budaya keselamatan pasien di rumah sakit merupakan pondasi utama dan paling mendasar untuk menuju pelayanan kesehatan yang mengedepankan keselamatan pasien. Dampak dari penerapan budaya keselamatan pasien akan mengakibatkan menurunnya angka Kejadian Tidak Diharapkan (KTD), Kejadian Nyaris Cedera (KNC), Kejadian Tidak Cedera (KTC), dan Kejadian Potensial Cedera (KPC) secara signifikan sehingga mutu/kualitas pelayanan rumah sakit dimata pasien dan masyarakat akan meningkat. Selain daripada itu penerapan budaya keselamatan pasien akan mendatangkan keuntungan bagi pasien dan penyedia pelayanan kesehatan, karena akan mendeteksi kesalahan yang mungkin akan terjadi, meningkatkan kesadaran penyedia pelayanan kesehatan untuk melaporkan jika ada kesalahan yang dilakukan sehingga menyebabkan insiden keselamatan pasien. Penerapan budaya keselamatan pasienpun akan mengurangi pengeluaran material bagi pasien ataupun penyedia pelayanan kesehatan. Di Indonesia, pelaporan insiden keselamatan pasien berdasarkan propinsi pada tahun 2010 ditemukan Jawa Barat 33,33%, Banten dan Jawa Tengah 20%, DKI 16,67%, Bali 6,67%, dan Jatim 3,33%. Unit kerja yang paling banyak ditemukan kesalahan adalah unit Bedah, Penyakit Dalam, dan anak dibandingkan unit kerja lainnya. Berdasarkan dari tim kesehatan rumah sakit perawat dilaporkan melakukan insiden keselamatan sebesar 4,55% Tujuan Jangka Panjang yang penulis telah capai adalah diketahui gambaran budaya keselamatan pasien berdasarkan Metode AHRQ pada Pegawai Rumah Sakit Anna Medika Kota Bekasi Tahun 2018 dan intervensi yang dapat dilakukan untuk menurunkan Angka Insiden Keselamatan Pasien, Kejadian Tidak Diharapkan (KTD)/Kejadian Nyaris Cedera (KNC) di RS penelitian. Metode Yang di Pakai Untuk Mencapai Tujuan Jangka Panjang yaitu dengan melakukan pengukuran kepada seluruh pegawai yang langsung berhubungan dengan pelayanan kepada pasien di RS Anna Medika Kota Bekasi, dan dinilai menggunakan Metode AHRQ dan dilakukan pengukuran 12 dimensi dengan kuesioner Hospital Survey on Patient Safety Culture (HSPSC) dan akan dinilai prosentase respon positif dari setiap dimensi sehingga menghasilkan kategori baik, sedang dan kurang. Hasil penelitian menyebutkan gambaran budaya keselamatan pasien berdasarkan metode AHRQ pada pegawai RS. Anna Medika Kota Bekasi Tahun 2018 adalah sebesar 71, 97%. Data ini diperoleh dari nilai rata-rata respon positif terhadap harapan dan tindakan atasan dalam mempromosikan keselamatan pasien sebesar 86,79%, respon positif terhadap organization learning perbaikan berkelanjutan sebesar 99,79%, respon positif terhadap kerja sama dalam unit di rumah sakit sebesar 98,33%, respon positif terhadap komunikasi terbuka sebesar 93,14%, respon positif terhadap umpan balik dan komunikasi mengenai kesalahan 93,33%, respon positif terhadap respon tidak menyalahkan sebesar 62,42%. Respon positif terhadap staffing sebesar 40,29%, respon positif terhadap dukungan manajemen terhadap upaya keselamatan pasien sebesar 52,40%, respon positif kerja sama antar unit sebesar 60,75%, respon positif terhadap pergantian shif dan perpindahan pasien sebesar 77,27%, respon positif terhadap keseluruhan persepsi tentang keselamatan pasien sebesar 79,54%, dan respon positif terhadap frekuensi pelaporan kejadian sebesar 25,85%. Peranan dimensi organization learning sebesar 99,79% dalam 12 dimensi budaya keselamatan pasien menunjukkan bahwa rumah sakit secara aktif melakukan program-program kegiatan untuk peningkatan keselamatan pasien, belajar dari kesalahan untuk membuat perubahan yang lebih baik dan mengevaluasi kefektifannya. Ketidaktahuan pegawai dan rasa takut juga menjadi faktor pendukung untuk rendahnya pelaporan kejadian. Hal ini dapat diperbaiki dengan memberikan motivasi kepada pegawai melalui pemahaman safety induction atau menjadikan pelaporan kejadian sebagai poin penambah dari nilai Indeks Kinerja.

Date Create:00/00/0000
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0322
Collection ID:16_0322


Source :
PENELITIAN DOSEN PEMULA

Relation Collection:
Fakultas Ilmu Kesehatan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2019 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/gambaran-budaya-keselamatan-pasien-berdasarkan-metode-ahrq-pada-pegawai-rs-anna-medika-kota-bekasi-tahun-2018-12971.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-12971-16_0322.pdf - 446 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

ANNA , MEDIKA , RS , RS ANNA MEDIKA



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




137185754


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1968923

Hits Today : 2895
Total Hits : 137185753

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan