EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » PGSD
Posted by [email protected] at 20/11/2019 09:08:49  •  1255 Views


MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK (PENGETAHUAN PEDAGOGIK, KEMAMPUAN REFLEKTIF, KECERDASAN EMOSIONAL DAN POLA KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEBON JERUK DAN GROGOL PETAMBURAN PADA SUKU DINAS PEND

Created by :
Dr. Ratnawati Susanto, S.Pd.,M.M.,M.Pd ( 0329056804 )
Yuli Asmi Rozali, M.Psi, Psikolog   Noni Agustina, M.Pd



SubjectKOMPETENSI
KEGURUAN
KECERDASAN
Alt. Subject COMPETENCY
TEACHING
PEDAGOGIC
Keywordpengetahuan Pedagogik
kemampuan reflektif
kecerdasan emosional
pola komunikasi instruksional. model pengembangan kompetensi pedagogik

Description:

Inti dari pembelajaran adalah terletak pada kemampuan guru dalam berinteraksi secara edukatif yang dilandasi pemahaman yang mendasar terhadap peserta didik sehingga dapat memfasilitasi pengembangan potensi dan aktualisasi diri peserta didik yang disebut sebagai kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan dasar dari penyiapan dan persiapan seorang guru dalam komunitasnya dan menjadi etika formatif guru. Dalam kenyataannya data menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru SD di Provinsi DKI Jakarta termasuk dalam kategori sedang (rata-rata skor 189,44 dan standar deviasi 21,976 dengan skor tertinggi 246 dan skor terendah 118 dan rentang skor 128) dengan aspek paling rendah adalah kemampuan mengenal peserta didik secara mendalam (30,43%) dan temuan menunjukkan perlunya peningkatan kompetensi pedagogik baik pelatihan, seminar dan terutama peran strategis dari Universitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Permasalahan lain adalah Indonesia menempati peringkat tertinggi kasus kekerasan di sekolah dengan 84% anak Indonesia mengalami kekerasan di sekolah, dengan perbandingan 7 dari 10 siswa (Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menurut Survei Internasional Center for Research on Women (ICRW). Sementara 39,6% kekerasan pada anak dilakukan guru. Kenyataan tersebut mendukung akan kebutuhan konseptual baru model pengembangan kompetensi pedagogik. Rancangan penelitian bersifat kausalitas-ekplanatoris. Metode pengumpulan data adalah survey dengan menggunakan data primer melalui tes pengetahuan, kuesioner dan wawancara, Unit analisis adalah 222 guru di 6 SD negeri dan 5 SD swasta di Kecamatan Kebon Jeruk dan Grogol Petamburan di Sudin Pendidikan Wilayah II Kota Administratif Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta.. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian di tahun pertama bertujuan untuk mengumpulkan data dan mengidentifikasi tingkat dan faktor dominan dari indikator variabel penelitian dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Structural Equation Modelling (SEM), yang kemudian dijadikan sumber untuk membuat model pengembangan kompetensi pedagogik berbasis pengetahuan pedagogik, kemampuan reflektif, kecerdasan emosional, dan pola komunikasi instruksional sehingga model terbangun untuk pengembnagan kapasitas guru dalam organisasi pembelajaran di sekolah. Pada tahun kedua, mengukur efektifitas dan efisiensi berdasarkan indikator-indikator variabel melalui uji coba model pada 2 sekolah yang dipilih yang mewakili kriteria hasil pada tahun pertama sebagai sampel dan dilakukan pengujian dan penetapan model konseptual kompetensi pedagogik pada senior level dan yunior level. Pada tahun ketiga dilakukan penerapan model pada satu sekolah sebagai sekolah model dan menjadi bagian dari evaluasi atas penerapan model. Implikasi dari proses dan penelitian ini adalah menghasilkan target dan temuan: Pertama, konstruksi model konseptual baru dalam membangun model pengembangan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Kedua, bagaimana metode dapat membentuk profil kompetensi pedagogik guru SD sehingga meningkatkan kapasitas kinerja. Ketiga, diseminasi hasil penelitian pada seminar internasional dan publikasi hasil penelitian dalam Jurnal Terindeks Scopus di tahun kedua. Keempat, draft buku ajar pada tahun pertama dan buku ajar ber-ISBN pada tahun kedua. Kelima: HKI di tahun pertama dan Kedua; Keenam: Paten sederhana di tahun pertama dan model di tahun kedua.

Date Create:20/11/2019
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0444
Collection ID:16_0444


Source :
LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2019 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/model-pengembangan-kompetensi-pedagogik-pengetahuan-pedagogik-kemampuan-reflektif-kecerdasan-emosional-dan-pola-komunikasi-instruksional-pada-kompetensi-pedagogik-guru-di-sekolah-dasar-di-kecamatan-kebon-jeruk-dan-grogol-petamburan-pada-suku-dinas-pend-13791.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-13791-16_0444.pdf - 1137 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...

     No related subject found !




HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Pedagogik , emosional , instruksional. , kecerdasan , kecerdasan emosional , kemampuan , kemampuan reflektif , kompetensi , model , pedagogik , pengembangan , pengetahuan , pengetahuan Pedagogik , pola komunikasi , pola komunikasi instruksional. model pengembangan kompetensi pedagogik , reflektif



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




154489529


Visitors Today : 6
Total Visitor : 1970004

Hits Today : 73201
Total Hits : 154489529

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan