|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » PGSD Posted by [email protected] at 20/11/2019 09:08:49 • 1255 Views
MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK (PENGETAHUAN PEDAGOGIK, KEMAMPUAN REFLEKTIF, KECERDASAN EMOSIONAL DAN POLA KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEBON JERUK DAN GROGOL PETAMBURAN PADA SUKU DINAS PENDCreated by :
Dr. Ratnawati Susanto, S.Pd.,M.M.,M.Pd ( 0329056804 ) Yuli Asmi Rozali, M.Psi, Psikolog Noni Agustina, M.Pd
Subject: | KOMPETENSI KEGURUAN KECERDASAN | Alt. Subject : | COMPETENCY TEACHING PEDAGOGIC | Keyword: | pengetahuan Pedagogik kemampuan reflektif kecerdasan emosional pola
komunikasi instruksional. model pengembangan kompetensi pedagogik |
Description:
Inti dari pembelajaran adalah terletak pada kemampuan guru dalam berinteraksi secara
edukatif yang dilandasi pemahaman yang mendasar terhadap peserta didik sehingga dapat
memfasilitasi pengembangan potensi dan aktualisasi diri peserta didik yang disebut sebagai
kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan dasar dari penyiapan dan
persiapan seorang guru dalam komunitasnya dan menjadi etika formatif guru.
Dalam kenyataannya data menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru SD di
Provinsi DKI Jakarta termasuk dalam kategori sedang (rata-rata skor 189,44 dan standar
deviasi 21,976 dengan skor tertinggi 246 dan skor terendah 118 dan rentang skor 128) dengan
aspek paling rendah adalah kemampuan mengenal peserta didik secara mendalam (30,43%)
dan temuan menunjukkan perlunya peningkatan kompetensi pedagogik baik pelatihan,
seminar dan terutama peran strategis dari Universitas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk
mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Permasalahan lain adalah Indonesia
menempati peringkat tertinggi kasus kekerasan di sekolah dengan 84% anak Indonesia
mengalami kekerasan di sekolah, dengan perbandingan 7 dari 10 siswa (Komisi Perlindungan
Anak Indonesia (KPAI) menurut Survei Internasional Center for Research on Women
(ICRW). Sementara 39,6% kekerasan pada anak dilakukan guru. Kenyataan tersebut
mendukung akan kebutuhan konseptual baru model pengembangan kompetensi pedagogik.
Rancangan penelitian bersifat kausalitas-ekplanatoris. Metode pengumpulan data adalah
survey dengan menggunakan data primer melalui tes pengetahuan, kuesioner dan wawancara,
Unit analisis adalah 222 guru di 6 SD negeri dan 5 SD swasta di Kecamatan Kebon Jeruk dan
Grogol Petamburan di Sudin Pendidikan Wilayah II Kota Administratif Jakarta Barat, Provinsi
DKI Jakarta.. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Penelitian di tahun pertama bertujuan untuk mengumpulkan data dan mengidentifikasi
tingkat dan faktor dominan dari indikator variabel penelitian dengan Confirmatory Factor
Analysis (CFA) dan Structural Equation Modelling (SEM), yang kemudian dijadikan sumber
untuk membuat model pengembangan kompetensi pedagogik berbasis pengetahuan
pedagogik, kemampuan reflektif, kecerdasan emosional, dan pola komunikasi instruksional
sehingga model terbangun untuk pengembnagan kapasitas guru dalam organisasi
pembelajaran di sekolah. Pada tahun kedua, mengukur efektifitas dan efisiensi berdasarkan
indikator-indikator variabel melalui uji coba model pada 2 sekolah yang dipilih yang
mewakili kriteria hasil pada tahun pertama sebagai sampel dan dilakukan pengujian dan
penetapan model konseptual kompetensi pedagogik pada senior level dan yunior level. Pada
tahun ketiga dilakukan penerapan model pada satu sekolah sebagai sekolah model dan menjadi
bagian dari evaluasi atas penerapan model.
Implikasi dari proses dan penelitian ini adalah menghasilkan target dan temuan: Pertama,
konstruksi model konseptual baru dalam membangun model pengembangan kompetensi
pedagogik guru sekolah dasar. Kedua, bagaimana metode dapat membentuk profil
kompetensi pedagogik guru SD sehingga meningkatkan kapasitas kinerja. Ketiga, diseminasi
hasil penelitian pada seminar internasional dan publikasi hasil penelitian dalam Jurnal
Terindeks Scopus di tahun kedua. Keempat, draft buku ajar pada tahun pertama dan buku ajar
ber-ISBN pada tahun kedua. Kelima: HKI di tahun pertama dan Kedua; Keenam: Paten
sederhana di tahun pertama dan model di tahun kedua.
Date Create | : | 20/11/2019 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0444 | Collection ID | : | 16_0444 |
Source : LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN TERAPAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2019 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/model-pengembangan-kompetensi-pedagogik-pengetahuan-pedagogik-kemampuan-reflektif-kecerdasan-emosional-dan-pola-komunikasi-instruksional-pada-kompetensi-pedagogik-guru-di-sekolah-dasar-di-kecamatan-kebon-jeruk-dan-grogol-petamburan-pada-suku-dinas-pend-13791.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-13791-16_0444.pdf - 1137 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
No related subject found !
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 6
Total Visitor : 1970004
Hits Today : 71249
Total Hits : 154487577
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|