|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Journal » Pendidikan Bahasa Inggris Posted by [email protected] at 09/11/2020 12:44:08 • 425 Views
PKM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPN 191, JAKARTACreated by :
Ratnawati Susanto ( None ) Harlinda Sofyan Karina Dwiyanti
Subject: | PENDIDIKAN LUAR BIASA | Alt. Subject : | SPECIAL EDUCATION | Keyword: | PENDIDIKAN LUAR BIASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS |
Description:
SMPN 191 merupakan sekolah Inklusi di Provinsi DKI Jakarta
berdasarkan Keputusan Ka. Dinas Provinsi DKI Jakarta No. 986/2012
tanggal 10 Mei 2012 yang bermisikan menyelenggarakan Education for
all. Namun dalam penyelenggaraannya memiliki pemasalahan
kompleks dalam pendampingan siswa reguler (95%) dan ABK (5%).
Permasalahan perilaku belajar dan ketidaktuntasan penanganan,
perbedaan cara penanganan perilaku orang tua dalam mendidik,
penurunan prestasi belajar, kemandirian, kesehatan, sosial emosional
ABK, spiritualitas guru yang tidak stabil dalam pendampingan ABK,
kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam penanganan ABK,
keterbatasan sarana prasana penunjang ABK. Solusi kepada mitra
adalah dengan penguatan kapasitas internal sekolah � guru, siswa.
Penguatan kapasitas dilakukan berbasis kepada hasil penelitian
Penerapan Proses Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas Dengan
Senam otak yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap
Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar (Ratnawati Susanto, 2017). Metode
pelaksanaan dilakukan dengan (1) Kegiatan orientasi guru tentang pendidikan untuk semua, hakekat
anak dan ABK dan (2) pelatihan senam otak (3) Evaluasi kegiatan dan komitmen. Kesimpulannya
para guru memiliki peningkatan pengetahuan dan keterampilan senam otak serta komitmen
menyelenggarakan pendidikan untuk semua anak tanpa perbedaan anak reguler ataupun ABK. Saran
para guru di SMPN 191 perlu melakukan diseminasi pengetahuan, keterampilan senam otak sebagai
sebagai sekolah inklusi agar mentransformasi sikap penyelenggaraan pendidikan untuk semua.
Date Create | : | 09/11/2020 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Journal-11_0570 | Collection ID | : | 11_0570 |
Source : International Journal of Community Service Learning. Volume 3, Number 3, Tahun 2019
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2020 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pkm-anak-berkebutuhan-khusus-di-smpn-191-jakarta-17268.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Journal-17268-19. 19971-31681-2-PB.Image.Marked.pdf - 932 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 6
Total Visitor : 1970030
Hits Today : 70918
Total Hits : 155046867
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|