EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Journal » Magister Administrasi RS
Posted by [email protected] at 22/10/2021 10:52:02  •  292 Views


KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG

Created by :
Ferdhina Annisa Prasetyo ( 201505011 )
Widaningsih



SubjectKOMUNIKASI
PERAWAT
PASIEN
Alt. Subject COMMUNICATION
NURSE
PATIENT
KeywordKomunikasi Terapeutik
Kepuasan Pasien
Minat Berkunjung Ulang

Description:

Latar belakang dari penelitian ini adalah angka minat berkunjung ulang pasien RS Tiara pada tahun 2017 belum mencapai 90% yaitu hanya berkisar antara 78.3 % hingga 83.3%, angka kepuasan pasien rawat inap RS Tiara belum mencapai 95 % dan komunikasi perawat merupakan penyebab utama dari ketidakpuasan pasien rawat inap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien serta minat berkunjung ulang di RS Tiara. Desain penelitian ini adalah penelitian eksplanatori kausalitas, dengan 190 responden sebagai pasien rawat inap RS Tiara Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate stratified random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan Komunikasi Terapeutik sebagai variabel bebas, Minat berkunjung Ulang sebagai variabel terikat, Kepuasan Pasien sebagai variabel intervening. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan 5 skala Likert. Analisis teknis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Komunikasi Terapeutik berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pasien serta Minat Berkunjung Ulang secara simultan, Penerapan Komunikasi Terapeutik berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pasien, Kepuasan Pasien berpengaruh positif terhadap Minat Berkunjung Ulang. Penerapan Komunikasi Terapeutik berpengaruh positif terhadap Minat Berkunjung Ulang. Variabel Kepuasan Pasien merupakan variabel intervening dari Penerapan Komunikasi Terapeutik terhadap Minat Berkunjung Ulang. Temuan penelitian ini mendukung teori Zeithaml dan Bitner (2006) bahwa semakin tinggi tingkat kepuasan pasien maka makin tinggi pula keinginan pasien untuk berkunjung ulang. Implikasi dari penelitian ini adalah manajemen RS Tiara perlu melakukan peningkatan penerapan komunikasi terapeutik yang disertai dengan monitoring dan evaluasi serta mengurangi beban kerja perawat agar dapat meningkatkan kepuasan pasien dan minat berkunjung ulang.

Date Create:22/10/2021
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Journal-11_1963
Collection ID:11_1963


Source :
JOHM Vol.4, No.1, Maret 2021

Relation Collection:
Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2021 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/kepuasan-sebagai-variabel-mediasi-pada-penerapan-komunikasi-terapeutik-perawat-terhadap-minat-berkunjung-ulang-22207.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Journal-22207-11_1963.pdf - 492 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...


[ Link of Contents]
  1. KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG
    https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/johm/article/view/4457

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Berkunjung , Kepuasan , Kepuasan Pasien , Komunikasi , Komunikasi Terapeutik , Minat , Minat Berkunjung Ulang , Pasien , Terapeutik , Ulang



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




141142596


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1969228

Hits Today : 135536
Total Hits : 141142596

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan