EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » Psikologi
Posted by [email protected] at 09/05/2022 12:04:21  •  508 Views


LAPORAN AKHIR PENELITIAN DUKUNGAN SOSIAL DAN RESILIENSI PADA IBU DENGAN ANAK KESULITAN BELAJAR SPESIFIK

Created by :
Nurul Khasanah, S. Psi., M. Psi., Psikolog ( 0310047902 )
Amalia Adhandayani, S.Psi., M.Si



SubjectDUKUNGAN SOSIAL
KESULITAN BELAJAR
Alt. Subject LEARNING DIFFICULTIES
SOCIAL SUPPORT
CHILDREN
KeywordHAMBATAN
BELAJAR
ANAK

Description:

Anak dengan anak kesulitan belajar spesifik menjadi sumber stres bagi orangtua, khususnya, ibu. Kesulitan belajar spesifik adalah anak yang memiliki kecerdasan cukup namun memiliki hambatan dalam membaca, matematika, menulis, namun bukan dikarenakan disabilitas intelektual, problem visual atau auditori, gangguan mental atau neurologis, kurangnya kecakapan dalam bahasa pada instruksi akademik, atau instruksi edukasional yang tidak adekuat (American Psychiatric Association, 2013). Di Indonesia, belum ada data yang pasti mengenai jumlah anak dengan kesulitan belajar spesifik. Stres pada ibu dengan anak kesulitan belajar spesifik dimulai saat ibu mendapatkan keluhan dari guru di sekolah, selanjutnya ketika mendapatkan diagnosis yang berbeda-beda dari profesional, mencari sekolah yang sesuai dengan kondisi anak, hingga stres mengenai masa depan anak. Dengan dukungan yang didapatkan dari berbagai pihak, baik formal ataupun informal, ibu mampu menghadapi situasi tersebut. Ibu yang mampu menghadapi situasi krisis tersebut disebut sebagai ibu yang resilien. Ibu yang resilien adalah ibu yang mampu menghadapi kesulitan setelah terjadinya krisis (Patterson, dalam Lamanna, Riedmann, & Strahm, 2012). Resiliensi didapatkan ketika seseorang mendapatkan dukungan sosial dari orang lain. Dukungan sosial dapat diperoleh dari pasangan, kekasih, teman, profesional, keluarga, dan komunitas atau organisasi. Individu yang mendapatkan dukungan sosial berkeyakinan bahwa ia merasa dicintai, berharga, dan bagian dari jejaring sosial. Dukungan sosial merujuk pada tindakan yang ditunjukkan oleh orang lain. Dukungan sosial juga merujuk pada persepsi bahwa individu merasakan kenyamanan, kepedulian, dan bantuan ketika bantuan dibutuhkan. Kepedulian dan perhatian yang diberikan oleh orang lain atau kelompok disebut sebagai dukungan sosial (social support) (Sarafino & Smith, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dukungan sosial dan resiliensi pada ibu dengan anak kesulitan belajar spesifik. Partisipan pada penelitian ini adalah tiga ibu dengan anak kesulitan belajar spesifik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode pengambilan sampel adalah non-probabilita (non-probability sampling), dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Interpretative Phenomenological Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan tiga tema induk, yaitu:(1) kepekaan terhadap gejala disleksia; (2) reaksi terhadap diagnosis; (3) strategi coping; (4) hambatan resiliensi; (5) pola adaptasi positif; (6) optimisme; dan (7) dukungan sosial. Adapun tema khusus yang ditemukan yaitu religiusitas.

Contributor:
  1. Dinar Shafa Salsabila
    Christin Paulina
    Putri Melinia
    Cahyo Wintang Setyawati
    Nur Setyowati
Date Create:09/05/2022
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-16_0925
Collection ID:16_0925


Source :
Laporan Penelitian, Desember 2021

Relation Collection:
Fakultas Psikologi

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2022 Perpustakaan Universitas Esa Unggul


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-akhir-penelitian-dukungan-sosial-dan-resiliensi-pada-ibu-dengan-anak-kesulitan-belajar-spesifik-24996.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Research-24996-16_0925.pdf - 2388 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

ANAK , BELAJAR , HAMBATAN



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




155253511


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970037

Hits Today : 9721
Total Hits : 155253511

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan