|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » PGSD Posted by [email protected] at 11/01/2023 12:58:34 • 307 Views
LAPORAN AKHIR PROGRAM PENELITIAN :
POLA CERITA DALAM CERPEN-CERPEN ANAK INDONESIA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASARCreated by :
Khusnul Fatonah, M. Pd. ( 0306049002 ) Ezik Firman Syah, M.Pd. (0328119301) ; Nurul Febrianti, M.Pd. ( 0306021991)
Subject: | CERPEN ANAK SASTRA | Alt. Subject : | CHILDREN BOOK LEARNING | Keyword: | PEMBELAJARAN |
Description:
Pola sekuen yang terdapat dalam cerpen-cerpen anak pada penelitian ini sudah
memenuhi syarat sekuen lengkap, yakni terdiri atas lima kalimat naratif. Dari 20 cerpen anak
yang dianalisis, sebanyak 18 cerpen berpola kronologis, sedangkan 2 cerpen tidak berpola
kronologis. Data yang ditemukan tersebut sejalan dengan pendapat Hayati (2016) yang
menyatakan bahwa peristiwa-peristiwa dalam cerita anak pada umumnya digambarkan
secara kronologis.
Untuk cerpen yang tidak berpola kronologis, peneliti perlu mengurutkan peristiwa-
peristiwa dalam cerita tersebut menjadi susunan yang kronologis bersamaan dengan tokoh-
tokoh utama yang terlibat di dalamnya. Selanjutnya, rangkaian peristiwa tersebut dianalisis
berdasarkan lima kalimat naratif untuk menemukan pola sekuen.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa pola yang ditemukan pada keadaan seimbang
awal berkaitan dengan hal-hal yang dilakukan anak sehari-hari, seperti bermain dengan
teman-temannya, mengikuti acara sekolah, membantu ibu, bermain dengan adik, mengobrol
dengan binatang kesayangan, melakukan hobinya, dan berlibur saat liburan sekolah.
Keadaan seimbang tersebut diubah oleh suatu tindakan yang dilakukan oleh tokoh utama itu
sendiri atau orang-orang di sekitar tokoh utama, seperti ayah, ibu, dan teman-teman dari
tokoh utama.
Contributor | : |
- Jenifer (20171101102)
Duwi Lestari (20181101004) Mawarni (20201101002) Anisa Kintan (20171101099) Lukas Ade Mulya (20181101107)
| Date Create | : | 11/01/2023 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0977 | Collection ID | : | 16_0977 |
Source : Laporan Penelitian Internal, Desember 2022
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2023 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-akhir-program-penelitian--pola-cerita-dalam-cerpencerpen-anak-indonesia-dan-relevansinya-pada-pembelajaran-sastra-di-sekolah-dasar-27146.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-27146-16_0977.pdf - 2552 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970111
Hits Today : 71311
Total Hits : 157319768
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|