|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Psikologi Posted by [email protected] at 16/12/2014 14:15:28 • 1345 Views
HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN
PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA BUDI LUHUR
TANGERANGHUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN
PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA BUDI LUHUR
TANGERANGCreated by :
NIRMALA EDIATI TRIPASKANI ( 2006-71-018 )
Subject: | HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN
PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA BUDI LUHUR
TANGERANG | Alt. Subject : | HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN
PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA BUDI LUHUR
TANGERANG | Keyword: | LOCUS OF CONTROL PRESTASI BELAJAR SISWA SMA BUDI LUHUR |
Description:
Prestasi merupakan hal penting karena melalui prestasi seseorang dapat
menunjukkan keahlian dan kemampuan yang telah diperolehnya kepada diri
sendiri dan kepada orang lain. Salah satu prestasi yang diperoleh remaja adalah
prestasi belajar akademik. Prestasi belajar akademik seorang siswa dapat dilihat
melalui nilai-nilai yang tercantum dalam rapornya. Siswa yang nilai rapornya
dibawah rata-rata akan merasa bahwa prestasi belajarnya rendah dan bagi siswa
yang nilai rapornya diatas rata-rata akan merasa bahwa prestasi belajarnya tinggi.
Tingkah laku siswa yang memiliki prestasi belajar yang tinggi dan siswa yang
memiliki prestasi belajar yang rendah di SMA Budi Luhur berbeda-beda. Siswa
yang memiliki prestasi belajar yang tinggi di SMA Budi Luhur, tidak hanya
terlihat dari nilai-nilai yang baik, melainkan siswa tersebut aktif selama mengikuti
pelajaran, hadir tepat waktu, percaya dengan kemampuan yang dimilikinya, dan
mau mengandalkan keterampilan yang dimilikinya, sedangkan siswa yang
memiliki prestasi belajar yang rendah di SMA Budi Luhur terlihat dari nilai-nilai
yang rendah, malas mengikuti remedial ulangan, sering membolos sekolah,
mengandalkan orang lain, mengandalkan keberuntungan, dan percaya pada
nasib/takdir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control
dan prestasi belajar pada siswa SMA Budi Luhur Tangerang. Jenis penelitiannya
adalah korelasional. Populasi dan sampel penelitian yaitu siswa SMA Budi Luhur
Tangerang yang berjumlah 158 siswa. Analisis data untuk uji validitas
menggunakan rumus Pearson Product Moment dalam skala locus of control
memperoleh 33 item yang valid, dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach-
Alpha, dengan menggunakan teknik SPSS 15.0 dengan perolehan nilai koefisien
sebesar 0,73. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mayoritas siswa memiliki
locus of control eksternal daripada memiliki locus of control internal, mereka
lebih memerlukan kontrol dari luar (seperti orangtua, teman dan guru),
mengandalkan keberuntungan, dan percaya pada nasib/takdir untuk memperoleh
keberhasilan dalam prestasi belajarnya. Hubungan antara locus of control dan
prestasi belajar pada siswa SMA Budi Luhur Tangerang digunakan korelasi
Spearman Rank, diperoleh hasil korelasi sebesar 0,058 dan Signifikansi 0,467
lebih besar dari α = 0.05. Hasil korelasi tersebut memiliki arti bahwa, terdapat
hubungan antara locus of control dengan prestasi belajar pada siswa SMA Budi
Luhur di Tangerang, namun memiliki hubungan yang lemah dan tidak signifikan.
Siswa yang cenderung memiliki locus of control internal adalah siswa berjenis
kelamin perempuan, anak sulung, selalu mendapat beasiswa, sedangkan siswa
yang cenderung memiliki locus of control eksternal adalah siswa berjenis kelamin
laki-laki, anak bungsu, tidak pernah mendapat beasiswa.
Date Create | : | 16/12/2014 | Type | : | Text | Format | : | Pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-undergraduate_2006-71-018 | Collection ID | : | undergraduate_2006-71-018 |
Source : Undergraduate these psychology of faculty
Relation Collection: Universitas Esa Unggul
Coverage : Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : copyright2014@esaunggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-antara-locus-of-control-danprestasi-belajar-pada-siswa-sma-budi-luhurtangerang-4272.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-4272-cover.pdf - 93 KB
- UEU-Undergraduate-4272-abstrak.pdf - 228 KB
- UEU-Undergraduate-4272-daftarisi.pdf - 102 KB
- UEU-Undergraduate-4272-daftarpustaka.pdf - 91 KB
- UEU-Undergraduate-4272-katapengantar.pdf - 113 KB
- UEU-Undergraduate-4272-lampiran.pdf - 219 KB
- UEU-Undergraduate-4272-pengesahan.pdf - 161 KB
- UEU-Undergraduate-4272-pernyataan.pdf - 150 KB
- UEU-Undergraduate-4272-persetujuan.pdf - 150 KB
- UEU-Undergraduate-4272-bab1.pdf - 260 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-4272-bab2.pdf - 288 KB 2. UEU-Undergraduate-4272-bab3.pdf - 337 KB 3. UEU-Undergraduate-4272-bab4.pdf - 252 KB 4. UEU-Undergraduate-4272-bab5.pdf - 175 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 5
Total Visitor : 1970016
Hits Today : 74976
Total Hits : 154780509
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|