|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Journal » Psikologi Posted by [email protected] at 02/02/2015 13:04:13 • 2361 Views
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT PADA GURUCreated by :
Johana Purba ( none )
Subject: | DUKUNGAN SOSIAL GURU | Alt. Subject : |
SUPPORT SOCIAL TEACHER | Keyword: | Burnout social support teacher |
Description:
Guru yang tergolong profesi dalam bidang pelayanan masyarakat, dalam bertugas memiliki
beban kerja yang tidak sedikit. Dengan beban dan tuntutan kerja yang tinggi akan berdampak
negatif pada performa kerja seseorang. Guru akan merasa tertekan dapat memunculkan sikap
negatif pada siswa (gejala burnout). Pada kondisi tersebut, perhatian dan bantuan dari rekan
kerja atau atasan (dukungan sosial) dinilai dapat membantu mengurangi gejala burnout. Yang
menjadi masalah dalam penelitian ini, apakah besarnya dukungan sosial yang diterima guru
akan berpengaruh mengurangi burnout yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Penelitian ini bersifat
kuantitatif non-eksperimental, dengan menggunakan teknik statistik regresi yaitu melihat
pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Sampel penelitian adalah guru dengan
teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan
melalui alat ukur berupa kuesioner yang disusun berdasarkan teori dukungan sosial dari
Sarafino (2002) untuk skala dukungan sosial dan teori burnout dari Maslach (1998) untuk
skala burnout. Dari pengolahan data diperoleh hasil dengan r = - 0.761 dengan α = 0,005;
menunjukkan dukungan sosial berpengaruh negatif terhadap burnout, artinya semakin besar
dukungan sosial yang diperoleh akan mengurangi level burnout yang dialami guru. Dengan
perolehan nilai R� = 0,580; menunjukkan sumbangan variabel dukungan sosial terhadap
burnout yang dialami guru sebesar 58% dan sisanya 42% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dukungan sosial memiliki sumbangan yang
dominan untuk mengurangi level burnout yang dialami guru.
Contributor | : |
- Aries Yulianto
- Ervy Widyanti
| Date Create | : | 02/02/2015 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Journal-JP050107_RBA | Collection ID | : | JP050107_RBA |
Source : Jurnal Psikologi Vol. 5 No. 1, Juni 2007
Relation Collection: Puspen Jurnal UEU
Coverage : Civitas Academika Universitas Esa Unggul
Rights : copyright@2007 Puspen Jurnal UEU
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-dukungan-sosial-terhadap-burnout-pada-guru-4982.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Journal-4982-johanaP.aries.pdf - 164 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970154
Hits Today : 49046
Total Hits : 159472454
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|