EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Journal » Psikologi
Posted by [email protected] at 02/02/2015 13:04:13  •  2361 Views


PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT PADA GURU

Created by :
Johana Purba ( none )



SubjectDUKUNGAN
SOSIAL
GURU
Alt. Subject SUPPORT
SOCIAL
TEACHER
KeywordBurnout
social support
teacher

Description:

Guru yang tergolong profesi dalam bidang pelayanan masyarakat, dalam bertugas memiliki beban kerja yang tidak sedikit. Dengan beban dan tuntutan kerja yang tinggi akan berdampak negatif pada performa kerja seseorang. Guru akan merasa tertekan dapat memunculkan sikap negatif pada siswa (gejala burnout). Pada kondisi tersebut, perhatian dan bantuan dari rekan kerja atau atasan (dukungan sosial) dinilai dapat membantu mengurangi gejala burnout. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini, apakah besarnya dukungan sosial yang diterima guru akan berpengaruh mengurangi burnout yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Penelitian ini bersifat kuantitatif non-eksperimental, dengan menggunakan teknik statistik regresi yaitu melihat pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Sampel penelitian adalah guru dengan teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui alat ukur berupa kuesioner yang disusun berdasarkan teori dukungan sosial dari Sarafino (2002) untuk skala dukungan sosial dan teori burnout dari Maslach (1998) untuk skala burnout. Dari pengolahan data diperoleh hasil dengan r = - 0.761 dengan α = 0,005; menunjukkan dukungan sosial berpengaruh negatif terhadap burnout, artinya semakin besar dukungan sosial yang diperoleh akan mengurangi level burnout yang dialami guru. Dengan perolehan nilai R� = 0,580; menunjukkan sumbangan variabel dukungan sosial terhadap burnout yang dialami guru sebesar 58% dan sisanya 42% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dukungan sosial memiliki sumbangan yang dominan untuk mengurangi level burnout yang dialami guru.

Contributor:
  1. Aries Yulianto
  2. Ervy Widyanti
Date Create:02/02/2015
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Journal-JP050107_RBA
Collection ID:JP050107_RBA


Source :
Jurnal Psikologi Vol. 5 No. 1, Juni 2007

Relation Collection:
Puspen Jurnal UEU

Coverage :
Civitas Academika Universitas Esa Unggul

Rights :
copyright@2007 Puspen Jurnal UEU


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-dukungan-sosial-terhadap-burnout-pada-guru-4982.html




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UEU-Journal-4982-johanaP.aries.pdf - 164 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Burnout , social , social support , support , teacher



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




159471944


Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970154

Hits Today : 48536
Total Hits : 159471944

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2025 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan