|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » PGSD Posted by [email protected] at 14/11/2016 16:53:59 • 858 Views
HUBUNGAN MOTIVASI MENJADI GURU SEKOLAH DASAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ESA UNGGULCreated by :
Ainur Rosyid, SPdI, MA ( 0301078403 )
Subject: | MOTIVASI GURU PRESTASI | Alt. Subject : | MOTIVATION TEACHER ACHIEVEMENT | Keyword: | motivasi motivasi menjadi guru prestasi belajar |
Description:
Akhir-akhir ini jumlah mahasiswa PGSD Universitas Esa Unggul terus meningkat. Selain itu, ada seorang mahasiswa dari jurusan lain yang menyatakan bahwa dia ingin menjadi guru sekolah dasar. Dua fenomena itu meninggalkan satu pertanyaan tentang apa motivasi mahasiwa PGSD Universitas Esa Unggul menjadi guru. Di samping itu, menjadi guru bukanlah profesi yang paling diincar di Indonesia. Tiga fenomena itulah yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam mengenai motivasi mahasiswa PGSD memilih menjadi guru sekolah dasar, untuk mengetahui secara mendalam apakah ada perbedaan motivasi mahasiswa PGSD memilih menjadi guru secara demografik dan untuk mengetahui apakah ada hubungan motivasi mahasiswa PGSD menjadi guru dengan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang dipakai adalah questionnaire yang diadaptasi dari Factors Influencing Teaching Choice (FIT- Choice) Scale. Kuisioner yang dibagikan diisi oleh responden dengan merangking faktor � faktor tersebut dengan menggunakan Skala Likert. Tempat penelitian ini di Universitas Esa Unggul Kampus Pusat, terletak di jalan Arjuna Utara no. 9 Kebon Jeruk, Grogol, Jakarta Barat. Data primer dari penelitian ini adalah data yang diambil dari pernyataan langsung dari responden, yaitu motivasi mahasiswa PGSD menjadi guru sekolah dasar. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah diambil dari dokumen atau arsip KHS mahasiswa semester ganjil 2015/2016. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD. Adapun jumlah mahasiswa adalah 91 mahasiswa.
Ada beberapa analisis yang dipakai oleh peneliti yang disesuaikan dengan pertanyaan penelitian. Pertama, untuk mengetahui motivasi apa yang mendorong mahasiswa PGSD memilih menjadi guru, peneliti menggunakan rata-rata atau prosentase. Kedua, untuk mengetahui perbedaan motivasi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan, peneliti menggunakan analisis atau pengujian independen sample t-tes. Ketiga, untuk mengetahui hubungan antara motivasi mahasiswa PGSD menjadi guru dengan prestasi belajar, peneliti menggunakan analisis korelasi Pearson. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa motivasi menjadi guru mahasiswa PGSD secara berurutan adalah aspek berkontribusi pada masyarakat (mean: 5,66), meningkatkan ekuitas sosial (mean: 5,54), membentuk masa depan anak (mean:5,51), bekerja dengan anak-anak (mean:5,29), pengalaman belajar di masa lampau (mean:5,27), nilai intrinsik (mean:5.16), keterjaminan pekerjaan (mean: 4,79), merasa mempunyai kemampuan mengajar (mean: 4,78),
iii
waktu untuk keluarga (mean: 4,76), dan pengaruh lingkungan (mean: 4,39). Namun, ada 5 alasan paling dominan seseorang menjadi guru yang tersebar dalam beberapa aspek, adalah karena ingin membantu anak-anak belajar, ingin mempengaruhi generasi masa depan, ingin menumbuhkan cita-cita pada anak-anak yang kurang mampu, guru memberikan kontribusi sosial yang bermanfaat, dan tertarik menjadi guru. Dari hasil analisis statistik uji t independen sampel, bahwa tidak ada perbedaan motivasi menjadi guru secara gender. Namun, hanya ada satu aspek atau alasan yang mana mahasiswi mempunyai rata � rata lebih tinggi dibanding mahasiswa. Selain itu, P value (0,02) dari hasil analisis ini lebih kecil dari 0,05, sehingga ada perbedaan motivasi menjadi guru secara gender. Adapun aspek tersebut adalah �waktu untuk keluarga.�
Dari hasil analisis korelasi Pearson, motivasi menjadi guru diperoleh nilai signifikan 0,0004. Nilai tersebut berada dalam range kualifikasi 0,00-0,199 dengan kualifikasi sangat rendah. Dengan demikian disimpulkan bahwa hubungan antara motivasi menjadi guru dengan prestasi belajar adalah sangat rendah.
Date Create | : | 14/11/2016 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-0301078403_170616 | Collection ID | : | 0301078403_170616 |
Source : LAPORAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2016 LPPM
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-motivasi-menjadi-guru-sekolah-dasar-dengan-prestasi-belajar-mahasiswa-pgsd-universitas-esa-unggul-7996.html
[ Free Download - Free for All ]
...No Files...
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Research-7996-Ainur_Rosyid_SPdI_MA.pdf - 846 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 2
Total Visitor : 1970038
Hits Today : 54344
Total Hits : 155298134
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|