|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Kesehatan Masyarakat Posted by [email protected] at 14/11/2016 18:17:44 • 636 Views
ANALISIS BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT WILAYAH DKI JAKARTACreated by :
Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM, MHA ( 0309025201 )
Subject: | KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT | Alt. Subject : | SAFETY PATIENT HOSPITAL | Keyword: | safety culture communication committed leadership team work work climate |
Description:
Latar belakang, Pelayanan kesehatan berfocus kepada pasien (patient center care)
adalah paradigma baru dalam pelayanan kesehatan yang mengutamakan pelayanan
kesehatan yang diberikan harus berkualitas dan aman (safety) bagi pasien dengan
mempertimbangan kebutuhan dan nilai- nilai pasien. Berbagai tuntutan pasien banyak
dilayangkan kepada rumah sakit akibat kurang amannya keselamatan tindakan yang
sangat terkait dengan budaya keselamatan pasien ( patient safety culture). Penelitian ini
bertujuan untuk melakukan asesmen profil budaya keselamatan pasien di rumah-rumah
sakit wilayah DKI Jakarta, yang akan diperoleh guna menjawab pertanyaan penting bagi
publik tentang bagaimana kondisi yang sebenarnya dari budaya keselamatan pasien di
rumah sakit, komitmen pimpinan, kerjasama tim, pola komunikasi yang terbuka dan
terpercaya, pelaporan insiden untuk mampu belajar dari kesalahan, iklim kerja serta
peningkatan kualitas pelayanan secara berkesinambungan,sebagai bagian penting dalam
menerapkan konsep pelayanan berfokus kepada pasien ( patient center care).
Rancangan penelitian bersifat kausalitas-eksplanatoris. Metode pengumpulan data adalah
survey. Jenis data berbentuk primer dan sekunder. Dimensi waktu adalah cross sectional.
Unit analisis adalah rumah sakit pemerintah dan swasta di DKI Jakarta berjumlah 34 RS,
dengan 45 orang responden. Metode pengambilan sample dengan stratified sampling.
Analisis data menggunakan multiple regression yang menghasilkan suatu model sebagai
representasi dari teori. Penelitian ini mengembangkan teori budaya keselamatan pasien.
Perkembangan fundamental budaya keselamatan pasien yang meliputi : Characteristics of
a positive safety culture : communication founded on mutual trust and openness; good
information flow and processing; shared perceptions of the importance of safety; recognition
of the inevitability of error; confidence in the efficacy of preventative (safety) measures;
proactive identification of latent threats to safety; organizational learning; committed
leadership and executive responsibility; a �no blame�, non punitive approach to incident
reporting and analysis. Jika budaya keselamatan pasien berkembang positif, maka kualitas
pelayanan akan semakin baik, komitmen pemimpin dalam mewujudkan pelayanan yang
berkualitas dan aman tinggi, pola komunikasi dilandasi keterbukaan dan kejujuran.
Organisasi mampu belajar dari kesalahan dan melakukan perbaikan kualitas secara
berkesinambungan berdasarkan laporan insiden yang diterima.
Hasil penelitian bahwa berdasarkan hasil analisis pembuktian hipotesis dengan
menggunakan uji regresi linier berganda ditemukan bahwa pengaruh variabel kepemimpinan
atasan dan kerjasama tim tidak berpengaruh secara bermakna terhadap budaya
keselamatan pasien, sedangkan variable pola komunikasi, Iklim kerja, Budaya tidak mencari
siapa yang salah, pelaporan insiden untuk mampu belajar dari kesalahan, dan pendidikan
dan pelatihan keselamatan pasien berpengaruh secara bermakna terhadap budaya
keselamatan pasien di Rumah sakit. Berdasarkan persamaan regresi linear ganda yaitu :
budaya keselamatan pasien =-5,968+0,283 komunikasi+0,212 iklim + 0,856 budaya tidak
mencari siapa yang salah + 0,524 pelaporan insiden+ 0,364 pendidikan dan pelatihan ,
maka variabel yang paling berpengaruh terhadap budaya keselamatan pasien adalah
budaya tidak mencari siapa yang salah. Sebagai Rekomendasi perlu dikembangkan
pendidikan dan pelatihan tentang budaya keselamatan pasien dan menanamkan budaya
tidak mencari siapa yang salah tetapi mengapa terjadi kesalahan.
Date Create | : | 14/11/2016 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-0309025201_250316 | Collection ID | : | 0309025201_250316 |
Source : LAPORAN AKHIR HIBAH INTERNAL
Relation Collection: Fakultas Ilmu Kesehatan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2016 LPPM
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/analisis--budaya-keselamatan-pasien-di-rumah-sakit-wilayah-dki-jakarta-7999.html
[ Free Download - Free for All ]
...No Files...
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Research-7999-ROKIAH_K.pdf - 763 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
No related subject found !
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 2
Total Visitor : 1970038
Hits Today : 53377
Total Hits : 155297167
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|