EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul


Kampus Emas UEU - Jakarta Barat

Phone : 021-5674223, ext 282
Fax :
E-mail : [email protected]
Website : http://library.esaunggul.ac.id

Support (Customer Service) :
[email protected]








Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Astrid Chrisafi




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UEU » Research Report » PGSD
Posted by [email protected] at 29/11/2016 13:03:18  •  688 Views


PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS SISWA KELAS V DI SDN 3 KREO TANGERANG)

Created by :
Harlinda Syofyan, S.Si., M.Pd ( 0424027302 )



SubjectPROBLEM SOLVING
PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Alt. Subject STUDYING
NATURAL SCIENCE
Keywordmetode problem solving
penelitian tindakan
berpikir kritis

Description:

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan ini, perlu adanya upaya metode pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan observasi dan eksplorasi agar dapat membangun pengetahuannya sendiri. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu modal dasar atau modal intelektual yang sangat penting bagi setiap orang, selain itu kemampuan ini merupakan bagian yang fundamental dalam kematangan manusia. Berpikir kritis adalah berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menekankan pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai dan dilakukan. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa, yaitu metode yang dapat memaksimakan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPA, yaitu metode yang lebih banyak melibatkan siswa akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan berpikir kritisnya baik melalui pemahaman maupun aktivitasnya di kelas. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan di atas adalah metode pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Metode Problem solving merupakan suatu cara yang digunakan untuk memberikan rangsangan belajar kepada peserta didik untuk dapat membuat mereka berpikir secara nyata dan menganalisis, memecahkan masalah kemudian mengambil kesimpulan dari masalah yang ada dengan langkah-langkah atau siklus 1) Identifikasi masalah, 2) Mencari data untuk memecahkan masalah, 3) Menetapkan strategi dan hipotesis atau jawaban sementara, 4) Menguji kebenaran hipotesis, 5) Membuat kesimpulan, dan 6) Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; Bagi Guru mata pelajaran IPA, penerapan metode pembelajaran IPA dengan metode problem solving diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, sehingga pembelajaran IPA akan tampak lebih menarik dan mendprong semangat belajar siswa serta memperoleh hasil yang lebih baik; Bagi siswa penerapan metode pembelajaran IPA dengan metode problem solving dapat mengembangkan daya berpikir kritis sehingga pembelajaran IPA dapat mengembangkan daya berpikir kritis siswa sehingga pembelajaran IPA lebih menarik, meningkatkan kemampuan untuk bersikap kritis; Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan akan memacu untuk mengadakan penelitian lebih lanjut.

Contributor:
  1. Abdul Halim, S.Pd. M.Pd
Date Create:29/11/2016
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:UEU-Research-0424027302_151116
Collection ID:0424027302_151116


Source :
LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN PEMULA

Relation Collection:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Coverage :
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul

Rights :
@2016 LPPM


Publication URL :
https://digilib.esaunggul.ac.id/penerapan-metode-problem-solving-pada-pembelajaran--ipa-untuk-peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-penelitian-tindakan-kelas-siswa-kelas-v-di-sdn--3-kreo-tangerang-8105.html




[ Free Download - Free for All ]

...No Files...

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UEU-Research-8105-HarlindaSyofyan.pdf - 2416 KB

 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...

     No related subject found !




HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

berpikir , berpikir kritis , kritis , metode , metode problem solving , penelitian , penelitian tindakan , problem , solving , tindakan



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




157771418


Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970117

Hits Today : 48621
Total Hits : 157771418

Visitors Online: 1


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 172.17.121.29
using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])


UEU Digital Repository Feeds


Copyright © UEU Library 2012 - 2024 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan