|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » PGSD Posted by [email protected] at 04/03/2022 18:40:30 • 623 Views
LAPORAN AKHIR PROGRAM INTERNAL PENGABDIAN MASYARAKAT : PENDAMPINGAN SOSIAL ART THERAPY UNTUK PEKERJA SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL ANAK YANG MEMERLUKAN PERLINDUNGAN KHUSUS (BRSAMPK) HANDAYANI JAKARTA (PERIODE PELAKSANAAN: JULI - DESEMBER 2020)Created by :
Khusnul Fatonah, M. Pd ( 0306049002 ) Tri Wahyudi, S.Sn, M.Sn. ; Alfian, M.Pd. ; Rizky Sugiharta ; Jilah Sapitri ; Farizqon Faturrahman ; Charoline ; Diki Nur Ananda
Subject: | TERAPI SENI REHABILITASI SOSIAL | Alt. Subject : | ART THERAPY SOCIAL REHABILITATION | Keyword: | PERLINDUNGAN ANAK |
Description:
Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus
(BRSAMPK) Handayani adalah salah satu dari delapan balai rehabilitasi sosial AMPK
yang berada di bawah naungan Kementrian Sosial. Lokasi balai berada di Jalan PPA
Bambu Apus, Cipayung 13890, Jakarta Timur. Adanya balai tersebut didasarkan atas
berbagai permasalahan yang terkait dengan anak-anak, misalnya kekerasan,
ketidakadilan, pelecehan, dan sebagainya. Anak-anak yang mengalami hal-hal tersebut
dikategorikan sebagai anak yang memerlukan perlindungan khusus (AMPK).
Anak-anak yang termasuk AMPK merupakan anak yang membutuhkan bantuan
secara psikologis. Ketika lingkungan keluarga atau terdekat anak tidak bisa memberikan
rasa aman dan nyaman, hal itu akan berakibat pada perkembangan kognitif, emosi, dan
sosial anak yang tidak stabil. Tak jarang, anak-anak akan melakukan perbuatan-perbuatan
yang kurang baik, seperti melawan kedua orang tuanya, senang berkelahi, atau mencuri.
Bahkan, pada kasus yang lebih tinggi, anak dapat melakukan perbuatan tercela, seperti
membegal, merampok, menggunakan obat-obatan terlarang, atau membunuh.
Solusi dari permasalahan tersebut adalah diperlukannya sebuah tindakan yang
dapat menghilangkan atau meminimalisasi perbuatan kurang baik dari anak-anak yang
melakukan perbuatan-perbuatan tercela. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
terhadap pihak BRSAMPK Handayani, didapatkan informasi bahwa bentuk-bentuk
pendampingan sosial atau terapi sangat dibutuhkan anak-anak (AMPK) di sana. Anakanak
membutuhkan metode pembelajaran baru atau kegiatan-kegiatan yang dapat
memberikan kesenangan, khususnya kesenangan secara psikologis. Tentunya hal ini tak
lepas dari peran para pekerja sosial (peksos) yang bertugas untuk menangani AMPK.
Sejalan dengan hal tersebut, tim dosen beserta mahasiswa dari Univeristas Esa
Unggul berencana melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Balai
Rehabilitasi Sosial Anak yang Membutuhkan Perlindungan Khusus (BRSAMPK)
Handayani. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama lintas disiplin ilmu, yakni seni,
bahasa, sastra, dan pendidikan. Program tersebut dilakukan dalam bentuk pendampingan
sosial Art Therapy yang meliputi seni mural dan seni drama. Sasaran dari kegiatan ini
adalah para pekerja sosial sebanyak dua puluh orang termasuk di dalamnya mencakup
psikolog, penyuluh sosial, penyuluh medis, serta beberapa pejabat struktural di
BRSAMPK Handayani Jakarta. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh lima orang siswa yang berusia 10�17 tahun sebagai sampel bagi para pekerja sosial untuk
mengaplikasikan keterampilan art therapy kepada anak-anak didiknya.
Pendampingan sosial dalam bentuk Art Therapy akan dilaksanakan secara
bertahap selama kurang lebih satu bulan di BRSAMPK Handayani. Kegiatan ini
dilakukan seminggu sekali dengan materi dan praktik yang berbeda di setiap minggunya.
Keterampilan-keterampilan seni yang diberikan diharapkan dapat memberikan suasana
baru sehingga anak-anak akan merasa senang dan nyaman ketika belajar atau berkegiatan.
Kegiatan-kegiatan seni yang akan dilakukan mencakup seni lukis dinding (mural) dan
seni drama. Melalui seni mural, para peksos akan dibekali cara untuk lebih mendalami
karakter peserta didik melalui gambar-gambar yang dibuatnya termasuk pemilihan warna.
Gambar atau lukisan yang dibuat anak-anak akan dianalisis dari sisi psikologi sehingga
akan diketahui bagaimana karakter anak sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan para
pekerja sosial atau orang tua asuh untuk memberikan penanganan yang tepat untuk
AMPK.
Sementara melalui seni drama, para peksos akan dibekali tentang bagaimana cara
menggali emosi terdalam peserta didik melalui peran yang akan dibawakannya. Seni
drama yang dilakukan menggunakan metode psikodrama yang berfungsi untuk
pemulihan jiwa dan alternatif penyaluran emosi. Psikodrama merupakan bentuk terapi
kelompok yang yang bertujuan untuk membantu anak-anak mengatasi masalah-masalah
pribadi dengan menggunakan permainan peran, drama, atau terapi tindakan. Metode ini
dapat membongkar emosi-emosi terpendam untuk selanjutnya dihilangkan dengan
membawanya ke arah kesadaran. Dalam hal ini, para pekerja sosial dapat melatih anakanak
untuk menampilkan bakatnya dalam seni peran dan menunjukkan segala macam
bentuk ekspresi atau perasaan yang selama ini terpendam. Oleh karena itu, ketika mereka
kembali ke masyarakat, mereka dapat lebih mudah bersosialisasi dan mampu
mengeskpresikan apa yang mereka rasakan.
Target luaran yang akan dicapai adalah publikasi di jurnal pengabdian kepada
masyarakat. Luaran tambahan berupa HKI dalam bentuk Hak Cipta akan didaftarkan
oleh tim pengusul. Melalui kegiatan ini diharapkan pula adanya peningkatan
pemberdayaan mitra melalui jasa pendampingan sosial Art Therapy yang meliputi
kegiatan seni lukis dinding (mural) dan seni drama.
Date Create | : | 04/03/2022 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0911 | Collection ID | : | 16_0911 |
Source : Laporan Abdimas, 5 Desember 2020
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2022 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-akhir-program-internal-pengabdian-masyarakat--pendampingan-sosial-art-therapy-untuk-pekerja-sosial-di-balai-rehabilitasi-sosial-anak-yang-memerlukan-perlindungan-khusus-brsampk-handayani-jakarta-periode-pelaksanaan-juli--desember-2020-23749.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-23749-16_0911.pdf - 6533 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970008
Hits Today : 9522
Total Hits : 154614355
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|