|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Public Relation Posted by [email protected] at 24/01/2020 14:00:34 • 931 Views
PENGEMBANGAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS MENGGUNAKAN PENDEKATAN MARKETING MIX DAN SOSTAC, STUDI KASUS: PARIWISATA BELITUNGCreated by :
HERDI ANDRARILADCHI ( 201552098 )
Subject: | WISATA PENGELOLAAN INFORMASI | Alt. Subject : | TOURISM MANAGEMENT INFORMATION | Keyword: | MARKETING MIX STRATEGI PARIWISATA |
Description:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi public relations di dalam pengembangan industri pariwisata dengan menggunakan pendekatan marketing mix dan SOSTAC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data diperoleh adalah dari wawancara yang dilakukan terhadap informan kunci. Selain itu, observasi lapangan, analisa sumber pustaka lainnya juga dilakukan, data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan pendekatan marketing mix dan SOSTAC dari perspektif public relations. Hasil analisa tersebut kemudian dianalisa lebih lanjut dengan menggunakan metode SWOT untuk dapat memetakan kondisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari pengembangan pariwisata di Belitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi aktual pariwisata Belitung secara umum belum melibatkan public relations dalam setiap prosesnya. Lemahnya identifikasi kebutuhan objek pariwisata untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, kontrol dan evaluasi dari setiap proses yang ada mengakibatkan pengembangan pariwisata Belitung tidak terarah dengan baik. Lemahnya komitmen transaparansi harga juga mengakibatkan munculnya persespi negatif dari wisatawan. Kemudian kurangnya komunikasi antar seluruh pemangku kepentingan menyebabkan kesalahan interpretasi dalam menterjemahkan konsep pengembangan pariwisata Belitung yang telah dituangkan kedalam Peraturan Daerah Kabupaten Belitung No.12 Tahun 2015. Setelah dianalisa lebih lanjut, maka dapat dipetakan: 1) Kekuatan pariwisata Belitung yaitu tingginya minat wisatawan untuk datang ke Belitung; kondisi alam dan pantai yang masih sangat alami; potensi objek wisata alam yang cukup beragam; kondisi aksesibilitas yang baik. Kemudian, 2) Kelemahan pariwisata Belitung adalah tidaknya adanya objek wisata malam hari yang mengakibatkan wisatawan tidak punya aktivitas dimalam hari; informasi yang tidak tersebar secara merata; amenitas yang masih kurang; hubungan antar pemangku kepentingan yang kurang harmonis; tidak adanya kontrol, evaluasi dan pembinaan yang berkala dari Dinas Pariwisata Belitung; transparansi harga yang masih rendah; kebersihan objek wisata yang sangat kurang. Selanjutnya, 3) Peluang yang dimiliki Belitung adalah: masuk dalam pengembangan pariwisata The New Bali yang dicanangkan oleh pemerintah pusat; pelibatan public relation dalam setiap aktivitas dan program kerja pengembangan pariwisata Belitung sinergi dari seluruh pemangku kepentingan, kondisi alam yang masih alami. Sedangkan untuk 4) Ancamannya adalah hubungan yang tidak harmonis antar pemangku kepenting; rendahnya komitmen seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga kebersihan objek wisata. Dari hasil analisa SWOT tersebut, maka strategi public relations yang dikembangkan adalah: membangun hubungan dan membina hubungan dengan seluruh pemangku kepentingan (management public relations); melakukan identifikasi atau memetakan potensi masalah yang mungkin dan akan terjadi serta memberikan solusinya (crisis public relations); melakukan pengawasan dan kontrol ke wisatawan (external public relations management); melakukan sosalisasi, publikasi dan public relations campaign.
Contributor | : |
- Bugi Satrio Adiwibowo,S.E.,M.I.Kom
| Date Create | : | 24/01/2020 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-201552098_ | Collection ID | : | 201552098_ |
Source : Undergraduate Theses of Public Relation
Relation Collection: Fakultas Ilmu Komunikasi
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @Perpustakaan Universitas Esa Unggul 2020
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pengembangan-strategi-public-relations-menggunakan-pendekatan-marketing-mix-dan-sostac-studi-kasus-pariwisata-belitung-14362.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-14362-cover.Image.Marked.pdf - 232 KB
- UEU-Undergraduate-14362-pernyataan.Image.Marked.pdf - 175 KB
- UEU-Undergraduate-14362-pengesahan.Image.Marked.pdf - 183 KB
- UEU-Undergraduate-14362-persetujuan.Image.Marked.pdf - 168 KB
- UEU-Undergraduate-14362-abstrak.Image.Marked.pdf - 454 KB
- UEU-Undergraduate-14362-ucapan terima kasih.Image.Marked.pdf - 327 KB
- UEU-Undergraduate-14362-daftar isi.Image.Marked.pdf - 501 KB
- UEU-Undergraduate-14362-daftar tabel.Image.Marked.pdf - 444 KB
- UEU-Undergraduate-14362-daftar gambar.Image.Marked.pdf - 445 KB
- UEU-Undergraduate-14362-daftar pustaka.Image.Marked.pdf - 500 KB
- UEU-Undergraduate-14362-lampiran.Image.Marked.pdf - 1459 KB
- UEU-Undergraduate-14362-bab1.Image.Marked.pdf - 407 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-14362-bab2.Image.Marked.pdf - 766 KB 2. UEU-Undergraduate-14362-bab3.Image.Marked.pdf - 586 KB 3. UEU-Undergraduate-14362-bab4.Image.Marked.pdf - 1133 KB 4. UEU-Undergraduate-14362-bab5.Image.Marked.pdf - 882 KB 5. UEU-Undergraduate-14362-bab6.Image.Marked.pdf - 384 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1968028
Hits Today : 18079
Total Hits : 128350222
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|