|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Scientific Articles » Psikologi Posted by [email protected] at 19/08/2020 17:02:26 • 753 Views
PENGETAHUAN MENGENAI PERUNDUNGAN PADA GURU DI JAKARTA DITINJAU DARI JENJANG MENGAJARCreated by :
Novendawati Wahyu Sitasari, M.Psi., Psikolog ( None ) Yuli Asmi Rozali, M.Psi., Psi Noni Agustina, M. Pd
Subject: | PSIKOLOGI | Alt. Subject : | PSYCHOLOGY | Keyword: | PENGETAHUAN: PERUNDUNGAN GURU |
Description:
Perundungan sudah menjadi masalah internasional dan
biasanya terjadi di lingkungan sekolah. Perilaku perundungan
pada anak-anak dapat berkurang secara signifikan berkat
kerjasama masyarakat, konselor, guru dan siswa. Komitmen
guru menjadi faktor yang menentukan dalam penurunan kasus
perundungan. Kebanyakan guru belum merespon peristiwa
perundungan secara efektif dan cenderung mengabaikan. Salah
satu penyebab minimnya penanganan yang dilakukan guru
adalah pengetahuan guru yang rendah mengenai perilaku
perundungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengetahuan mengenai perundungan pada guru di Jakarta
ditinjau dari jenjang mengajar. Penelitian ini menggunakan
rancangan komparatif dengan melibatkan 64 guru TK, SD, SMP,
dan SMA yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Alat ukur yang
digunakan ber berdasarkan acuan dari Olweus (1993) dan
Teacher Inventory of Skills and Knowledge (TISK) yang disusun
oleh Horne, Bartolomucci, & Newman (2004). Analisis data
dengan menggunakan Anova dan diperoleh hasil tidak ada
perbedaan pengetahuan mengenai perundungan ditinjau
berdasarkan jenjang mengajar (F=0,512, p > 0,05). Kemudian
berdasarkan sebaran data dapat diketahui bahwa guru yang
mengajar pada jenjang pendidikan SD banyak yang memiliki
pengetahuan mengenai perundungan yang tinggi. Guru
perempuan lebih banyak yang memiliki pengetahuan mengenai
perundungan yang tinggi dibandingkan guru laki-laki. Semakin
tinggi usia, semakin banyak yang memiliki pengetahuan
mengenai perundungan yang rendah.
Date Create | : | 19/08/2020 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Article-5_0287 | Collection ID | : | 5_0287 |
Source : Artikel Ilmiah
Relation Collection: Fakultas Psikologi
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2020 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/pengetahuan-mengenai-perundungan-pada-guru-di-jakarta-ditinjau-dari-jenjang-mengajar-15852.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Article-15852-5_0287.pdf - 845 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970111
Hits Today : 67870
Total Hits : 157316327
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|