|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » Hukum Posted by [email protected] at 11/12/2014 16:25:13 • 7471 Views
PENYELESAIAN SENGKETA MEDIK ANTARA
PASIEN DENGAN DOKTER / RUMAH SAKIT MELALUI
PROSES MEDIASI DI LUAR PENGADILANPENYELESAIAN SENGKETA MEDIK ANTARA
PASIEN DENGAN DOKTER / RUMAH SAKIT MELALUI
PROSES MEDIASI DI LUAR PENGADILANCreated by :
Rotua Uli Olivia 2007-41-149 ( 2007-41-149 )
Subject: | PENYELESAIAN SENGKETA MEDIK ANTARA
PASIEN DENGAN DOKTER / RUMAH SAKIT MELALUI
PROSES MEDIASI DI LUAR PENGADILAN | Alt. Subject : | PENYELESAIAN SENGKETA MEDIK ANTARA
PASIEN DENGAN DOKTER / RUMAH SAKIT MELALUI
PROSES MEDIASI DI LUAR PENGADILAN | Keyword: | SENGKETA MEDIK MEDIASI |
Description:
Pasien, Dokter, dan Rumah Sakit adalah tiga subyek hukum yang terkait
dalam bidang pemeliharaan kesehatan. Praktik kedokteran merupakan pelayanan
yang bersifat pemberian pertolongan atau bantuan yang didasarkan kepercayaan
pasien terhadap dokter/RS. Namun, seiring berjalannya hubungan medik, kerap ada
timbul permasalahan dan menjadi suatu sengketa. Hak utama dari pasien adalah hak
untuk mendapatkan pemeliharaan kesehatan (the right to health care). Dengan
adanya Undang-undang yang mengatur tentang hak-hak serta kewajiban-kewajiban
baik pasien, dokter, Rumah Sakit; diharapkan kesadaran masyarakat semakin
meningkat dan pihak pemberi pelayanan kesehatan dapat memberikan pelayanan
yang aman, efektif dan ramah terhadap pasien. Hubungan antara pasien dengan
dokternya adalah bersifat Paternalistik, seperti anak akan patuh, akan mengkuti
semua nasehat, perintah, kemauan sang bapak, tanpa berani membantah walaupun
tidak setuju, dongkol, tidak senang dan sebagainya. Dalam perkembangannya sifat
paternalistik bergeser ke pola hubungan kesetaraan, hubungan yang saling
menguntungkan antara pasien dan dokter. Dasar hubungan hukum antara pasiendokter-
rumah sakir terdapat apa yang dikenal saling sepakat untuk mengikatkan diri
dalam melaksanakan pelayanan kesehatan yang terbentuk dengan dikenal sebagai
perikatan di Pasal 1320 KUH Perdata. Perhatian terhadap legal dan etik yang
dimunculkan oleh pasien sebagai konsumen pun telah mengubah sistem pelayanan
kesehatan. Dalam upaya untuk memberikan perlindungan seadil-adilnya bagi semua
pihak yakni pasien, dokter dan RS, maka perlu dilakukan penelitian tentang sistem
penyelesaian sengketa sehingga dapat mendekati terpenuhinya kebutuhan semua
pihak. Sengketa medik merupakan sengketa yang timbul dari kesalahan maupun
kelalaian di dalam praktik kedokteran dan secara luas sengketa medik dapat timbul
dari resiko pelanggaran/ketentuan dalam pelayanan kesehatan, seperti permasalahan
biaya perawatan, permasalahan hubungan antar profesi, hingga beresiko dikatakan
sebagai dugaan malpraktek. Penyelesaian sengketa medis merupakan pintu terakhir
dari para pihak yang bersengketa untuk mendapatkan keadilan dan kepastian hukum
dan salah satu cara penyelesaian sengketa medik yang diharapkan oleh UU No. 36
Tahun 2009 tentang Kesehatan, UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan
Konsumen, UU No. 29 Tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran, UU No. 30 Tahun
1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa; adalah melalui proses
mediasi. Pengkajian dan analisa penelitian proses mediasi yang penulis gunakan
sebagai bahan atau sumber penulisan skripsi ini adalah proses mediasi di Rumah
Sakit X, BPSK, dan BaMI. Penulis juga menyertakan penyelesaian sengketa dugaan
pelanggaran profesi dokter di Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia
(MKDKI) untuk menambah wawasan para pembaca.
Date Create | : | 11/12/2014 | Type | : | Text | Format | : | Pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-undergraduate_2007-41-149 | Collection ID | : | undergraduate_2007-41-149 |
Source : Undergraduate these law of faculty
Relation Collection: Universitas Esa Unggul
Coverage : Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : copyright2014@esaunggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/penyelesaian-sengketa-medik-antarapasien-dengan-dokter--rumah-sakit-melaluiproses-mediasi-di-luar-pengadilan-4091.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-4091-abstrak.pdf - 15 KB
- UEU-Undergraduate-4091-cover.pdf - 15 KB
- UEU-Undergraduate-4091-daftarisi.pdf - 20 KB
- UEU-Undergraduate-4091-daftarpustaka.pdf - 26 KB
- UEU-Undergraduate-4091-katapengantar.pdf - 16 KB
- UEU-Undergraduate-4091-pengesahan.pdf - 19 KB
- UEU-Undergraduate-4091-pernyataan.pdf - 17 KB
- UEU-Undergraduate-4091-persetujuan.pdf - 17 KB
- UEU-Undergraduate-4091-bab1.pdf - 51 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-4091-bab2.pdf - 102 KB 2. UEU-Undergraduate-4091-bab3.pdf - 79 KB 3. UEU-Undergraduate-4091-bab4.pdf - 222 KB 4. UEU-Undergraduate-4091-bab5.pdf - 30 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 3
Total Visitor : 1970007
Hits Today : 57065
Total Hits : 154567873
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|