|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Proceeding » PGSD Posted by [email protected] at 13/07/2021 17:46:25 • 487 Views
PERAN GURU KELAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SDN KAPUK 15 PAGICreated by :
Muh Kholik Nur Ikhsan ( 201491007 ) Nurul Febrianti
Subject: | PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL | Alt. Subject : | LEARNING SOCIAL SCIENCES | Keyword: | Peran Guru Motivasi Belajar Siswa |
Description:
Anak merupakan investasi yang sangat penting bagi penyiapan sumber daya manusia (SDM) di masa depan. Dalam rangka mempersiapkan SDM yang berkualitas untuk masa depan, pendidikan merupakan salah satu hal yang penting untuk diberikan sejak usia dini, peran guru sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas, khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu. Dilihat dari tabel data nilai dan kehadiran dari tahun 2016-2018 Mata Pelajaran IPS Terpadu memiliki tingkat nilai dan kehadiran yang lumayan buruk mungkin karena factor pembelajaran dari guru yang sangat monoton atau kurangnya pembelajaran yang interaktif kepada siswa sehingga terjadinya penurunan nilai dan kenaikan absen tidak masuk siswa dna siswi tersebut.
Peran guru IPS dalam memotivasi belajar siswa sudah berjalan dengan baik dapat terlihat dari keseluruhan data yang diperoleh yaitu metode yang bervariasi, ada 17 siswa (57%) mengatakan bahwa guru mereka selalu memberikan metode pembelajaran yang bervariasi. Memberikan pujian, ada 18 siswa (60%) mengatakan bahwa guru IPS selalu memberikan pujian ketika ada siswa yang bersikap baik atau positif dalam belajar.
Memiliki sifat dan bertutur kata yang santun, ada 23 siswa (77%) mengatakan guru IPS selalu menunjukkan sifat dan bertutur kata yang santunPenelitian ini membuktikan peranan guru sangat penting di dalam memberikan motivasi pada saat kegiatan belajar mengajar. Sehingga dampak dari pemberian motivasi tersebut yakni adanya rasa ketertarikan dan kesenangan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran IPS. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa motivasi memang penting diberikan di dalam kelas oleh guru. Hal tersebut dilakukan agar siswa memiliki motivasi yang kuat di dalam proses pembelajaran.
Date Create | : | 13/07/2021 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Proceeding-14_0030 | Collection ID | : | 14_0030 |
Source : Prosiding SNIPMD 3 2020
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2021 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/peran-guru-kelas-dalam-memotivasi-belajar-siswa-kelas-v-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-di-sdn-kapuk-15-pagi-20779.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Proceeding-20779-14_0030.pdf - 385 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970104
Hits Today : 41006
Total Hits : 157086836
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|